Bolehkah Sarapan Dengan Menu Makan Malam?

| 27 Nov 2017

Bolehkah Sarapan Dengan Menu Makan Malam?

Punya makanan sisa semalam? Jangan buru-buru dibuang karena Anda bisa mengolah kembali makan malam untuk sarapan pagi.

Supaya bisa menikmati manfaat sarapan pagi dan supaya makanan tetap nikmat dan aman disantap keesokan harinya, BBC Good Food menyarankan agar Anda memindahkan makanan sisa ke dalam wadah tertutup lalu masukkan ke dalam kulkas. Jangan gabungkan makanan dalam satu wadah dan jangan langsung memasukkan makanan panas ke dalam kulkas untuk mencegah kontaminasi dan mencegah bakteri berkembang biak. Makanan pun tidak boleh disimpan lebih dari 2 hari. Esoknya, keluarkan makanan dari kulkas lalu hangatkan di microwave atau di atas kompor. Pastikan makanan tidak dalam keadaan beku ketika dihangatkan agar panas dapat merata sempurna pada makanan. Jangan hangatkan makanan berulang kali dan segera habiskan dalam waktu 24 jam.

Namun tidak semua makanan bisa dihangatkan kembali. Berdasarkan Food Standards Agency dan European Food Information Council yang dikutip dari Independent UK berikut makanan yang sebaiknya tidak dihangatkan kembali:

Ayam

Ketika ayam dihangatkan untuk kedua kalinya, komposisi protein pada ayam akan berubah dan dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan.

Kentang

Clostridium botulinum (botulism) yang dapat menyebabkan keracunan mudah berkembang biak di hidangan kentang, apalagi jika sisa hidangan tidak Anda simpan dengan baik atau dibiarkan pada suhu ruang. Menghangatkan kentang tidak membunuh bakteri-bakteri tersebut.

Bayam

Anda tidak disarankan memanaskan ulang bayam karena dapat merusak nutrisinya. Bahkan saat pertama kali memasaknya saja, Anda tidak boleh membiarkan bayam terlalu lama di air mendidih.

Jamur

Protein pada jamur mudah dihancurkan oleh enzim dan mikroorganisme. Jika tidak disimpan dengan benar, hidangan ini dapat membuat sistem pencernaan terganggu meski telah dihangatkan.

Agar kebutuhan nutrisi makin tercukupi, lengkapi sarapan pagi dengan Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Full Cream. Diproduksi dari susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan sumber 7 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6 dan B12), dan Vitamin E dan B5 serta sumber 3 mineral (Kalsium, Fosfor dan Yodium) dan Magnesium, Zink, Selenium, Natrium dan Kalium dengan cita rasa full cream yang gurih dan lezat. 225 ml Frisian Flag Purefarm Full Cream mengandung 7 gram protein atau setara dengan kandungan protein dalam satu butir telur ayam.


Baiknya siapkan sarapan yang fresh dan bernutrisi, lengkapi juga dengan Frisian Flag Purefarm Full Cream sebagai tambahannya. Info lengkap bisa cek di sini!

Artikel Terkait