BERANDA

SUSTAINABILITY

Sehat Sejahtera Selaras

MILKPEDIA

Nutrisi & Kesehatan Manfaat Minum Susu Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu FAQ

RESEP KAMI

Resep dengan Susu Cair Resep dengan Kental Manis Resep dengan Susu Bubuk

AKTIVITAS KAMI

Menangkan Puasamu dengan Frisian Flag Cokelatnya Bikin Semua Nikmat Dunia Zuzhu Games Zuzhu & Zazha Kebaikan Susu 100 Tahun Frisian Flag Professional

PRODUK KAMI

Susu Kental Manis Susu Siap Minum Susu Bubuk Keluarga Susu Ibu dan Balita

PERUSAHAAN KAMI

Tentang Kami Galeri Photo Berita Siaran Pers Business Principles Safety Policy Tujuan Kami

KARIR

Overview Pusat Karir Event Artikel

FITUR KAMI

Massa Tubuh Gizi Harian

Nutrisi & Kesehatan
25 Apr 2019

9 Manfaat Makanan Bergizi Beserta Contoh-contohnya

Menu makanan bergizi tinggi untuk anak sebaiknya mengandung berbagai nutrisi seimbang yang penting bagi tumbuh kembangnya. Asupan yang baik akan membantu anak supaya tidak mudah lelah, meningkatkan daya pikir, menjaga berat badan tetap ideal dan lainnya.

Mungkin selama ini Anda sering mendengar pemenuhan gizi anak sebaiknya sesuai dengan pedoman 4 sehat 5 sempurna. Namun ternyata, konsep pemenuhan gizi ini telah berganti menjadi Pedoman Gizi Seimbang (PGS) sejak tahun 2014 lho.

Pedoman Gizi Seimbang (PGS) cukup penting untuk diketahui agar Anda bisa menyajikan makanan bergizi tinggi untuk anak dengan cara yang tepat. Artinya, menu makanan anak bukan sekadar lezat ya, tetapi juga harus kaya nutrisi yang penting bagi kesehatan dan tumbuh kembangnya. 

Lantas, bagaimana memberikan menu makanan bergizi seimbang untuk anak yang sesuai dengan PGS? Simak tipsnya dalam artikel ini, ya!

Manfaat Makan Makanan Bergizi

Rutin mengonsumsi makanan bergizi dan menjadikannya gaya hidup tentu bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Jika melansir dari Medical News Today, manfaat itu antara lain:

  1. Menjaga kesehatan jantung
  2. Menurunkan risiko kanker
  3. Menjaga kestabilan emosi
  4. Menjaga kesehatan pencernaan
  5. Meningkatkan dan menjaga daya ingat
  6. Menjaga berat badan ideal
  7. Menurunkan risiko diabetes
  8. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  9. Menjaga kualitas tidur

Tips Pedoman Gizi Seimbang dalam Menu Makanan Bergizi

Melansir laman resmi Kemenkes RI, berikut ini 10 pedoman gizi seimbang yang lebih relevan di kehidupan sekarang:

  1. Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok
  2. Batasi konsumsi panganan manis, asin, dan berlemak
  3. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan ideal
  4. Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi
  5. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
  6. Biasakan sarapan pagi
  7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman
  8. Banyak makan buah dan sayur
  9. Biasakan membaca label pada kemasan produk pangan
  10. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan

Nutrisi Penting dalam Makanan Bergizi

Menu makanan bergizi seimbang di dalamnya harus ada kombinasi yang tepat antara zat gizi makro, seperti protein, karbohidrat, dan lemak, serta zat gizi mikro, seperti berbagai vitamin dan mineral. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa nutrisi atau zat gizi yang wajib dikonsumsi anak secara seimbang, antara lain:

Contoh Makanan Bergizi yang Baik untuk Kesehatan

Berikut beberapa contoh jenis makanan yang termasuk dalam golongan makanan bergizi, yaitu:

Ide Menu Makanan Bergizi Seimbang

Ada berbagai jenis menu makanan bergizi tinggi yang bisa Anda sajikan, tetapi Anda harus lebih cermat memilih makanan yang tepat. Sebab, tidak semua makanan tersebut menyehatkan. Untuk itu, lebih baik Anda membuat sendiri menu makanan bergizi untuk anak agar kualitasnya terjamin. Berikut ini beberapa ide menu makanannya:

Sebenarnya cukup mudah mengolah berbagai jenis makanan bergizi untuk anak, yang terpenting Anda perlu memperhatikan kandungan nutrisi. Apakah menu si Kecil sudah ada protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineralnya atau belum? Di samping pemberian menu di atas, Anda juga bisa memberikan cemilan praktis dan bernutrisi, seperti susu cair siap minum Frisian Flag Omega

Susu Frisian Flag Omega merupakan susu anak yang diproduksi dari susu sapi segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak), vitamin (vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, dan D3), serta menjadi sumber kalsium dan fosfor untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak sehari-hari.

Susu Frisian Flag Omega hadir dengan kemasan kotak ukuran 115 ml dan 180 ml. Kedua kemasan ini sangat praktis sehingga cocok menemani si Kecil di segala suasana, terutama saat beraktivitas seharian penuh. Si Kecil pasti menyukai susu Frisian Flag Omega karena tersedia dengan dua rasa yang menggugah selera, yaitu rasa stroberi dan coklat.

Jangan lupa manfaatkan Kalkulator Frisian Flag Massa Tubuh yang dapat membantu Anda dalam mengetahui angka IMT (Indeks Massa Tubuh). Setelah menghitung IMT, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dan jumlah kalori setiap makanan Anda dengan menggunakan Kalkulator Gizi. Yuk, coba fiturnya sekarang!

Share This Entrys

Artikel Terkait
Milkpedia

Penyebab Badan Lemas dan Cara Tepat Mengatasinya

Milkpedia

Kenapa sih Kamu harus minum susu di sore hari?

Milkpedia

Ketahui manfaat karbohidrat untuk tumbuh kembang