Yuk, Cari Tahu Manfaat Susu Bagi Kesehatan Lansia

| 06 Okt 2017

Yuk, Cari Tahu Manfaat Susu Bagi Kesehatan Lansia

Manfaat susu bagi kesehatan dirasakan oleh setiap kelompok usia, tak terkecuali lansia atau mereka yang berusia 46 - 65 tahun. Selain sebagai sumber protein, kalsium, kalium, dan vitamin D yang baik, berikut 4 manfaat susu bagi kesehatan tubuh usia lansia:

Menjaga tekanan darah

Pola makan lansia saat ini cenderung berkadar garam tinggi namun mengabaikan zat gizi penting, salah satunya kalium. Padahal kelebihan garam namun kekurangan kalium berpotensi mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi yang meningkatkan risiko penyakit jantung, ginjal, dan stroke. Perhatikan porsi garam harian dan rutin minum susu untuk mencukupi kebutuhan kalium pada lansia agar terhindar dari hipertensi.

Mempertahankan kepadatan tulang

Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh menghasilkan vitamin D pun menurun. Padahal vitamin D membantu penyerapan kalsium secara maksimal. Kekurangan kalsium dapat mengakibatkan pengeroposan tulang, terutama pada lansia. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi), konsumsi 1000 mg kalsium per hari dianjurkan bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun baik laki-laki maupun perempuan. Salah satu cara mencukupi kebutuhan kalsium adalah dengan mengonsumsi susu.                           

Menjaga kesehatan otak

Hasil riset University of Kansas Medical Center yang dipublikasikan oleh The American Journal of Clinical Nutrition menyatakan konsumsi susu berkorelasi positif dengan peningkatan jumlah antioksidan bernama glutathione di otak. Glutathione bantu mencegah stres oksidatif* yang menjadi penyebab timbulnya berbagai masalah kesehatan neurodegeneratif**, termasuk Alzheimer.

Meningkatkan massa otot

The Journal of Nutrition mempublikasikan hasil riset dari Food for Health Ireland (FHI) yang melibatkan 60 partisipan berusia antara 50 - 70 tahun. Riset ini menunjukkan adanya peningkatan massa otot pada lansia yang menambahkan asupan protein susu saat sarapan dan makan siang.

Anda yang berumur di atas 50 tahun disarankan mengonsumsi minimal 1 gelas  susu per hari. Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Low Fat diproduksi dari susu segar dan mengandung zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, B12, dan Vitamin E B5 serta 3 mineral (Kalsium, Fosfor dan Yodium), Magnesium, Zink, Selenium, Natrium dan Kalium. Dengan rasa lezat dan rendah lemak, Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Low Fat dapat dikonsumsi sebagai bagian pola makan sehari-hari.

*) Stres Oksidatif adalah keberadaan radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh.

**) Neurodegeneratif adalah penyakit progresif dari sistem saraf.

Artikel Terkait