BERANDA

SUSTAINABILITY

Sehat Sejahtera Selaras

MILKPEDIA

Nutrisi & Kesehatan Manfaat Minum Susu Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu FAQ

RESEP KAMI

Resep dengan Susu Cair Resep dengan Kental Manis Resep dengan Susu Bubuk

AKTIVITAS KAMI

Ramadan Kaya Rasa #DiRumahAja Cokelatnya Bikin Semua Nikmat Dunia Zuzhu Games Zuzhu & Zazha Kebaikan Susu 100 Tahun Frisian Flag Professional

PRODUK KAMI

Susu Kental Manis Susu Siap Minum Susu Bubuk Keluarga Susu Bendera Susu Ibu dan Balita Friso

PERUSAHAAN KAMI

Tentang Kami Galeri Photo Berita Siaran Pers Business Principles Safety Policy Tujuan Kami

KARIR

Overview Pusat Karir Event Artikel

FITUR KAMI

Massa Tubuh Gizi Harian

Nutrisi & Kesehatan
22 Okt 2021

Ini 5 Etika Aturan Saat Makan, Apa Saja? [Penting diketahui]

Tahukah Anda bahwa mengajarkan aturan saat makan sedari dini pada anak ternyata punya manfaat yang baik bagi tumbuh kembang si buah hati? Salah satu manfaat yang bisa dirasakan oleh anak dengan menjaga aturan saat makan adalah meningkatnya kemampuan disiplin dan juga memiliki pola hidup yang lebih teratur. Aturan saat makan ini bisa Anda kenalkan kepada anak di setiap waktu makan, sarapan, makan siang, dan juga makan malam. Ketika anak tumbuh dan masuk ke lingkungan pendidikan, seperti sekolah biasanya ada aturan ketat yang perlu dipatuhi. Oleh karena itu, mulai mengajarkan disiplin tentang aturan saat makan sedari dini bisa membantu anak lebih mudah mengenali peraturan-peraturan lainnya yang lebih kompleks.

Dalam mendeskripsikan aturan saat makan kepada anak bukan hal yang mudah. Pasalnya, aturan saat makan ini biasanya punya aspek berbeda ketika diterapkan di masing-masing lingkungan. Aturan saat makan merupakan salah satu budaya atau tradisi yang diturunkan dalam aspek lingkungan keluarga. Oleh karena itu, mungkin Anda akan menemukan cara atau aturan saat makan yang berbeda pada keluarga Anda dan juga rekan lainnya. Meskipun begitu, ada etika aturan saat makan yang umum terjadi. Berikut contohnya.

Etika saat makan

Beberapa aturan saat makan

Selain etika, ada juga aturan saat makan yang terbilang teknis untuk diterapkan oleh anak di masa tumbuh kembangnya. Berikut adalah beberapa contohnya.

  1. Jadwal makan yang rutin

    Sebagai orang tua, dalam mengajarkan anak tentang disiplin dan pola hidup yang teratur, Anda bisa memperkenalkan jadwal makan yang rutin kepada anak sebagai salah satu aturan saat makan yang baik. Jadwal makan yang rutin bisa dimulai dari menetapkan waktu sarapan, makan siang, dan juga makan malam bersama. Misal, untuk sarapan Anda dan keluarga diharapkan untuk bisa duduk bersama di meja makan sekitar jam 6 pagi. Dengan jadwal makan yang teratur dan rutin sebagai aturan makan, anak jadi bisa mengatur waktu kesehariannya lebih baik untuk tidak tertinggal dengan acara makan bersama keluarga.

  2. Jangan makan terlalu lama

    Selain itu, Anda juga bisa ajarkan anak untuk tidak makan dalam waktu yang lama. Hal ini bermanfaat agar anak bisa mengatur waktunya lebih baik. Mengingat anak yang akan masuk sekolah nantinya, waktu jadi salah satu hal penting untuk dipatuhi. Alangkah baiknya Anda dan keluarga membiasakan untuk makan selama 30 hingga 45 menit agar waktu yang tersisa bisa digunakan untuk mempersiapkan aktivitas lainnya. Untuk makan malam sendiri pun Anda bisa menerapkan waktu makan tersebut, sehingga setelah makan Anda dan keluarga masih punya banyak waktu untuk bercerita mengenai aktivitas di hari tersebut.

Selain menjaga aturan makan yang teratur, pastikan juga anak mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap. Untuk lengkapi kebutuhan energi dan nutrisi kesehariannya, Anda bisa lengkapi dengan Susu Siap Minum Frisian Flag Kid, susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) serta vitamin A & D, kalsium, dan magnesium untuk mendukung pertumbuhan si Kecil dengan rasa yang enak. Temukan info lengkapnya di sini.

Share This Entrys

Artikel Terkait
Milkpedia

Terapkan Hidup Sehat Ini Di Usia 20an

Milkpedia

Serunya Berolahraga Ini Bersama Pasangan

Milkpedia

Apa Saja Manfaat Yodium yang Terkandung dalam Segelas Susu?