Pssst, Tidur Bukan Satu-satunya Cara Menghilangkan Rasa Capek Lho! Banyak Cara lainnya!

| 14 Sep 2017

Pssst, Tidur Bukan Satu-satunya Cara Menghilangkan Rasa Capek Lho! Banyak Cara lainnya!

Banyak orang langsung tidur setelah olahraga untuk menghilangkan rasa capek. Padahal langsung tidur bisa berakibat negatif. Pendinginan otot, mandi air hangat, dan minum susu justru lebih dianjurkan daripada tidur karena bisa membantu meregangkan otot. Rasa capek memang tidak dapat dihindari setelah olahraga, namun rasa nyeri dan capek dapat dikurangi dengan beberapa cara berikut:

Pendinginan Otot

Lakukan pendinginan otot dengan perlahan dan hati-hati. Pendinginan selama 15 menit membantu menyembuhkan sakit otot dan bagian-bagian tubuh lainnya. Untuk membantu menghilangkan rasa capek setelah olahraga, tempatkan bagian tubuh yang sakit lebih tinggi dari jantung Anda. Misalnya menaruh kaki atau lengan di atas bantal ketika Anda duduk atau berbaring.

Mandi air hangat

Air hangat dapat meregangkan otot-otot yang tegang sekaligus meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar artinya lebih banyak oksigen dan nutrisi yang diedarkan ke otot. Langkah ini cukup efektif menghilangkan rasa capek sekaligus membuat tidur nyenyak.

Minum susu

Tidak hanya air mineral saja yang dibutuhkan setelah berolahraga, susu dengan kandungan elektrolitnya juga membantu pemulihan setelah berolahraga, terutama dalam proses rehidrasi tubuh. Selain membantu orang dewasa menghilangkan rasa capek, kandungan protein dan elektrolit pada susu dinilai lebih efektif dibandingkan air atau carbohydrate/electrolyte solution (CES) dalam proses penggantian cairan tubuh pada anak-anak pasca berolahraga di luar ruangan. Minum Frisian Flag Purefarm Coconut Delight jadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa capek setelah olahraga. Perpaduan kebaikan gizi yang terkandung pada susu sapi dan manfaat air kelapa mampu memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh dan memberikan sensasi segar.

Ngemil

Mengonsumsi protein membantu mengembalikan sel-sel dalam otot dan memperbaiki otot yang sakit lebih cepat. Makan camilan mengandung protein sekitar 15 menit setelah latihan bisa membantu Anda menghilangkan rasa capek. Roti dengan selai kacang atau segenggam kacang almon bisa menjadi pilihan tepat.

Tidak ada cara instan untuk menghilangkan nyeri otot setelah olahraga. Langkah-langkah di atas bisa Anda coba untuk membantu menghilangkan rasa capek dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi nyeri seperti yang sudah dijelaskan di atas. Bagaimanapun juga, nyeri otot setelah olahraga adalah sesuatu yang normal dan merupakan pertanda bagus otot Anda sedang berkembang jadi lebih kuat.

Artikel Terkait