Mitos atau Fakta, Susu Segar Harus Direbus Sebelum Diminum

| 20 Des 2017

Mitos atau Fakta, Susu Segar Harus Direbus Sebelum Diminum

Definisi susu segar menurut Standar Nasional Indonesia 01-3141-1998 adalah cairan yang diperoleh dari ambing susu sapi yang sehat dan bersih, diperoleh dengan cara yang benar, kandungan alaminya tidak ditambah atau dikurangi apapun, serta belum mendapat perlakuan apapun kecuali proses pendinginan tanpa mempengaruhi kemurniannya. Lalu benarkah susu segar adalah susu anak yang terbaik?

United States Centers for Disease Control and Prevention (CDC) serta Food and Drug Administration (FDA) menekankan bahwa sebaiknya masyarakat tidak mengonsumsi susu dalam kondisi mentah. Ada apa? Dalam penelitiannya, CDC melaporkan menemukan 81 wabah bakteri penyebab penyakit yang ada dalam susu mentah. Susu mentah sendiri adalah susu segar yang belum melalui proses pasteurisasi atau pemasakan khusus hingga matang dan layak konsumsi.

Namun dr. Daniel Kalb asal Franklin, Tennessee, Amerika Serikat justru mempersilakan pasiennya mengonsumsi susu mentah asalkan susu tersebut berasal dari peternakan yang menerapkan pemeliharaan organik tanpa bantuan kimiawi yang mempercepat proses panen susu secara maksimal, termasuk kandang yang selalu terjaga kebersihannya dan proses produksi susu yang sesuai standar kesehatan. Rekomendasinya didasarkan atas fakta ilmiah bahwa bakteri alami non-patogenik di dalam susu mentah dapat menyehatkan usus serta mampu membantu sistem kekebalan tubuh. Namun susu mentah tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh orangtua, perempuan hamil, anak-anak, pasien kanker, ataupun orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah.

Rentannya susu mentah dikonsumsi langsung disebutkan oleh Konsultan Gizi dan Kesehatan Deborah Orlick Levy yang menyebutkan susu mentah berpotensi tercemar bakteri E. coli dan Salmonella.

Pemanasan susu segar dengan cara pasteurisasi akan menghambat perkembangan bakteri patogen dan dapat disimpan untuk dikonsumsi hingga seminggu atau dua minggu ke depan. Sedangkan pemanasan dengan cara UHT akan mematikan bakteri merugikan serta mengawetkan susu hingga satu tahun lamanya. Meskipun telah mengalami proses pasteurisasi maupun UHT, Anda masih bisa mendapatkan manfaat susu dengan optimal jika dikonsumsi secara rutin sesuai dengan kebutuhan gizi harian Anda, termasuk anak-anak dan seluruh anggota keluarga.

Nah, saat akan memilih susu terbaik untuk anak, pastikan Anda memilih produk terbaik yang diolah dengan standar tertinggi untuk memastikan kualitasnya terjaga dan kandungan gizinya optimal.


Susu UHT Firisian Flag Purefarm sudah melewati tahap higienis yang siap diminum kapan pun. Cek info lengkapnya di sini.

Artikel Terkait