Kembangkan Potensi Anak Sedari Dini

| 27 Jun 2019

Kembangkan Potensi Anak Sedari Dini

Anak adalah kebanggaan setiap orang tua, dan setiap orang tua pasti ingin tumbuh kembang anak nya menjadi lebih baik dengan potensi yang dimilikinya. Namun setiap anak memiliki potensi untuk berkembang yang berbeda. Sedikit pengertian tentang Potensi menurut Sri Habsari, dimana menurutnya potensi adalah kemampuan maupun kekuatan pada diri yang dapat ditingkatkan dan dikembangkan menjadi lebih baik dengan sarana dan prasarana yang tepat dan baik. Dalam hal ini jelas dibutuhkan sarana dan prasarana agar anak mengembangkan potensinya menjadi tepat dan baik, sebagai orangtua, orangtua harus tepat dalam cara mengetahui potensi anak, dan mengembangkannya sedari dini mungkin. Lalu, sebagai orangtua bagaimana support potensi anak agar tepat dan baik?


a. Dekat dengan anak

Sebagai orangtua harus dekat dengan anak, orangtua harus mengetahui hal apa yang sedang dilakukan oleh anak, hal apa yang disukai, dan hal apa yang tidak disukai. Ini adalah cara mendeteksi potensi anak dengan mudah. Melalui hal ini orangtua bisa tahu di hal apa anak memiliki nilai bagus, yang mana bisa dikembangkan hal tersebut. Misal, anak jago dalam hal berhitung daripada menggambar, bisa disimpulkan dengan sederhana kalo anak memiliki kemampuan matematika. Cara ini sangat penting agar orangtua tidak salah memberikan dukungan, ke depannya, seperti memiliki sekolah dan les yang cocok.


b. Ajak ke tempat menarik dan edukatif

Setelah mengetahui apa potensi anak, orangtua bisa mengembangkannya dengan mengajak anak ke tempat yang mendorong potensinya. Bila anak memiliki potensi besar di bidang lari, orangtua bisa sering mengajaknya ke lapangan olahraga untuk berlari bersama. Begitu pun bila menyukai berhitung, orangtua bisa mengajak ke tempat yang banyak permainan edukatif untuk mendorong potensi anak lebih baik. Pada intinya bawa anak ke tempat yang dia suka, dan cocok dengan potensinya.


c. Dukung Nutrisinya

Selain mendukung melalui mengajaknya ke prasarana yang mendorong potensinya dari luar, orang tua juga penting untuk mendukung dari dalam, yakni melalui asupan gizi yang baik. Di usia anak yang sedang dalam berkembang, nutrisi sangat membantu tubuhnya untuk berkembang dengan baik. Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Full Cream sangat cocok menjadi minuman harian anak agar membantu mengembangkan potensinya. Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Full Cream adalah Susu UHT yang diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro yang baik untuk menjaga asupan gizi si kecil dari dalam.

Artikel Terkait