Bahan Kue Kering yang Sehat Bernutrisi

| 03 Mei 2019

Bahan Kue Kering yang Sehat Bernutrisi

Bahan-bahan seperti gula pasir, telur dan mentega sering digunakan untuk membuat kue. Namun, jika bahan tersebut berlebihan digunakan akan mengganggu kesehatan. Ada beberapa pilihan pengganti bahan kue yang bernutrisi, tapi tetap enak disantap yaitu:


a. Greek Yogurt

Mentega menjadikan kue lebih gurih dan lembut, namun memiliki 1,627 kkal kalori dan 184 gram lemak per cup. Yogurt ini bisa digunakan untuk mengganti gula karena memiliki tekstur yang lebih creamy dan kental. Selain rendah lemak, Greek yogurt juga rendah gula dan karbohidrat namun tinggi protein.


b. Pisang halus

Teksturnya halus dan lembab sehingga bisa bekerja dengan baik dalam makanan yang dipanggang. ½ cup pisang tumbuk setara dengan 1 butir telur, namun lebih rendah 10 kkal kalori dan 5 gram lemak dibanding telur. Selain untuk mengikat adonan, pisang pun mampu menambah rasa manis.


c. Madu

Meski jumlah kalori dalam madu lebih besar dari gula pasir, madu tak meningkatkan gula darah dalam waktu yang cepat. Selain itu, kelebihan lainnya ialah ia mengandung vitamin B dan C yang baik untuk imunitas dan potassium guna meredakan sakit tenggorokan


Bahan terakhir adalah susu. Dalam makanan, susu bubuk biasanya digunakan sebagai campuran adonan kue seperti kue kering dan cake. Susu bisa dimanfaatkan sebagai bahan pelarut saus makanan atau pengganti krim kental. Sementara itu, susu bubuk juga membantu tekstur kue lebih halus dan struktur remah kue lebih lembut. Tak kalah penting susu, contohnya susu bubuk Frisian Flag Purefarm yang memiliki varian rasa Frisian Flag Purefarm Full Cream, Frisian Flag Purefarm Cokelat dan Frisian Flag Purefarm Instant Plain yang mengandung rangkaian zat gizi makro (zat gizi penting: protein, karbohidrat dan lemak) dan zat gizi mikro (multi vitamin dan mineral).



Artikel Terkait