Facebook Pixel

4 Tips Diet Tanpa Olahraga yang Aman Dilakukan

Banner
| 22 Okt 2021

4 Tips Diet Tanpa Olahraga yang Aman Dilakukan

4 Tips Diet Tanpa Olahraga yang Aman Dilakukan

Diet merupakan salah satu langkah yang digunakan oleh banyak orang untuk bisa tampil dengan bobot badan yang ideal. Diet pun datang dalam berbagai macam cara dan jenis, salah satunya adalah diet tanpa olahraga. Sesuai dengan namanya, jenis diet satu ini jadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin mencoba untuk menurunkan berat badan tanpa melakukan aktivitas olahraga. 

Untuk melakukan diet tanpa olahraga, satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah sikap disiplin dalam mengatur pola makan. Bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan dengan cara diet tanpa olahraga, Anda perlu memerhatikan asupan kalori per hari dalam setiap makanan dan minuman yang Anda santap. 

Tips diet tanpa olahraga

Perlu Anda ketahui bahwa kalori tidak hanya ditemukan di makanan saja, tapi juga di dalam minuman. Meskipun begitu, jika dibandingkan antara makanan dan minuman, jumlah kalori di antaranya punya perbandingan yang jauh. Bagi Anda yang ingin mulai untuk melakukan diet tanpa olahraga berikut tips yang bisa diikuti.

Perbanyak minum air putih

Salah satu tips yang bisa Anda lakukan ketika mulai diet tanpa olahraga adalah perbanyak minum air putih. Salah satu manfaat dari air putih adalah mampu mengurangi rasa lapar ketika Anda mulai mengurangi asupan kalori. Berkurangnya rasa lapar ini terjadi karena konsumsi air putih yang banyak bisa membuat perut Anda terasa penuh agar Anda tidak mudah lapar dan merusak hitungan kalori per hari. Selain itu, minum air sebanyak 0,5 liter juga diketahui efektif untuk membakar kalori dengan persentasi lebih dari 20 persen setelah 1 jam Anda minum air.

Jangan lupa konsumsi sayur dan buah

Selain air putih, Anda juga perlu perbanyak konsumsi sayur dan buah selama menjalankan diet tanpa olahraga. Konsumsi buah dan sayur ini bermanfaat agar Anda bisa mendapatkan berat badan ideal dengan cepat. Pasalnya, buah dan sayur punya kandungan air, serat, nutrisi, serta kalori rendah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan kandungan tersebut, buah dan sayur juga bisa jadi alternatif untuk tabungan energi di dalam tubuh selama menjalankan diet tanpa olahraga. Namun perlu Anda perhatikan bahwa tidak semua buah dan sayur bisa Anda konsumsi dalam jumlah banyak. Beberapa buah dan sayur punya kadar gula tinggi yang dapat mengganggu kesehatan tubuh dalam jangka waktu panjang.

Kurangi makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman manis memang jadi salah satu sumber energi yang mudah didapat. Namun, saat Anda menjalankan diet tanpa olahraga alangkah baiknya untuk mengurangi bahkan menghindari asupan manis. Mengonsumsi makanan dan minuman manis instan biasanya punya kadar nutrisi yang tidak seimbang sehingga dapat mengganggu metabolisme tubuh untuk mendapatkan berat badan ideal dengan diet tanpa olahraga.

Batasi karbohidrat

Sebagai masyarakat Indonesia, membatasi karbohidrat dalam mengonsumsi makanan sehari-hari jadi hal yang sulit dilakukan. Pasalnya, nasi merupakan salah satu jenis makanan pokok yang tinggi akan karbohidrat dan mudah didapatkan di mana saja. Namun, jika Anda ingin menjalankan diet tanpa olahraga dengan tepat, Anda perlu mengurangi makanan tinggi karbohidrat. Alangkah baiknya jika Anda mengganti konsumsi karbohidrat dengan makanan yang tinggi protein dan lemak untuk mengurangi nafsu makan sehingga kadar kalori per hari pun bisa terjaga dengan baik.

Efektivitas diet tanpa olahraga

Diet tanpa olahraga dengan mengawasi asupan kalori dalam sehari merupakan salah satu langkah cara menurunkan berat badan alami yang efektif. Meskipun begitu, diet tanpa olahraga ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan disiplin tinggi agar Anda bisa mendapatkan berat badan ideal yang diinginkan. Tidak hanya efektif, diet tanpa olahraga yang alami ini juga cukup aman dilakukan. Dengan menghitung asupan kalori makanan dalam per harinya, Anda bisa lebih leluasa memilih bahan makanan yang sehat dan bernutrisi untuk mencukupi asupan yang dibutuhkan sehari-hari. Jika Anda membutuhkan penurunan berat badan dalam waktu cepat, tentu saja olahraga jadi aktivitas yang tepat untuk membakar kalori. 

Cara diet yang baik

Meskipun Anda sudah mengikuti tips diet tanpa olahraga dengan benar, ada beberapa cara yang perlu Anda ikuti agar proses mendapatkan berat badan ideal jadi lebih optimal. Berikut caranya.

Kunyah makanan secara pelan

Agar diet tanpa olahraga bisa berjalan dengan optimal, Anda perlu perhatikan cara mengunyah makanan. Penting bagi Anda untuk mengunyah makanan secara perlahan. Jangan terburu-buru untuk menghabiskan makanan di dalam mulut. Mengunyah makanan secara pelan bisa membantu tubuh untuk memproses nutrisi makanan dengan lebih baik sehingga setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa diurai secara optimal dan menjaga perut tetap terasa kenyang.

Gunakan piring kecil

Agar Anda terbiasa membatasi jumlah kalori per hari dalam setiap hidangan, Anda bisa coba untuk menggunakan alat makan, seperti piring dan gelas yang kecil. Dengan alat makan yang berukuran kecil ini tentu jumlah atau porsi makanan yang akan Anda santap pun berkurang. Untuk awal percobaan, Anda biasanya akan mudah untuk merasa lapar kembali beberapa jam setelah makan di piring yang kecil. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperbanyak minum air putih ketika menggunakan cara ini.

Jangan lupa minum susu

Sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi sehari-hari yang sedang diatur, Anda bisa meminum susu sebagai alternatif yang menjaga diet tanpa olahraga tetap optimal. Salah satu pilihan yang baik dalam minum susu ketika menjalankan diet tanpa olahraga adalah susu rendah lemak. Namun, pastikan susu rendah lemak yang Anda pilih punya kandungan nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari. 

Untuk itu, Anda bisa coba mengonsumsi susu rendah lemak seperti Susu Frisian Flag Purefarm Low Fat. Susu siap minum rendah lemak dari Frisian Flag ini dengan kandungan gizi makro dan gizi mikro seimbang. Rutin minum Susu Frisian Flag Purefarm Low Fat dinilai bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalankan gaya hidup sehat atau sedang menjalankan program penurunan berat badan. Temukan info lengkapnya di sini.

Artikel Terkait