4 Cara Agar Berat Badan Tetap Terjaga Setelah Lebaran

| 08 Mei 2019

4 Cara Agar Berat Badan Tetap Terjaga Setelah Lebaran

Setelah berpuasa sebulan lamanya, biasanya berat badan akan turun. Namun selepas Idul Fitri, berat badan bisa naik drastis. Naiknya berat badan setelah Idul Fitri umumnya terjadi karena konsumsi menu Lebaran yang tak terkontrol. Selain itu, faktor genetis, metabolisme, pilihan dan jumlah makanan, frekuensi makan, dan kurangnya aktivitas fisik juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Agar berat badan tetap terjaga setelah Lebaran meski mengonsumsi beragam hidangan Idul Fitri, ada 4 cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Makan dalam porsi kecil

Setiap berkunjung ke rumah kerabat, Anda disuguhi makanan. Bayangkan jika Anda makan dalam porsi penuh di tiap rumah. Karena itu, makanlah dalam porsi kecil. Selain membantu menjaga berat badan, makan dalam porsi kecil membuat Anda tak gampang mengantuk dan begah.

  1. Banyak minum air putih

Makanan bersantan dan berminyak cenderung kurang serat sehingga dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit. Langkah paling mudah mencegahnya adalah dengan banyak minum air putih. Selain mencegah gangguan pencernaan, air putih diperlukan agar tubuh mendapatkan cairan yang cukup untuk metabolisme.  

  1. Makan sayur dan buah

Selain banyak minum air putih, kekurangan serat selama Hari Raya bisa dicegah dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Memenuhi kebutuhan serat selama libur Lebaran membantu kesehatan pencernaan yang sudah ‘bekerja keras’ oleh karena menu-menu Hari Raya.

  1. Olahraga ringan secara teratur

Setelah bersilaturahim, Anda hanya ingin beristirahat dan jadi malas bergerak. Padahal tak harus olahraga berat, Anda bisa olahraga ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda keliling kompleks perumahan. Berolahraga membantu menjaga tubuh tetap bugar dan mengurangi dampak penumpukan lemak.

Selain langkah di atas, lengkapi juga kebutuhan gizi setiap hari dengan asupan bergizi lengkap dan seimbang, salah satunya dengan minum susu. Agar berat badan tetap terjaga, konsumsi Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Low Fat yang mengandung rendah lemak, dapat dikonsumsi untuk mereka yang sedang menjaga asupan lemak sehari-hari. Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Low Fat diproduksi dengan susu segar dengan kandungan protein, karbohidrat dan lemak, sumber multivitamin dan multimineral. Frisian Flag Purefarm Low Fat juga tersedia dalam varian rasa Low Fat French Vanilla, California Strawberry dan Belgian Chocolate yang lezat

Artikel Terkait