Mitos atau Fakta: Bolehkah Minum Susu Saat Berbuka Puasa?

| 30 Mei 2018

Mitos atau Fakta: Bolehkah Minum Susu Saat Berbuka Puasa?


Setelah berpuasa seharian, tubuh membutuhkan minuman yang tidak hanya menghilangkan dahaga tapi juga mengembalikan energi dan memberikan zat gizi penting yang dibutuhkan tubuh. Tapi minuman apa yang sehat untuk buka puasa? Apakah susu minuman yang aman dikonsumsi dan cocok untuk berbuka puasa? 


Sebelum menjadikan susu sebagai minuman sehat buka puasa, Anda perlu memahami perubahan apa saja yang terjadi pada metabolisme tubuh Anda selama bulan Ramadhan. Selama sebulan lamanya, pola makan, jam tidur, serta aktivitas fisik harian Anda berubah. Tubuh menyesuaikan perubahan ini dengan melakukan perubahan fisiologi, yakni perubahan yang berhubungan dengan fungsi organ, termasuk darah, cairan, dan elektrolit tubuh. Serta biokimia darah yang berhubungan dengan elektrolit tubuh. Menurut Hala Abu Taha, pakar diet untuk The American Surgecenter Clinic di Abu Dhabi, tubuh baru memasuki fase berpuasa terhitung delapan jam setelah makan dan minum terakhir. Saat itu usus telah selesai bekerja menyerap berbagai nutrisi dari makanan. Di bulan Ramadan, kita berpuasa kurang lebih 13 - 14 jam perhari selama sebulan. Ada jeda waktu 5-6 jam saat perut ada dalam kondisi benar-benar kosong. Nutrisionis dr. Rupali Datta mengatakan, meminum susu dalam kondisi perut kosong sebenarnya tidak masalah. Apalagi susu mengandung vitamin D susu yang membantu proses penyerapan zat gizi oleh tubuh. Namun jika Anda punya keluhan lambung atau gangguan pencernaan, sebaiknya Anda tidak meminum susu saat perut dalam kondisi kosong karena bisa memicu produksi. 


Selain itu, meminum susu saat berbuka puasa juga ditentukan oleh selera dan kebiasaan. Negara-negara di Timur Tengah memang terbiasa menjadikan susu sebagai sajian wajib saat buka puasa. Di negara tropis, mungkin Anda lebih terbiasa mengonsumsi air putih atau jus buah segar saat berbuka. Namun tak ada salahnya memulai kebiasaan meminum susu saat berbuka puasa untuk mengembalikan cairan dan energi yang hilang setelah berpuasa seharian. 


Jangan ragu penuhi kebutuhan zat gizi saat berpuasa dengan minum susu. Praktis dan ekonomis, Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Coconut Delight diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak), sumber multivitamin dan multimineral. Dengan rasa kelapa muda yang segar, Anda akan menemukan minuman sehat buka puasa dengan sensasi rasa berbeda. Konsumsi 2 kotak Frisian Flag Purefarm Coconut Delight sehari, saat buka puasa dan sahur, mendukung kurang lebih 18% asupan protein yang dibutuhkan dalam sehari (berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal).


Artikel Terkait