Ketahui Waktu Terbaik Minum Susu saat Setelah Makan Malam

| 22 Jun 2017

Ketahui Waktu Terbaik Minum Susu saat Setelah Makan Malam

Sebagai sumber protein terbaik setelah telur, manfaat susu bagi tubuh yaitu juga sebagai penyuplai zat gizi bermanfaat lainnya untuk tubuh, sebaiknya minum susu setiap hari minimal 1 gelas. Setelah makan malam, susu masih dapat dikonsumsi untuk melengkapi asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menurut Sonia Bajaj, seorang Fitness & Nutrition Coach dari New Delhi, waktu terbaik minum susu setelah makan malam adalah minimal 20-30 menit setelah makan karena jika dilakukan langsung setelah makan malam, akan menghambat proses pencernaan. Nah, jadi tidak ada salahnya kalau Anda minum susu sebelum tidur, asalkan ada jarak waktu yang cukup setelah makan malam. Simak manfaat minum susu dan waktu terbaik minum susu di malam hari di bawah ini!

  1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak 

    Di dalam susu terdapat kandungan asam amino triptofan, yang dapat membantu produksi hormon melatonin yang bisa membantu tidur jadi lebih lelap. Jika Anda mengalami masalah sulit tidur di malam hari atau malah insomnia, maka minum susu sebelum tidur satu gelas saja dapat menjadi solusinya.

  2. Memberi Rasa Kenyang Lebih Lama

    Pernahkah Anda tidur dengan perut lapar dan merasa lemas ketika bangun di pagi hari? Hal ini terjadi karena saat Anda tidur, tubuh Anda melakukan pembakaran yang menguras energi Anda. Karena itu, minum susu sebelum tidur dapat menjadi pengisi perut sekaligus membuat Anda bangun dengan segar dan tanpa rasa lemas

  3. Mencegah Kanker Usus 

    Minum susu setiap hari sebelum tidur akan membantu mencegah terjadinya kanker usus pada Anda. Kalsium yang ada di dalam susu terbukti mampu menghambat perkembangan adenoma atau sejenis tumor ganas yang biasa menyerang usus besar.

  4. Mengganti Cairan yang Hilang 

    Untuk menghindari dehidrasi, Anda bisa menjaga jumlah cairan tubuh dengan rutin minum beberapa gelas susu setiap hari, termasuk sebelum tidur. Susu dapat berperan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang sekaligus menyuplai vitamin dan mineral pada tubuh setelah melakukan berbagai aktivitas sepanjang hari.

  5. Mengurangi Gejala PMS

    Bagi para wanita, tentunya sangat familiar dengan gejala PMS atau Pre-Menstrual Syndrome yang terkadang membuat kram perut hingga sulit tidur. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Jacobs, pakar kelenjar endokrin dari St. Luke’s-Roosevelt Hospital Center, mengkonsumsi kalsium sebanyak 1000-1200 mg dapat meringankan gejala PMS. Jadi, setiap kali Anda sulit tidur karena PMS, minumlah segelas susu hangat agar tidur akan senantiasa nyenyak sampai pagi tiba.

Artikel Terkait