Franchise Thai Tea, Bisnis Menjanjikan dengan Banyak Manfaat

Banner
| 13 Mei 2020

Franchise Thai Tea, Bisnis Menjanjikan dengan Banyak Manfaat

Franchise Thai Tea, Bisnis Menjanjikan dengan Banyak Manfaat

Siapa tak mengenal thai tea, belakangan minuman yang berasal dari Thailand ini jadi sangat digemari di Indonesia. Seperti namanya, thai tea adalah minuman dengan bahan dasar teh dari Thailand yang ditemukan di negara asalnya sejak tahun 1980 an. Sejarah thai tea diawali oleh sebagian kecil pasukan nasionalis Chiang-kai Shek di Yunnan yang terpisah dari pasukannya. Selama itu mereka terisolasi lalu pasukan ini memimpin gerilya serta melanjutkan serangan terhadap komunis. Mereka dipaksa harus keluar Burma menuju Thailand Utara, selama berpuluh-puluh tahun mereka melakukan operasi ilegal di wilayah segitiga emas. Namun mereka akhirnya mendapat tawaran dari pemerintah untuk bermigrasi dan mulai menanam teh, terutama black thai tea. secara alami dan turun temurun menanam serta membuat teh jadi salah satu kegiatan ekonomi penduduk baru Thailand saat itu. Tanaman teh pertama diimpor dari China pada akhir tahun 1980. Sampai dengan hari ini kawasan di Thailand Utara tersebut telah menjadi lumbung utama penghasil teh. 

Teh yang dipilih untuk membuat thai tea bukan lah teh sembarangan. Teh yang digunakan haruslah teh hitam, mengapa teh hitam? Alasannya karena teh hitam memiliki rasa yang kuat dan kekentalan yang pas. Selain itu teh hitam juga memiliki aroma yang tajam, sehingga saat dicampur dengan bahan-bahan lain rasa serta aromanya tidak akan menghilang. 

Sebenarnya rasa thai tea akan semakin lezat jika dicampur dengan berbagai rempah-rempah lainnya maka dari itu thai tea hanya dicampur dengan menggunakan susu, krimer dan gula supaya lebih gurih.

Cara membuat thai tea juga sangatlah mudah. Selain teh hitam bahan lain yang harus disediakan yaitu krimer kental manis, gula, air dan es batu. Seluruh bahan dicampur dalam gelas plastik transparan untuk dijajakan di sepanjang jalan Thailand. Dengan rasanya yang lezat, manis dan gurih bisnis thai tea menjadi sangat menjanjikan dan memiliki banyak manfaat bagi pelakunya. Di Indonesia sudah banyak franchise thai tea dari berbagai merk. Franchise thai tea menjadi pilihan untuk pengusaha dengan modal awal yang tidak besar dengan penjualan yang laris. 

Pengertian franchise adalah hubungan antara kedua belah pihak dimana salah satu pihak dapat menggunakan hak kekayaan intelektual atau HAKI dengan suatu imbalan yang ditetapkan oleh pihak lain yang menyediakan penjualan barang atau jasa. Lebih populer disebut dengan waralaba. 

Bisnis franchise merupakan bisnis yang cocok untuk pemula, karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan yaitu sebagai berikut:

  • Manajemen bisnis sudah terbangun. Bagi seorang pengusaha, membangu manajemen bisnis bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu jika Anda baru terjun dalam dunia bisnis tidak ada salahnya memulai dengan model waralaba.
  • Sudah banyak dikenal. Anda tidak perlu pusing melakukan promosi besar-besaran, dalam bisnis franchise biasanya produk yang dijual sudah dikenal oleh masyarakat. 
  • Untung lebih besar. Usaha yang sedang Anda jalani sering kali sudah dikenal oleh masyarakat. Anda tidak perlu banyak mengeluarkan modal untuk membuat menu terbaru atau menambah alat-alat baru, biasanya semua itu sudah disediakan oleh distributor. Selain itu Anda juga dapat menyesuaikan harga jual yang sudah ditentukan oleh distributor.

Tips Memulai Bisnis Franchise Thai Tea 

Bagi Anda yang hendak terjun dalam bisnis franchise thai tea berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mulai melakukan bisnis franchise thai tea.

Cari Pemasok atau Distributor Bahan Baku yang Tepat 

Sebelum memulai bisnis franchise thai tea, lakukan riset pasar terlebih dahulu. Carilah distributor bahan baku terpercaya yang mengutamakan kualitas barang dibanding harga murah. Carilah distributor yang menyediakan stand yang baik, peralatan yang mumpuni dan bahan baku thai tea (teh hitam dan krimer) yang berkualitas. Untuk pemilihan krimer kental manis, Anda dapat menggunakan Omela Krimer Kental Manis yang berkualitas. Pilihlah krimer kental manis yang tidak merusak rasa teh hitam dalam thai tea. Untuk teh hitam, Anda bisa memilih teh hitam khas Thailand yang banyak beredar dipasaran. 

Pilih Lokasi Berjualan yang Strategis 

Setelah menemukan distributor franchise thai tea Anda bisa langsung memilih lokasi berjualan. Pilihlah lokasi strategis seperti sekitaran perkantoran, kampus, sekolah dan tempat-tempat keramaian lainnya. Jangan memilih lokasi yang terlalu terpencil, karena akan berdampak pada penjualan Anda. Dengan menentukan lokasi berjualan yang tepat akan membuat dagangan semakin cepat laris manis dan dikenal masyarakat. 

Gunakan Teknik Marketing Untuk Memikat Pembeli 

Saat mulai berjualan Anda harus menggunakan teknik marketing yang bagus. Ada banyak teknik marketing yang dapat menarik pelanggan, salah satunya memberi potongan harga dengan minimal pembelian. Selain itu gunakan media sosial sebagai sarana promosi bisnis. 

Itu tadi adalah tips untuk Anda yang hendak membuka usaha franchise thai tea. Dengan modal mulai dari 500ribu Anda akan mendapat keuntungan yang menjanjikan. 

Resep Thai Tea Lezat Untuk Bisnis Franchise Thai Tea 

Bagaimana jika Anda hendak membuat franchise thai tea sendiri? Tentu saja hal itu dapat dilakukan dengan mudah. Anda cukup membuat resep thai tea sendiri dengan ciri khas buatan Anda. Berikut resep thai tea yang dapat Anda tiru untuk mengawali bisnis franchise thai tea.

Resep Thai Tea Original

Bahan-bahan : 

  • 2 sdm black tea
  • 200 ml air 
  • 50 ml susu cair
  • 4 sdm Omela Krimer Kental Manis 
  • Gula pasir sesuai selera

Cara Membuat:

  • Masak air hingga mendidih lalu masukan 2 sdm black tea.
  • Tunggu hingga black tea menjadi dingin, kemudian campurkan 50 ml susu cair, 4 sdm Omela Krimer Kental Manis dan gula pasir
  • Setelah semua bahan tercampur tambahkan es batu.

Resep Thai Tea Green Tea

Bahan-bahan : 

  • 2 sdm matcha green tea
  • 200 ml air 
  • 50 ml susu cair
  • 4 sdm Omela Krimer Kental Manis 
  • Gula pasir sesuai selera

Cara Membuat:

  • Masak air hingga mendidih lalu masukan 2 sdm matcha green tea.
  • Tunggu hingga matcha green tea menjadi dingin, kemudian campurkan 50 ml susu cair, 4 sdm Omela Krimer Kental Manis dan gula pasir
  • Setelah semua bahan tercampur tambahkan es batu.

Resep Choco Thai Tea 

Bahan-bahan : 

  • 2 sdm black tea
  • 200 ml air 
  • 50 ml susu cair
  • 2 sdm susu coklat bubuk
  • 4 sdm Omela Krimer Kental Manis 
  • Gula pasir sesuai selera

Cara Membuat:

  • Masak air hingga mendidih lalu masukan 2 sdm black tea.
  • Tunggu hingga black tea menjadi dingin, kemudian campurkan 50 ml susu cair, 4 sdm Omela Krimer Kental Manis, 2 sdm susu coklat bubuk dan gula pasir
  • Setelah semua bahan tercampur tambahkan es batu.

Manfaat Thai Tea Untuk Kesehatan 

Bisnis franchise memang sangat menguntungkan, selain keuntungan yang didapat ternyata thai tea juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya : 

Mengurangi Risiko Alergi 

Mengkonsumsi dua cangkir thai tea dengan krimer kental manis atau tanpa krimer kental manis dipercaya dapat mengurangi risiko alergi. Senyawa flavonoid yang ada dalam thai tea dapat mencegah keracunan dan alergi. 

Mencegah Penyakit Asma

Mengkonsumsi thai tea secara teratur dipercaya dapat mencegah terjadinya asma. Hal ini dikarenakan senyawa star anise yang terdapat pada thai tea melindungi tubuh dari penyakit asma. Selain itu anti oksidan yang tinggi didalam thai tea juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia. 

Mencegah Kanker 

Seorang peneliti dari Amerika menyebutkan bahwa mengkonsumsi thai tea dapat mencegah sel kanker payudara tahap awal. Hal ini terjadi karena adanya senyawa polifenol serta antioksidan dalam thai tea. Kedua senyawa tersebut dapat menghambat perkembangan sel kanker tersebut. 

Mencegah Stres

Zat kafein dalam thai tea dipercaya oleh masyarakat Jepang bermanfaat untuk mengusir stres. Selain itu anjuran minum thai tea juga sangat bermanfaat untuk menghalau rasa lelah dan letih. 

Menangkal Radikal Bebas

Seperti diketahui, radikal bebas sangatlah berbahaya karena dapat memicu terjadinya kanker. Sebuah penelitian dari Tufts University Amerika menyebutkan bahwa zat anti radikal bebas ditemukan pada thai tea. Mengkonsumsi thai tea secara teratur sebanyak 3-5 gelas dalam satu minggu dipercaya dapat menangkal radikal bebas. 

Membersihkan Saluran Kemih

Saluran kemih manusia memiliki risiko besar terserang bakteri atau virus yang dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih. Thai tea dipercaya dapat membersihkan saluran kemih, dengan mengkonsumsi 3-5 gelas thai tea setiap minggu diyakini dapat membantu saluran kemih membersihkan dirinya sendiri. 

Cocok Untuk Pelaku Diet 

Bagi Anda yang sedang melakukan diet, thai tea dapat membantu mengontrol nafsu makan serta melancarkan pencernaan. Konsumsi thai tea tanpa gula sebanyak satu gelas setiap hari akan membantu Anda mendapatkan tubuh ideal. 

Mengurangi Risiko Stroke 

Penyakit Stroke diakibatkan oleh pembuluh darah yang tersumbat, hal ini terjadi karena kadar kolesterol dalam darah sangat tinggi. Thai tea dapat menurunkan kolesterol dalam darah sehingga menurunkan risiko kanker, stroke dan hipertensi. 

Kenali Perbedaan Thai Tea dan Teh Susu 

Minuman Thai Tea memang memiliki rasa yang unik, selain cara membuat dan bahannya yang mudah ditemukan minuman yang berasal dari Thailand ini juga bisa menjadi ide bisnis yang menggiurkan. Sayangnya masih banyak orang yang menganggap thai tea dan teh susu adalah dua hal yang sama. Berikut perbedaan thai tea dan teh susu yang perlu Anda ketahui. 

Teh susu atau milk tea adalah minuman campuran dari teh dan susu yang diaduk dalam satu wadah. Teh susu cenderung mempunyai rasa manis dn aroma teh yang tidak terlalu tajam. Lain halnya dengan thai tea. Thai tea merupakan campuran dari teh hitam, susu dan krimer kental manis, rasa thai tea cenderung lebih gurih dan kental. Karena berasal dari teh hitam warna thai tea adalah orange sementara teh susu biasanya berwarna putih kekuningan. Keduanya sama-sama enak disajikan dalam keadaan dingin. 

Demikian pembahasan mengenai thai tea dan franchise thai tea. Sajian minuman apapun jika dibuat dari bahan-bahan pilihan rasanya akan jauh lebih nikmat. Begitu juga dengan thai tea, selalu gunakan Omela Krimer Kental Manis sebagai bahan pembuatan thai tea, karena rasanya yang manis, gurih dan tidak merusak rasa asli thai tea di dalamnya. Informasi lebih lanjut mengenai Omela Krimer Kental Manis bisa Anda dapatkan disini .

Artikel Terkait