Memperbaiki dan Mencegah Kerusakan Gigi Pada Anak

| 27 Nov 2017

Memperbaiki dan Mencegah Kerusakan Gigi Pada Anak

Sebagai orang tua, Anda ingin memastikan anak punya gigi yang sehat. Namun suatu hari Anda perhatikan, gigi anak mulai berubah warna dan bahkan nampak berlubang di beberapa tempat. Padahal Anda merasa sudah mencukupi asupan kalsium untuk menjaga kesehatan gigi anak. Sebagai orang tua, apa yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kerusakan gigi pada anak?

Jika gigi jarang dibersihkan, maka sisa makanan, termasuk gula dapat menempel pada gigi. National Institute of Dental and Craniofacial menjelaskan bakteri dalam mulut memanfaatkan gula untuk memproduksi asam. Jika dibiarkan terus terjadi, asam ini mampu merusak enamel atau lapisan pelindung terluar gigi hingga muncul plak atau karang gigi berwarna putih atau kekuningan. Bila proses ini berlanjut, maka lama-kelamaan gigi bisa berlubang. Enamel sesungguhnya mampu memperbaiki diri sendiri dengan memanfaatkan mineral dari air liur dan fluoride, yang bisa diperoleh dari pasta gigi.

Bersihkan gigi anak sejak gigi pertamanya tumbuh dan latih agar anak terbiasa menyikat giginya minimal 2 kali sehari. Kurangi juga konsumsi makanan manis, seperti permen, minuman bersoda, kue, dan cokelat, terutama di malam hari. Ingatkan anak agar menggosok gigi dulu sebelum tidur, apalagi usai mengonsumsi semua ini di malam hari. Kunjungi dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali untuk sekedar memerikasa kondisi gigi. Jika gigi telanjur berlubang, segera tambal gigi anak.

Pendapat lain yang dilansir Cure Tooth Decay menyebutkan bahwa  menurut para dokter gigi dan ahli kesehatan gigi, faktor yang paling bertanggungjawab atas kerusakan gigi adalah buruknya pola makan. Akibatnya tubuh tidak mendapatkan zat gizi secara optimal dan berakibat pada kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan gigi, antara lain kalsium dan vitamin D.

Sejak kecil, pastikan anak terbiasa mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang kaya kalsium dan vitamin D demi kesehatan tulang dan giginya. Sesuaikan pula porsi kalsium dengan usia anak, karena kebutuhan kalsium untuk anak 1 tahun tentu berbeda dengan kebutuhan kalsium untuk anak 6 tahun. Lengkapi dengan Susu Siap Minum Frisian Flag Kid, diproduksi dari susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan mengandung Vitamin A dan D, serta Kalsium dan Magnesium untuk melengkapi asupan gizi  si Kecil.

Artikel Terkait