Facebook Pixel

Resep Saus Spaghetti Italia, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Banner
| 18 Nov 2021

Resep Saus Spaghetti Italia, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Resep Saus Spaghetti Italia, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Resep saus spaghetti a la Italia bisa Anda buat sendiri di rumah. Anda tak perlu lagi datang ke restoran terkenal atau bahkan langsung ke negeri asalnya. Sebab, sebagaimana diketahui, spaghetti adalah kudapan terkenal yang telah mendunia. Makanan ini juga jadi favorit orang Indonesia, karena itulah Anda bisa membuatnya sesuai resep saus spaghetti yang terkenal atau Anda kreasikan sendiri.

Secara umum, spaghetti adalah salah satu varian pasta yang memiliki bentuk silinder tipis dan padat. Spaghetti terbuat dari olahan gandum yang telah lama menjadi makanan pokok penduduk Italia, bahkan Eropa dan Amerika. Pasta ini disajikan bersama resep saus spaghetti yang memiliki beragam jenis.

Ada beberapa jenis resep saus spaghetti yang terkenal di dunia. Salah satu resep saus spaghetti yang terkenal adalah spaghetti bolognese. Meski terkenal, orang Italia mengklaim bahwa resep saus spaghetti bolognese bukan hidangan asli dari Kota Bologna melainkan kreasi resep ragù alla Bolognese yang lebih dulu ada sebelum spaghetti bolognese lahir.

Membuat resep saus spaghetti tidaklah rumit. Anda bisa langsung membuatnya dengan resep-resep saus spaghetti berikut ini.

Bahan-bahan membuat saus spaghetti bolognese


Bahan-bahan:

  • 450 gr spaghetti
  • 15 buah tomat besar segar, potong-potong dan blender halus
  • 300 gram daging giling atau daging cincang
  • 1 buah bawang bombay cincang
  • 4 butir bawang putih cincang
  • 2 sdm paprika bubuk
  • 1 sdm worcestershire sauce/kecap inggris
  • 1 sdm oregano bubuk
  • 1 sdm basil bubuk
  • 1 sdm parsley bubuk
  • Garam, gula, lada bubuk, dan kaldu jamur sesuai selera
  • Minyak zaitun secukupnya untuk menumis
  • Keju parmesan sesuai selera

Cara membuat saus spaghetti bolognese

  1. Rebus spaghetti sesuai petunjuk. Setelah matang, angkat dan tiriskan
  2. Tumis daging giling atau daging cincang dengan garam dan merica sampai matang angkat dan sisihkan
  3. Di sisa minyak untuk menumis daging giling atau daging cincang, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai wangi dan matang
  4. Tuangkan tomat yang sudah diblender. Masak hingga saus tomat mengental, beri bumbu worcester sauce, oregano, basil, sebagian parsley bubuk, garam, gula, lada bubuk, dan kaldu jamur
  5. Masukkan daging dan aduk rata, biarkan hingga saus meresap pada daging. Kecilkan api dan masukkan spaghetti
  6. Campur spaghetti dengan saus sampai rata, jika terlalu kering boleh tambahkan sedikit air dari sisa rebusan spaghetti
  7. Koreksi rasa dan campur dengan keju parmesan. Angkat dan sajikan dengan taburan parsley di atasnya.
  8. Resep saus spaghetti bolognese ini siap disajikan

Macam-macam saus spaghetti

Saus Spaghetti Carbonara

Resep saus spaghetti Carbonara berasal dari Roma. Saus spaghetti berwarna putih ini dibuat tahun 1944 silam yang terbuat dari bahan dasar kuning telur, keju parmesan, bawang putih, bawang merah, lada dan beef bacon. Namun, ada juga yang menambahkan heavy cream agar lebih kentalSeluruh bahan tersebut kemudian ditumis dengan minyak zaitun hingga mengental. Carbonara sejatinya berwarna putih dan kental. Namun, supaya tidak terlihat pucat, banyak yang menambahkan sosis, smoked beef, atau bacon agar penampilannya semakin cantik. Al dente!

Saus Spaghetti Aglio E Olio

Resep saus spaghetti Aglio E Olio berasal dari masakan rumahan khas Napoli, Italia. Saus ini bercitarasa gurih dan menjadi pelengkap hidangan spaghetti yang pas. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menumis bawang merah, bawang putih cincang dan garam dengan minyak zaitun. 

Jika Anda suka pedas, tambahkan lada hitam bubuk, cincangan parsley, dan cabai merah kering. Agar lebih gurih, tambahkan juga parutan keju saat disajikan. Spaghetti yang dihasilkan akan sedikit berminyak dengan sensasi pedas-gurih.

Saus Spaghetti Alfredo

Resep saus spaghetti Alfredo sebenarnya paling cocok untuk fettucini bergaya Italia-Amerika. Saus ini diracik pertama kali oleh pemilik restoran di Roma pada tahun 1914 bernama Alfredo di Lelio. Bahan dasar saus ini simpel, hanya mentega dan heavy cream. Kedua bahan tersebut dimasak selama 8-10 menit. Masak saus hingga mengental dan lembut. 

Namun, ada juga yang menambahkan bawang putih dan keju parmesan agar saus jadi lebih gurih. Memasak saus alfredo sekilas mirip dengan saus carbonara. Namun, warna saus alfredo lebih putih karena tidak mengandung telur. Selain itu, tekstur saus alfredo lebih lembut dengan rasa gurih yang ringan.

Saus Spaghetti Marinara

Resep saus spaghetti marinara adalah saus tomat khas Italia. Biasanya disajikan bersama hidangan Italia-Amerika, misalnya ravioli. Saus marinara akan terasa asam-manis dengan sensasi hangat karena tambahan daun herbal.

Saus ini terbuat dari campuran tomat segar, minyak zaitun, bawang merah, bawang putih, dan daun herbal seperti basil, daun mint, atau peterseli. Tomat ditumis bersama bawang putih, daun herbal, dan minyak zaitun. Kemudian semua bahan diaduk hingga tomat hancur sempurna dan mengental. Saus spaghetti lezat a la Italia ini bisa Anda buat sendiri di rumah. Simpel dan mudah. Al dente!

Saus Spaghetti Pesto

Resep saus spaghetti pesto merupakan saus khas Genoa, Italia Utara. Ciri khas dari saus ini adalah berwarna hijau. Saus pesto terdiri dari campuran daun basil, bawang putih, kacang pinus, dan keju parmesan. Bahan tersebut kemudian dihaluskan, kecuali keju. Lalu, bahan halus ditumis dengan minyak zaitun, tambahkan keju parmesan, dan masak hingga tercium aroma wangi. Warna hijau dari saus ini berasal dari daun basil. Sedangkan kacang pinus dan keju membuat saus terasa renyah serta gurih.

Resep saus spaghetti di atas tentunya bisa Anda buat sendiri di rumah. Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan lain yang cocok untuk dihidangkan bersama pasta spaghetti yang al dente sesuai kreasi Anda. Anda juga bisa menambahkan Frisian Flag Susu Kental Manis atau Frisian Flag Susu Kental Manis Full Cream Gold sebagai pengganti gula untuk setiap resep saus spaghetti tadi. Setiap porsi Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold mengandung energi sebanyak 130 kkal untuk mendukung asupan energi harian Anda. Informasi selengkapnya bisa Anda temukan di sini.

Artikel Terkait