Bolehkah Anak Mencoba Menu Vegetarian?

| 03 Nov 2017

Bolehkah Anak Mencoba Menu Vegetarian?

Pola hidup vegetarian kini mulai diaplikasikan para orang tua kepada anak-anaknya, mulai dari menu sarapan anak hingga makan malam. Salah satu alasannya adalah untuk membiasakan anak makan sehat. Namun sayuran mengandung lebih sedikit energi sehingga anak perlu makan dalam porsi lebih banyak atau lebih sering. Simak tips di bawah agar anak tetap sehat dan  bertenaga walaupun menjalani pola hidup vegetarian.

Waspada akan penyakit

Kebutuhan gizi anak berbeda dengan Anda. Anak-anak sedang dalam fase pertumbuhan dan membutuhkan gizi yang cukup. Pelajari risiko penyakit yang dikaitkan dengan kekurangan gizi, seperti defisiensi vitamin C atau, rakitis akibat defisiensi vitamin D, dan busung lapar. Berkonsultasilah dengan dokter spesialis anak atau ahli gizi dalam memilihkan makanan vegetarian bagi anak.

Berikan edukasi tentang menjadi vegetarian

Menjadi vegetarian lebih dari sekadar makan sayuran. Karena itu Anda harus memberikan pengetahuan pada anak mengenai pola makan vegetarian. Ajak anak berdiskusi tentang menu yang akan dimakannya dan berikan informasi tentang gizi makanan tersebut, misalnya saat membuat menu sarapan pagi anak. Sempatkan juga minimal dua kali dalam satu minggu untuk makan bersama agar anak memahami pola makan vegetarian yang tepat.

Tetap konsumsi protein hewani

Jangan langsung memaksakan anak untuk menjadi vegan yang sama sekali tidak menyertakan makanan yang berasal dari hewan.  Lakukan bertahap dengan memilih pola makan vegetarian yang masih memberi “ruang” untuk mengonsumsi produk hewani. Pada pola makan lacto-ovo vegetarian, meski menghindari daging, anak masih bisa mengonsumsi telur, susu, dan produk olahan susu. Sedangkan lacto vegetarian memperbolehkan susu dan produk olahan susu, namun menghindari telur dan daging.

Untuk anak, pola makan vegetarian adalah alternatif pola makan yang tidak ada salahnya untuk dicoba. Mulailah dari membuat menu sarapan anak dari sayur-sayuran tanpa daging. Lengkapi gizinya dengan memberikan Susu Siap Minum Frisian Flag Milky. 180 ml Frisian Flag Milky mengandung protein sebanyak 4 gram atau setara dengan kandungan protein dalam setengah butir telur ayam. Susu Siap Minum Frisian Flag Milky diproduksi dari susu segar dengan kandungan protein, karbohidrat dan lemak, serta tinggi vitamin A, B1, B2, B6 dan D3 serta sumber kalsium dan fosfor untuk mendukung pertumbuhan anak dan tersedia dalam pilihan rasa Coklat dan Strawberry.


Menu vegetarian memang sangat baik, namun jangan lupakan juga nutrisi lainnya, berikan Frisian Flag Milky untuk tambahan nutrisinya. Info lengkah bisa cek di sini!

Artikel Terkait