Pentingnya Memilih Menu Sarapan Sebelum Ujian

| 14 Mar 2018

Pentingnya Memilih Menu Sarapan Sebelum Ujian

Saat ujian, cukup belajar dan siap mental saja tidak cukup. Anda perlu energi ekstra menghadapi hari. Salah satu persiapan yang bisa dilakukan adalah dengan sarapan bergizi. Karena itu, jangan abaikan pentingnya sarapan terutama di hari ujian. Berikut lima makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum ujian:

Ikan salmon

Kandungan Omega 3 yang tinggi pada ikan salmon bermanfaat meningkatkan fungsi otak, meliputi kemampuan berpikir, mendengarkan, dan merespons. Omega 3 juga membantu menjaga mood agar selalu positif. Sebagai tambahan, menurut Aston University di Birmingham, omega 3 di dalam salmon berfungsi juga meredakan sindrom mata kering yang biasanya diakibatkan karena terlalu lama di ruangan ber-AC dan terus membaca atau menatap layar komputer tanpa istirahat.

Telur

Mempertahankan fokus jadi salah satu alasan pentingnya sarapan pagi. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi telur. Telur kaya akan protein yang memproduksi asam amino yang bisa membantu Anda mempertahankan ketajaman berpikir. Dalam laporan riset United States Department Of Agriculture, telur juga adalah sumber makanan yang mengandung kolin, zat yang memiliki peran sentral dalam memori dan pembelajaran.

Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh hingga 75%, hampir sama seperti yang ditemukan di minyak zaitun. Lemak tak jenuh dalam alpukat mengandung asetilkolin yang bermanfaat untuk menjaga daya ingat dan pikiran agar tetap fokus.

Cokelat

Jika Anda tahu manfaat cokelat untuk otak, pasti Anda tak ragu untuk mencoba mengonsumsi cokelat saat sarapan. Tidak hanya mengandung serotonin yang membantu membuat mood Anda lebih tenang dan happy, cokelat juga berdampak positif pada kesehatan dan fungsi otak. University of Strasbourg di Perancis mengungkapkan bahwa tingginya flavonoid dalam cokelat membantu merangsang aliran darah ke otak untuk membantu sel-sel otak hidup lebih lama.

Kacang kenari

Menurut Nancy Houston Miller, salah seorang peneliti di Stanford University School of Medicine, kenari adalah salah satu sumber terbaik asam alpha-linolenat, bentuk lain dari Omega 3, yang berfungsi membantu menjaga fungsi otak agar lebih sehat.

Lengkapi sarapan Anda sebelum ujian dengan mengonsumsi Susu Siap Minum Frisian Flag Full Cream. Dalam 225 ml di setiap kemasannya mengandung protein sebanyak 7 gram (setara dengan kandungan protein dalam satu butir telur ayam).

Semoga mendapatkan nilai yang baik, ya!

Artikel Terkait