Apakah perbedaan omega 3, omega 6, DHA dan mana yang lebih penting ?



Apakah perbedaan omega 3, omega 6, DHA dan mana yang lebih penting ?

  • Omega 3 adalah adalah asam lemak esensial dengan 18 atom karbon (C) dengan jumlah ikatan rangkap sebanyak  3 buah (asam lemak tak jenuh ganda).  Nama lain adalah asam lemak linolenat.  Omega 3 adalah prekursor DHA.
  • Omega 6 adalah asam lemak esensial dengan 18 atom karbon (C)  dengan jumlah ikatan rangkap sebanyak 2 buah  (asam lemak tidak jenuh ganda).  Nama lain adalah asam lemak linoleat.  Omega 6 adalah prekursor Arachidonat Acid (AA).
  • DHA adalah kelompok  asam lemak esensial  turunan dari  asam lemak linolenat dan tubuh dapat mensintesanya dari prekursor asam lemak linolenat.
  • Dilihat dari kepentingannya, Omega 3 dan Omega 6 adalah penting bagi tubuh dan harus didapatkan atau disediakan dari makanan.  Jenis dan jumlah sumber Omega 3 dan Omega 6 sangat menentukan komposisi DHA dan AA dalam tubuh.  Baik Omega 3, Omega 6 maupun DHA serta AA memegang peran penting dalam tubuh terutama untuk komposisi pemenuhan asam lemak essensial dalam otak dan retina.   Di dalam otak sekitar 50-60% terdiri dari lemak dan komposisi tertinggi ada pada DHA.