Karir | Frisian Flag Indonesia
24 Desember 2017

5 Langkah Tetap Sehat Meski Deadline Padat

Coba hitung berapa menit Anda beranjak dari kursi Anda setiap hari? Jangan-jangan Anda berdiri hanya untuk ke toilet. Memang, pekerjaan di kota besar tak banyak menuntut aktivitas fisik. Internet cepat, beragam aplikasi untuk kolaborasi lintas divisi, lift di setiap lantai, bahkan makan siang pun selalu ada office boy yang berkeliling menanyakan pesanan. 

Berbagai cara untuk tetap sehat dilakukan, mulai dari mendaftar gym hingga membawa menu sehat setiap hari. Meski demikian, kadang pola hidup sehat yang Anda jalankan ‘kebobolan’ juga. Anda jadi skip kelas freeletics atau lupa bawa bekal sehat karena meeting pagi, lembur atau deadline. 

Padahal ada cara singkat dan efektif untuk menjaga kesehatan dari dalam kubikel Anda setiap hari:

 

1.Lakukan peregangan

Agar badan tak kaku di sela-sela pekerjaan, lakukan stretching beberapa kali sehari. Caranya sama seperti saat Anda meregangkan tubuh saat bangun pagi. Langkah pertama, angkat kedua tangan ke atas, luruskan punggung sejajar dengan kaki, tarik mulai perlahan hingga seluruh badan terasa tertarik. Stretching saat bekerja bisa dilakukan sambil duduk atau berdiri.

 

2.Olahraga simpel

Lakukan olah gerak kecil mulai dari kepala. Putar kepala perlahan agar otot leher lemas atau menoleh ke kanan dan ke kiri beberapa kali dalam hitungan tertentu. Anda juga bisa berolahraga ringan untuk menguatkan otot perut dan paha. Anda bahkan tidak perlu beranjak dari kursi. Cukup duduk dengan posisi tegak, lalu angkat kedua kaki secara bersama-sama naik turun secara perlahan. Lakukan hingga 20 kali. Kombinasikan dengan pengaturan nafas. Ketika kaki naik, ambil nafas panjang melalui hidung, lalu ketika kaki turun buang nafas lewat mulut.

  

3.Selalu sedia air putih di meja kerja

Berada di ruangan berpendingin udara seharian bisa membuat Anda dehidrasi tanpa sadar. Cairan tubuh berkurang tetapi Anda tak merasa haus karena suhu ruangan yang dingin. Karena itu selalu sediakan air putih dalam tumbler di meja kerja Anda. Dalam sehari, minimal Anda harus minum sebanyak 1,5 liter air putih, atau setara dengan 8 gelas air. 


4. Berjemur sesekali 

Tak salah jika pekerja kantoran di kota besar disebut seperti vampir karena hampir tak pernah melihat sinar matahari. Sesekali keluarlah dari ruangan untuk mendapatkan cahaya matahari atau terpapar suhu luar ruang. Cobalah berjalan keluar untuk istirahat sejenak di sore hari, saat matahari sudah tak terlalu silau. 


5.Makan sehat yang teratur

Karena lebih banyak duduk, pembakaran kalori dari nasi Padang yang Anda makan siang tadi pun jadi tidak sempurna. Tak heran banyak pekerja kantoran mengalami masalah obesitas atau kegemukan. Mulai sekarang, usahakan memilih menu makanan yang lebih seimbang. Start simple, kurangi porsi nasi putih atau ganti dengan nasi merah. Lapar sore hari? Daripada gorengan, bawa buah potong sebagai camilan sehat. Jangan lupa, atur konsumsi gula dan garam Anda.  


Jangan sampai “Duh, tak sempat” atau deadline jadi alasan Anda untuk mengabaikan gaya hidup sehat. Yang terpenting, meski small steps namun Anda berkomitmen melakukannya setiap hari. 

Artikel Lainnya

30 Oktober 2017

5 Hari Pertama Bekerja: Harapan, Kenyataan, dan Apa yang Bisa Dilakukan

Panduan sederhana di bawah ini bisa membantu Anda bersiap menghadapi beragam skenario yang terjadi di lima hari pertama Anda bekerja.

Lebih Lanjut
15 Desember 2017

Manajemen Energi: Kunci Sukses Jalani Hari

Cari tahu apa itu manajemen energi, bagaimana menerapkannya di keseharian, dan tingkatkan produktivitas Anda.

Lebih Lanjut
24 September 2018

5 Hal yang Akan Memperbaiki Hari Senin Anda

Setiap hari Senin datang, pasti membuat Anda ingin bertemu akhir pekan kembali. Apa yang harus dilakukan agar hari Senin terasa lebih menyenangkan?

Lebih Lanjut