Karir | Frisian Flag Indonesia
02 Agustus 2019

Hal-Hal Sederhana Dalam Keberagaman

Setiap orang punya cara dan pandangannya masing-masing dalam bekerja dan bersosialisasi, terutama jika kita hidup dalam keberagaman. Seperti negara kita, negara kepulauan yang terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, agama, budaya. Keberagaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa. Karenanya penting bagi kita untuk menghargai keberagaman itu apalagi di lingkungan kerja.


Berikut adalah hal sederhana dalam menghargai keberagaman di lingkungan kerja yang sering luput dari pikiran kita.


Hormatilah cara orang lain berpakaian.

Selera berpakaian adalah hal yang subyektif, jangan terlalu menyamakan perspektif kita dalam berpakaian kepada orang lain, kecuali temanmu sudah melanggar kode etik lingkungan kerja kita.


Jangan mencemooh logat asli orang lain.

Tak jarang kita mendengar teman kita yang mencoba berbahasa inggris namun logat aslinya masih kental terdengar. Walaupun tidak lazim di telinga kita, hargailah dan jangan meniru untuk mengolok-olok logat mereka. Tanpa kita sadari kadang kita juga sering terbawa dengan logat asli kita lho.


Jangan egois dalam memilih makanan.

Saat makan siang, hormatilah selera teman kita dalam memilih makanan, walaupun sepele kadang kita tidak sengaja membuat mereka tidak nyaman dengan memaksakan selera kita kepada mereka.


Dengarkan perspektif mereka sebelum menilai.

Setiap orang punya caranya masing-masing dalam mengutarakan pendapat, namun sebagai pendengar yang baik, kita harus mau untuk menelaah lebih jauh akar pikiran dan perspektif teman kita yang sedang memberikan pendapat.


Itulah beberapa cara sederhana agar lingkungan kerja kita lebih nyaman dengan berbagai latar belakang teman kerja kita yang beragam. Dari hal-hal kecil ini semoga kita dapat saling menghormati dan menghargai perbedaan di lingkungan kerja.


Semoga kita makin nyaman untuk Grow Strong dan Give More di lingkungan kerja kita!

Artikel Lainnya

21 November 2018

Mengenal Lebih Jauh Tentang Food Service Department

Food service merupakan layanan bisnis terutama dalam bentuk pengiriman bahan pangan atau penyajian makanan kepada pelanggan.

Lebih Lanjut
25 Januari 2021

Menjadi Kuat Karena Menguatkan

Apa yang membuat kita tumbuh kuat? Nutrisi yang baik? Lingkungan yang mendukung? Tapi sebenarnya, apa sih definisi kuat itu sendiri? 


Lebih Lanjut
14 Agustus 2018

Ingin Mempercantik Profil LinkedIn Anda? Lihat Cara Singkatnya

Banyaknya saingan di luar sana membuat Anda harus ‘stand out’ dibanding profil-profil lain. Apa yang harus dilakukan untuk mempercantik profil LinkedIn

Lebih Lanjut