Facebook Pixel
Karir | Frisian Flag Indonesia
02 Agustus 2019

Hal-Hal Sederhana Dalam Keberagaman

Setiap orang punya cara dan pandangannya masing-masing dalam bekerja dan bersosialisasi, terutama jika kita hidup dalam keberagaman. Seperti negara kita, negara kepulauan yang terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, agama, budaya. Keberagaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa. Karenanya penting bagi kita untuk menghargai keberagaman itu apalagi di lingkungan kerja.


Berikut adalah hal sederhana dalam menghargai keberagaman di lingkungan kerja yang sering luput dari pikiran kita.


Hormatilah cara orang lain berpakaian.

Selera berpakaian adalah hal yang subyektif, jangan terlalu menyamakan perspektif kita dalam berpakaian kepada orang lain, kecuali temanmu sudah melanggar kode etik lingkungan kerja kita.


Jangan mencemooh logat asli orang lain.

Tak jarang kita mendengar teman kita yang mencoba berbahasa inggris namun logat aslinya masih kental terdengar. Walaupun tidak lazim di telinga kita, hargailah dan jangan meniru untuk mengolok-olok logat mereka. Tanpa kita sadari kadang kita juga sering terbawa dengan logat asli kita lho.


Jangan egois dalam memilih makanan.

Saat makan siang, hormatilah selera teman kita dalam memilih makanan, walaupun sepele kadang kita tidak sengaja membuat mereka tidak nyaman dengan memaksakan selera kita kepada mereka.


Dengarkan perspektif mereka sebelum menilai.

Setiap orang punya caranya masing-masing dalam mengutarakan pendapat, namun sebagai pendengar yang baik, kita harus mau untuk menelaah lebih jauh akar pikiran dan perspektif teman kita yang sedang memberikan pendapat.


Itulah beberapa cara sederhana agar lingkungan kerja kita lebih nyaman dengan berbagai latar belakang teman kerja kita yang beragam. Dari hal-hal kecil ini semoga kita dapat saling menghormati dan menghargai perbedaan di lingkungan kerja.


Semoga kita makin nyaman untuk Grow Strong dan Give More di lingkungan kerja kita!

Artikel Lainnya

25 Januari 2021

Kuantifikasi Perkembangan Diri

Wajar kok kalau kita tidak sabaran dalam mengembangkan diri. Contohnya saja ketika kita belajar bermain gitar. Saat melihat teman-teman yang lebih jago bermain, atau Youtuber yang kelihatan effortless dalam bermain gitar, bikin progress kita jadi terasa nggak maju-maju.

Lebih Lanjut
15 Desember 2017

Manajemen Energi: Kunci Sukses Jalani Hari

Cari tahu apa itu manajemen energi, bagaimana menerapkannya di keseharian, dan tingkatkan produktivitas Anda.

Lebih Lanjut
05 Januari 2018

Millennial Manager: 7 Leadership Skills yang Diperlukan Millennial di Tempat Kerja

Sebagai Millennial, bekali diri Anda dengan 7 karakter kepemimpinan berikut untuk terus tumbuh dan berkembang di tempat kerja.

Lebih Lanjut