Karir | Frisian Flag Indonesia
02 Agustus 2019

Hal-Hal Sederhana Dalam Keberagaman

Setiap orang punya cara dan pandangannya masing-masing dalam bekerja dan bersosialisasi, terutama jika kita hidup dalam keberagaman. Seperti negara kita, negara kepulauan yang terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, agama, budaya. Keberagaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa. Karenanya penting bagi kita untuk menghargai keberagaman itu apalagi di lingkungan kerja.


Berikut adalah hal sederhana dalam menghargai keberagaman di lingkungan kerja yang sering luput dari pikiran kita.


Hormatilah cara orang lain berpakaian.

Selera berpakaian adalah hal yang subyektif, jangan terlalu menyamakan perspektif kita dalam berpakaian kepada orang lain, kecuali temanmu sudah melanggar kode etik lingkungan kerja kita.


Jangan mencemooh logat asli orang lain.

Tak jarang kita mendengar teman kita yang mencoba berbahasa inggris namun logat aslinya masih kental terdengar. Walaupun tidak lazim di telinga kita, hargailah dan jangan meniru untuk mengolok-olok logat mereka. Tanpa kita sadari kadang kita juga sering terbawa dengan logat asli kita lho.


Jangan egois dalam memilih makanan.

Saat makan siang, hormatilah selera teman kita dalam memilih makanan, walaupun sepele kadang kita tidak sengaja membuat mereka tidak nyaman dengan memaksakan selera kita kepada mereka.


Dengarkan perspektif mereka sebelum menilai.

Setiap orang punya caranya masing-masing dalam mengutarakan pendapat, namun sebagai pendengar yang baik, kita harus mau untuk menelaah lebih jauh akar pikiran dan perspektif teman kita yang sedang memberikan pendapat.


Itulah beberapa cara sederhana agar lingkungan kerja kita lebih nyaman dengan berbagai latar belakang teman kerja kita yang beragam. Dari hal-hal kecil ini semoga kita dapat saling menghormati dan menghargai perbedaan di lingkungan kerja.


Semoga kita makin nyaman untuk Grow Strong dan Give More di lingkungan kerja kita!

Artikel Lainnya

21 Februari 2018

4 Cara Mudah Jadikan “Sharing” sebagai Kebiasaan Tiap Hari di Kantor

Tahukah Anda, berbagi tidak selalu berwujud materi, tetapi bisa juga lewat hal-hal non-material sesederhana bertanya “Apa yang bisa saya bantu?”. Apalagi di kantor, tempat Anda menghabiskan hampir separuh hari Anda. 

Lebih Lanjut
30 Oktober 2017

Berhenti Berkata “Salah Jurusan”

Sudah bertahun-tahun mengenyam pendidikan di bidang ilmu tertentu, wajar jika Anda ingin bekerja di profesi yang sesuai dengan latar pendidikan Anda. Namun tentu Anda pernah bertemu orang-orang yang bekerja tidak sesuai jurusan kuliah, seperti bankir yang lulusan fakultas sastra atau reporter yang memegang ijazah fisika. Bahkan bisa jadi Anda termasuk salah satunya.

Lebih Lanjut
14 Agustus 2018

Ingin Mempercantik Profil LinkedIn Anda? Lihat Cara Singkatnya

Teknologi digital yang semakin canggih memudahkan kita dalam berbagai hal. Termasuk mengembangkan jejaring profesional. Bagi Anda yang ingin membangun karir, situs LinkedIn bisa memfasilitasi Anda terkoneksi dengan para profesional lain, mempromosikan keahlian secara luas, mendapat berbagai informasi, hingga mencari lowongan kerja. Banyaknya saingan di luar sana membuat Anda harus ‘stand out’ dibanding profil-profil lain yang ada. Jadi apa yang harus Anda lakukan untuk mempercantik profil LinkedIn Anda agar dilirik para perekrut? 

Lebih Lanjut