BERANDA

SUSTAINABILITY

Sehat Sejahtera Selaras

MILKPEDIA

Nutrisi & Kesehatan Manfaat Minum Susu Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu FAQ

RESEP KAMI

Resep dengan Susu Cair Resep dengan Kental Manis Resep dengan Susu Bubuk

AKTIVITAS KAMI

Menangkan Puasamu dengan Frisian Flag Cokelatnya Bikin Semua Nikmat Dunia Zuzhu Games Zuzhu & Zazha Kebaikan Susu 100 Tahun Frisian Flag Professional

PRODUK KAMI

Susu Kental Manis Susu Siap Minum Susu Bubuk Keluarga Susu Ibu dan Balita

PERUSAHAAN KAMI

Tentang Kami Galeri Photo Berita Siaran Pers Business Principles Safety Policy Tujuan Kami

KARIR

Overview Pusat Karir Event Artikel

FITUR KAMI

Massa Tubuh Gizi Harian

8 Rahasia Manfaat Susu Bagi Kesehatan
14 Des 2017

13 Cara Menguruskan Badan yang Sehat, Gak Bikin Tersiksa

Pernah dengar istilah You are what you eat? Ternyata ini bukan sekadar istilah biasa, tapi memang apa yang Anda makan akan mewakili diri Anda sebenarnya. Munculnya istilah ini membuat banyak orang berlomba untuk mencari cara menguruskan badan dengan cara yang justru ‘menyiksa’.

Padahal, diet cepat dan sehat itu tidak perlu membuat diri sendiri menderita, kan? Ada berbagai cara lain yang bisa dilakukan jika Anda ingin mendapatkan berat badan ideal. Pada dasarnya, makanan memang jadi penentu diet cepat dan sehat yang Anda jalani, tapi ada faktor lain yang mempengaruhi kesuksesan diet tersebut lho. 

Anda tidak harus menyiksa diri untuk menjalani diet cepat kurus, cukup pahami dan lakukan beberapa hal berikut ini: 

  1. Pahami defisit kalori

    Ingin diet cepat yang tidak menyiksa? Sebaiknya Anda pahami dulu apa itu defisit kalori. Jadi, defisit kalori adalah pola diet sebagai salah satu cara menguruskan badan dengan fokus utama mengurangi jumlah asupan kalori harian menjadi lebih sedikit.

    Sederhananya, kalori yang Anda konsumsi harus lebih sedikit daripada kalori yang dibuang. Supaya diet cepat kurus yang Anda lakukan tidak terasa berat, Anda harus menghitung kebutuhan kalori harian yang harus dikonsumsi. 

    Melansir laman resmi Livestrong, kebutuhan kalori diet per hari bagi wanita sekitar 1.200 - 1.500 kkal, sedangkan pria sekitar 1.500 - 1.800 kkal. Jumlah ini bisa disesuaikan dengan kondisi dan tingkat aktivitas masing-masing.

  2. Rutin olahraga

    Banyak orang yang ingin diet cepat tanpa olahraga, akhirnya mereka menggunakan obat yang justru bisa memicu dampak buruk bagi kesehatan. Duhhh.. Sebaiknya Anda menghindari hal tersebut, ya!

    Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan diet cepat dengan cara yang lebih sehat, salah satunya lakukan olahraga yang bisa menurunkan berat badan. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda pilih, di antaranya workout, renang, jogging, zumba, aerobik, basket, sepeda, dan olahraga kardio lainnya. 

    Selain bisa menurunkan berat badan, olahraga juga memiliki banyak manfaat lain, seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan mood, membuat tidur lebih nyenyak, dan lain sebagainya. 

    Baca juga: Hati-hati, 4 Hal Ini Bikin Olahraga Pagi Anda Tak Bermanfaat

  3. Hindari atau kurangi makanan cepat saji

    Hayo… Siapa yang ingin diet cepat kurus, tapi masih hobi mengonsumsi makanan cepat saji? Mulai sekarang Anda dianjurkan untuk mengurangi atau bahkan menghindari makanan cepat saji jika ingin mendapatkan berat badan yang ideal. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji justru bisa meningkatkan berat badan dan memicu berbagai penyakit lain. 

  4. Seimbangkan kebutuhan gizi harian

    Daripada mengonsumsi makanan cepat saji, lebih baik Anda mengonsumsi makanan bergizi, yang di dalamnya mengandung protein, serat, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang seimbang. 

    Saat menjalani diet cepat kurus, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti ubi, jagung, oatmeal, gandum, dan lainnya. Untuk protein, Anda bisa mengonsumsi susu rendah lemak, daging sapi dan ayam rendah lemak, telur, dan lain-lain. 

  5. Pilih buah-buahan sebagai camilan

    Buat Anda yang hobi ngemil, tidak perlu khawatir saat sedang menjalani diet cepat. Ini karena Anda bisa menjadikan buah-buahan sebagai camilan sehat. Ada banyak jenis buah untuk diet yang bisa Anda pilih, seperti jeruk, mangga, stroberi, pisang, alpukat, buah naga, dan lain sebagainya. 

    Selain menyegarkan, buah untuk diet ini bisa membuat Anda lebih kenyang dan sehat karena mengandung beragam nutrisi. Buah untuk diet ini umumnya mengandung air, serat, vitamin, dan mineral yang penting bagi tubuh. 

    Kalau Anda bosan mengonsumsi buah yang itu-itu saja, bisa juga lho mengolah buah untuk diet dengan lebih bervariasi. Misalnya, Anda bisa mengolah buah naga dengan tambahan sayuran hijau untuk dijadikan smoothie segar. Praktis, bukan? 

  6. Banyak minum air putih

    Rutin minum air putih mampu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh dan kalau dilakukan sebelum waktu makan, bisa membuat Anda merasa lebih cepat kenyang. Air putih juga bisa mengurangi asupan kalori harian yang Anda konsumsi. 

  7. Tidur yang cukup

    Selain fokus pada pola makan, Anda juga harus mencukupi waktu tidur dan istirahat secara tepat. Kalau Anda kurang tidur, produksi hormon yang berkaitan dengan pengaturan nafsu makan akan terganggu. Akibatnya Anda jadi mudah lapar di malam hari. 

  8. Pilih susu rendah lemak

    Cara menguruskan badan yang tak kalah penting yaitu memilih susu rendah lemak sebagai asupan nutrisi yang bergizi. Yup! Susu rendah lemak cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet cepat namun tetap sehat. 

    Anda bisa memilih susu Frisian Flag Purefarm Low Fat karena mengandung lemak yang rendah, tetapi kaya akan kandungan gizi makro dan gizi mikro, sehingga baik bagi kesehatan tubuh. Selain sebagai “teman” untuk diet cepat, susu Frisian Flag Purefarm Low Fat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, membantu mengontrol tekanan darah, mencegah diabetes, mendukung kesehatan jantung, membantu mengontrol rasa lapar, dan lain sebagainya. 

    Susu Frisian Flag Purefarm Low Fat ini diproduksi dari susu segar yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, serta sumber vitamin (vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, dan D3) dan mineral (kalsium, fosfor, yodium, magnesium, zinc, selenium, natrium). 

  9. Batasi konsumsi gula

    Cara menguruskan badan yang selanjutnya yaitu membatasi konsumsi gula dalam pola makan harianmu. Kelebihan gula di dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak dan menyebabkan berat badan terus naik. Untuk mengatasi kebiasaan ini, Anda bisa mulai dari cara yang sederhana, misalnya dengan mengganti camilan kemasan menjadi buah untuk diet. Keduanya sama-sama memiliki rasa manis, tapi buah-buahan mengandung gula alami yang lebih sehat. 

  10. Cheat day itu wajar

    Konsep ini diperkenalkan oleh Rachel Cosgrove dalam buku Female Body Breakthrough. Selama berdiet, Anda boleh sesekali makan ‘bebas’ di luar menu diet atau splurge meals. Dalam seminggu, Anda bisa splurge meals 2-3 kali, namun dengan porsi yang wajar.

  11. Jalani diet tanpa paksaan

    Tak perlu puasa 3 hari hanya karena Anda lupa dan tanpa sadar menghabiskan sebungkus keripikCukup kembali ke aturan program diet Anda. Jika jumlah kalori yang masuk masih sesuai dengan anjuran kalori harian, tak perlu khawatir.

  12. Tujuan diet tidak hanya soal berat badan

    Mungkin sampai saat ini perubahan berat badan belum tampak, sedangkan Anda merasa sudah mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi. Kalau hal ini terjadi, sebaiknya Anda tidak khawatir berlebihan, ya. 

    Coba perhatikan perubahan positif lain, misalnya kini waktu makan Anda jadi teratur dan tidak makan secara berlebihan. Anda juga jadi terbiasa berolahraga dan dapat mengendalikan rasa lapar dengan tepat. Bukankah hal ini sangat baik bagi kesehatan tubuh? 

  13. Punya “teman seperjuangan”

    Anda akan lebih semangat bila tidak sendirian menjalani program diet. Dengan teman ‘seperjuangan’, Anda akan bisa saling mendukung dan mengingatkan untuk tetap patuh pada aturan diet. 

Itulah beberapa tips diet cepat dan sehat yang bisa Anda lakukan mulai sekarang. Saat menjalani diet, sebaiknya ada beberapa hal yang harus Anda hindari, di antaranya melewatkan sarapan, tidak makan tepat waktu, tidak mau makan padahal lapar, tidak olahraga, dan tidak menjalani pola hidup sehat. Sebaiknya kebiasaan ini Anda hindari agar diet cepat dan sehat yang dijalani berjalan dengan baik. 

Anda harus menjalani diet dengan hati yang senang dan tidak menyiksa diri agar hasil yang diharapkan bisa sesuai. Yang tak kalah penting, Anda juga harus ingat bahwa diet yang sehat itu hasilnya tidak instan, jadi Anda harus menjalani semua prosesnya dengan konsisten dan sabar. 

Pastikan tips diet sehat alami Anda mengandung zat gizi lengkap dan seimbang, salah satunya dari susu Frisian Flag Purefarm Low Fat. Yuk, cari tahu nilai gizi dan manfaat susu Frisian Flag Purefarm Low Fat di sini.

Share This Entrys

Artikel Terkait
Milkpedia

Tips Sehat Praktis untuk Anda yang Tinggal Sendiri

Milkpedia

Kenapa Harus Digali Potensi Si Kecil?

Milkpedia

Ketahui Waktu Terbaik Minum Susu saat Setelah Makan Malam