Benarkah Kandungan Protein Memicu Timbulnya Jerawat?

| 05 Mar 2018

Benarkah Kandungan Protein Memicu Timbulnya Jerawat?

“Jangan kebanyakan makan telur, nanti jerawatan, lho!” Mungkin Anda kerap kali diingatkan atau justru mengingatkan orang lain dengan peringatan seperti ini. Namun benarkah telur, susu, dan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi dapat menyebabkan jerawat?

Jerawat adalah salah satu bentuk peradangan kulit yang terjadi akibat sebum atau minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori kulit. Kondisi ini membuka peluang bagi bakteri untuk berkembang hingga folikel sebasea meradang dan muncullah jerawat. Selain karena wajah yang kotor, makanan juga dianggap sebagai penyebab jerawat dari “dalam”, terutama makanan dengan kandungan protein tertinggi.

Sejauh ini, beberapa penelitian yang pernah dilakukan belum menemukan pengaruh yang signifikan tentang hubungan antara protein dan jerawat. Namun sejumlah penelitian memang menyarankan untuk mengurangi konsumsi protein whey yang biasa ditemukan pada produk susu dari menu diet bila jerawat parah menjadi masalah utama kulit. Ini diduga karena protein whey meningkatkan kadar hormon pertumbuhan insulin like growth factor 1 (IGF-1) dalam tubuh. Selain mempercepat pertumbuhan otot, IGF-1 juga meningkatkan produksi sebum.

Pendapat ini dipertegas oleh Direktur Acne Treatment and Research Center di Morristown, Hilary Baldwin, M.D. yang dilansir dari SELF yang menyebutkan memang belum ada bukti kuat yang menghubungkan protein dengan jerawat. Namun ingat, kulit dan metabolisme setiap individu itu berbeda. Karena itu sebaiknya, Anda melibatkan dokter kulit tepercaya dalam menangani masalah jerawat pada kulit Anda.

Karena itu, tak perlu buru-buru menghilangkan susu dari menu diet harian Anda. Tetap konsumsi susu sesuai kebutuhan harian. Susu Siap Minum Frisian Flag hadir dalam porsi yang tepat dan kemasan praktis yang bisa dinikmati kapan saja. Susu Siap Minum Frisian Flag diproduksi dengan susu segar dan mengandung dengan rangkaian zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan zat gizi mikro (multi vitamin dan mineral) untuk mendukung asupan gizi harian, Susu Siap Minum Frisian Flag tersedia dalam varian rasa Full Cream, Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry), dan Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).

Artikel Terkait