Uniknya Campuran Produk Frisian Flag Dan Nugget Buatan Rumah

| 26 Feb 2019

Uniknya Campuran Produk Frisian Flag Dan Nugget Buatan Rumah

Bosan dengan rasa nugget yang seperti biasanya? Selain daging ayam, padahal nugget bisa dibuat dari bahan-bahan lain agar tidak membosankan misalnya menggunakan tahu, tempe, ikan hingga pisang. Berikut dibawah ini ada berbagai rekomendasi nugget yang mudah dibuat dan cocok dinikmati saat akhir pekan:


a. Nugget tahu

Makanan ringan anak sehat yang bisa dijadikan alternatif makan siang bersama nasi dan sayur. Bahannya adalah 7 buah tahu putih, 7 sdm terigu, 2 butir telur, 1 sdt gula pasir, 1 sdt garam, 1 buah wortel, 1 batang daun bawang, 1 siung bawang putih, 1 buah bawang bombay, Lada dan penyedap rasa. Bahan pelapis 2 butir telur dikocok lepas dan tepung roti secukupnya


Cara membuat:

Siapkan wadah, lalu masukkan tahu, telur, gula garam, lada, garam dan penyedap rasa. Kemudian Iris-iris bawang putih, daun bawang dan bawang bombay. Tumis dengan sedikit minyak goreng sampai harum dan masukkan ke dalam wadah hingga tercampur rata. Masukkan parutan wortel dan tepung terigu. Aduk lagi sampai rata. Kukus adonan dalam loyang selama 15-20 menit. Setelah matang, diamkan sampai dingin dan kemudian potong-potong sesuai selera. Celupkan potongan nugget tahu ke dalam kocokan telur lalu balurkan ke tepung roti. lakukan untuk semua potongan nugget sampai habis.Diamkan sejenak di kulkas setelah itu nugget tahu siap di goreng dan disajikan.


b. Nugget ikan

Nugget ini bisa dibuat dengan menggunakan ikan dori atau ikan tenggiri yang berdaging tebal dan menjadi camilan sehat saat bersantai. Bahan yang perlu disiapkan ialah 200 gr ikan tenggiri, bersihkan dan giling halus, putih telur dari satu butir telur, 50 gr tepung terigu, 1 batang daun bawang, iris kecil-kecil, 1 siung bawang putih, ulek halus, 1/2 sendok teh merica bubuk, 1 sendok teh gula pasir, 1 ¼  sendok teh garam (secukupnya) dan penyedap rasa secukupnya. Bahan pelengkap : 2 butir telur, kocok lepas dalam mangkuk, 50 gr tepung terigu dan 100 gr tepung panir kasar


Cara membuat:

Campur gilingan ikan tenggiri bersama bahan utama lain. Lumat hingga lembut sampai semuanya tercampur rata. Cicipi rasanya, jika kurang sedap bisa menambahkan garam dan bahan penyedap lainnya. Lalu tuang adonan di loyang cetakan kemudian, kukus selama 20 menit atau sekiranya matang. Keluarkan nugget setengah jadi dari loyang, potong-potong dengan bentuk sesuai selera. Balurkan tiap potongan nugget tadi ke dalam bahan pembalut nugget. Panaskan minyak dan gorenglah nugget hingga matang dan berwarna keemasan. Tiriskan kemudian sajikan.


c. Nugget pisang

Makanan kekinian ini bisa Anda buat sendiri ketimbang beli terus menerus. Langkahnya pun mudah dan bahan yang harus disiapkan cukup sederhana yaitu 500 gr pisang kepok, 3 sdm tepung terigu, 2 sdm susu bubuk Frisian Flag Purefarm Full Cream, 2 sdm gula pasir, 1 butir telur yang dikocok lepas, ¼ sdt garam, 50 gr keju parut dan 1 kaleng Susu Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Cokelat. Bahan pelapis yaitu tepung terigu dan tepung panir secukupnya.


Cara membuat:

Hancurkan pisang menggunakan garpu hingga hampir lembut. Tambahkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, garam dan telur lalu aduk rata. Kemudian tambahkan keju, aduk rata. Selanjutnya masukkan ke dalam loyang yang sudah di oles minyak dan di alasi plastik, kukus kurang lebih selama 25 menit atau sampai matang. Angkat, lalu tunggu sampai dingin baru di potong-potong sesuai selera. Selanjutnya celupkan potongan nugget ke dalam adonan tepung terigu dan air, lalu gulingkan ke dalam tepung panir. Ulangi sampai semua adonan habis. Goreng mengunakan api sedang sampai kuning keemasan, angkat lalu tiriskan. Beri topping Susu Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Cokelat.  

Artikel Terkait