Kesehatan Mental Sama Pentingnya Dengan Kesehatan Fisik

| 15 Feb 2018

Kesehatan Mental Sama Pentingnya Dengan Kesehatan Fisik

WHO mendefinisikan bahwa tubuh yang sehat itu adalah sehat secara fisik, mental, dan sosial. Namun menurut data World Federation of Mental Health (WFMH) yang dilansir dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 1 dari 4 orang mengalami masalah kesehatan jiwa setidaknya sekali dalam hidupnya. Selama ini tidak sedikit orang yang fokus menjaga kesehatan tubuh hanya secara fisik saja dan melupakan cara merawat kesehatan mentalnya. Padahal keduanya saling terkait dan sama pentingnya. Mari simak beberapa tips menjaga kesehatan mental sebagai bagian dari menjaga kesehatan tubuh menurut University Health Service:

Tenangkan pikiran

Pahami bahwa hidup tidak selalu berjalan sesuai dengan ekpektasi. Tidak perlu stres. Latih diri untuk fokus mencari solusi ketimbang hanya terpaku pada masalah atau peristiwa buruk. Gunakan waktu senggang Anda untuk meditasi, menikmati alam, atau bermain dengan hewan peliharaan.

Menghargai diri sendiri

Percayalah bahwa setiap individu memiliki keunikan. Tetap sayangi diri Anda meski kadang Anda membuat kesalahan. Jangan lupa luangkan waktu untuk melakukan berbagai kegiatan favorit, baik berkebun, memasak, baca buku, atau belajar bahasa baru. 

Jangan monoton

Cobalah sesuatu yang baru dan  menantang agar Anda terhindar dari rasa jenuh. Misalnya ubah rute jogging Anda, lakukan solo trip, atau kunjungi tempat minum kopi baru.           

Jadi relawan

Selain memunculkan perasaan senang karena dapat berkontribusi dalam membawa perubahan positif, kegiatan seperti ini juga dapat membuat Anda berkenalan dengan banyak orang baru, belajar banyak hal, serta lebih bersyukur.

Bergaul dengan sehat

Lingkungan punya peran penting dalam mendukung usaha Anda menjaga kesehatan tubuh dan mental. Bergaullah dengan mereka yang dapat membantu Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik serta dapat diandalkan dalam berbagi suka dan duka.

Merawat tubuh

Mulai sekarang rutinlah berolahraga, tidur cukup, dan perbanyak konsumsi asupan sehat, seperti sayur, buah, ikan, kacang-kacangan, dan susu.

Konsumsi susu berkualitas dengan meminum Susu Siap Minum Frisian Flag sebagai asupan sehat harian Anda. Dengan rangkaian zat gizi makro (zat gizi penting: protein, karbohidrat dan lemak) dan zat gizi mikro (multi vitamin dan mineral) untuk mendukung asupan gizi harian, Susu Siap Minum Frisian Flag tersedia dalam varian rasa Full Cream, Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry), dan Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).


Jaga kesehatan fisik Kamu dengan diawali Frisian Flag, biar kesehatan mental kamu ikut terjaga. Info lengkap bisa dicek di sini.

Artikel Terkait