Lakukan Ini Agar Tidur Siang Anak Lebih Nyaman!

| 03 Nov 2017

Lakukan Ini Agar Tidur Siang Anak Lebih Nyaman!

Tidur siang adalah salah satu cara menjaga daya tahan tubuh anak. Tidur siang bisa membantu otak beristirahat dan beregenerasi otak, meningkatkan fokus, mempercepat proses pertumbuhan, memerbaiki mood, dan menjaga terus stabilitas kesehatan organ tubuh anak. Dengan beragam manfaat tidur siang, berikut hal-hal yang perlu Anda lakukan agar tidur siang anak berkualitas:

Kenali jam dan durasi tidur siang yang ideal

Perhatikan pola tidur siang anak selama seminggu. Jika anak menunjukkan tanda-tanda mengantuk sekitar pukul 1 siang, maka jam tersebut adalah jam mereka tidur siang. Pastikan waktu tidurnya tidak terlalu sore karena membuat mereka sulit tidur di malam hari. Durasi tidur siang yang ideal berkisar antara 1-2 jam. Anak usia di atas 5 tahun cukup tidur siang sebanyak satu kali, sedangkan anak di bawah usia 5 tahun biasanya membutuhkan setidaknya dua kali waktu tidur siang.

Ciptakan suasana yang nyaman untuk tidur

Berikan “teman tidur” seperti guling, bantal, selimut, hingga boneka untuk anak. Dengan memegang dan memeluk objek-objek tersebut, anak bisa merasa lebih aman ketika tidur. Ketika mereka merasa aman, anak akan tertidur dengan lebih tenang dan kualitas tidurnya pun bertambah. Anda juga bisa memberikan segelas susu hangat sebelum tidur agar anak nyaman.

Jangan gantikan tidur siang dengan tidur malam yang lebih awal

Jika di siang hari anak tidak mau tidur siang dan Anda menggantinya dengan mengajak tidur malam lebih awal, rutinitas tidur mereka bisa berubah. Untuk membuat anak mau tidur siang tepat waktu, gunakan rutinitas yang sama dengan apa yang mereka lakukan sebelum tidur di malam hari. Misalnya jika sebelum tidur malam mereka terbiasa minum susu dan membaca buku cerita, maka lakukan hal yang sama sebelum tidur siang.

Jangan biarkan anak tidur siang terlalu lama

Tidur yang cukup adalah cara menjaga daya tahan tubuh anak. Tapi jika terlalu lama tidur siang, besar kemungkinan malam harinya anak akan susah tidur. Sebaiknya anak sudah bangun dari tidur siang sebelum pukul 16.00.

Optimalkan pertumbuhan si Kecil dengan menyediakan susu siap minum Frisian Flag Kid dalam varian Milky dan Fruity, yang tersedia dalam kemasan kotak dan botol yang higienis, ukuran yang disesuaikan dengan kemampuan minum anak, dan berbagai pilihan rasa yang lezat.


Berikan Frisian Flag Kid dalam varian Milky dan Fruity agar tidur siang anak berkualitas. Info selengkapnya cek di sini!

Artikel Terkait