Bolehkah Memadukan Kopi dan Susu?

| 01 Agu 2018

Bolehkah Memadukan Kopi dan Susu?

Dengan rasanya yang gurih dan lezat, banyak minuman yang menjadikan susu sebagai salah satu bahannya, baik sebagai bahan dasar atau bahan tambahan. Salah satunya adalah kopi susu. Tradisi minum kopi atau teh dengan susu ada di berbagai negara di dunia. Sebut saja kopi tarik, cafe au lait, atau cafe latte. Jika terpisah, masing-masing minuman ini punya manfaat tersendiri. Tapi bagaimana jika digabungkan? Sebenarnya bolehkah kopi dicampur susu dan dikonsumsi sebagai favorit keluarga?


Selain mengandung kafein, kopi juga mengandung tanin. Tanin adalah antioksidan berjenis polifenol yang berfungsi yang mencegah atau menetralisir efek radikal bebas merusak di dalam tubuh. Sedangkan susu mengandung mineral yang kinerjanya akan dipengaruhi oleh tanin, salah satunya zat besi dan kalsium. Tanin akan “mengikat” zat besi sehingga mengganggu proses penyerapannya ke dalam tubuh. Begitu juga dengan kalsium. Mencampurkan susu dengan kopi bisa menurunkan kadar penyerapan kalsium ke dalam tubuh hingga sekitar 10%. Padahal untuk keluarga, susu umumnya dikonsumsi untuk diambil manfaatnya. Terutama kalsium untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang anak dan menjaga kekuatan tulang orang dewasa.


Di sisi lain, kopi juga mengandung antioksidan chlorogenic acid yang bermanfaat sebagai anti-bakteri dan anti-peradangan. Penambahan susu pada kopi bisa mengurangi kadar chlorogenic acid hingga 23%.


Namun jika Anda masih tetap ingin minum kopi susu, perhatikan kondisi tubuh Anda. Jika Anda tidak mengalami keluhan apa pun saat minum kopi dan susu, atau saat mencampur keduanya, Anda tak perlu khawatir mengonsumsi keduanya. Jika Anda ingin menambahkan susu, Anda bisa mencoba kental manis Frisian Flag. Diproduksi dengan teknologi modern, tersedia dalam varian Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold, Susu Kental Manis Lemak Nabati  Frisian Flag Bendera Kental Manis dan Susu Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Cokelat dalam kemasan kaleng, pouch dan kemasan sachet yang praktis dan ekonomis.


Suka minum kopi campur susu? Tambahkan kental manis Frisian Flag biar makin nikmat! Info lengkapnya bisa dicek di sini!

Artikel Terkait