5 Minuman Peningkat Stamina yang Bergizi, Mana Favoritmu?

Banner
| 29 Mar 2022

5 Minuman Peningkat Stamina yang Bergizi, Mana Favoritmu?

5 Minuman Peningkat Stamina yang Bergizi, Mana Favoritmu?

Untuk menjalani aktivitas sehari-hari, tubuh kita membutuhkan stamina yang mencukupi. Selain kondisi tubuh yang bugar, Anda juga membutuhkan energi dari makanan dan minuman peningkat stamina. Ada banyak jenis minuman peningkat stamina yang bisa Anda konsumsi secara rutin, salah satunya adalah susu.

Seperti yang diketahui, susu mengandung berbagai nutrisi penting, baik dari zat gizi makro maupun zat gizi mikro yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Salah satu nutrisi yang bisa mendukung stamina adalah protein dan karbohidrat. 

International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism merilis sebuah penelitian yang melibatkan sembilan orang pesepeda. Masing-masing diberi susu cokelat, minuman pengganti karbohidrat, dan minuman elektrolit. Hasilnya, pesepeda yang mengonsumsi susu cokelat mampu bersepeda lebih jauh 50 persen dan lebih lama daripada yang mengonsumsi minuman pengganti karbohidrat, dan minuman elektrolit. Ini artinya, susu menjadi salah satu minuman peningkat stamina yang sangat penting dan bermanfaat bagi tubuh. 

Baca juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Secara Sederhana

Sayangnya, saat ini banyak pula orang yang justru memilih minuman peningkat stamina yang berbentuk kemasan. Biasanya minuman ini dikenal dengan sebutan minuman berenergi, padahal jika dikonsumsi secara berlebihan, minuman tersebut justru bisa berdampak buruk terhadap kesehatan lho. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memilih minuman peningkat stamina yang alami agar kebugaran tubuh tetap terjaga. 

Yuk, ketahui beberapa rekomendasi minuman peningkat stamina yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

Rekomendasi Minuman Peningkat Stamina yang Alami dan Sehat

Berikut ini beberapa minuman peningkat stamina yang bisa Anda konsumsi sebelum ataupun sesudah olahraga, antara lain:

1. Susu

Seperti yang sudah disebutkan ya, susu bisa menjadi minuman peningkat stamina yang tepat karena mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh. Kandungan protein dan karbohidrat dalam susu bisa mengembalikan energi tubuh yang keluar. 

Itulah sebabnya, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa susu sangat cocok dikonsumsi di pagi hari, yaitu sebelum Anda beraktivitas maupun sebelum tidur di malam hari. 

Karena terbukti sebagai minuman peningkat stamina, susu sangat cocok dikonsumsi sebelum maupun sesudah olahraga, Anda bisa menyesuaikannya dengan selera dan kebutuhan masing-masing. 

Mungkin Anda juga bertanya-tanya, bagaimana cara menyeimbangkan asupan makanan dan susu sebelum berolahraga? Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat 1 atau 2 jam sebelum berolahraga, lalu minum susu sekitar 30 menit setelah makan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan stamina yang cukup. 

Lantas, susu seperti apa yang cocok dijadikan minuman peningkat stamina sebelum olahraga? Anda bisa memilih susu Frisian Flag Purefarm Full Cream karena mengandung nutrisi penting untuk menambah energi.

Baca juga: Lawan Dehidrasi dengan 4 Cara Jitu Ini!

2. Smoothie hijau

Selain susu, Anda juga bisa membuat smoothie hijau sebagai minuman peningkat stamina yang alami dan menyehatkan. Melansir laman resmi Reader Digest, smoothie hijau bermanfaat untuk menambah energi sekaligus mencukupi kebutuhan antioksidan dalam tubuh. 

Antioksidan yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran hijau berperan penting untuk membantu membersihkan racun dalam tubuh. Karena itulah, smoothie hijau ini tidak hanya sebagai minuman peningkat stamina, tapi juga sebagai minuman detoksifikasi. 

Cukup mudah untuk membuat smoothie hijau sendiri, Anda membutuhkan beberapa bahan berikut ini:

  • 1 genggam bayam
  • Setengah potong lemon, kupas kulitnya
  • 2,5 cm jahe
  • Setengah potong mentimun, kupas kulitnya
  • 1 genggam daun ketumbar
  • 1 jumput peterseli
  • 1 cangkir air kelapa
  • 1/2 cangkir susu Frisian Flag Purefarm Coconut Delight
  • Es batu secukupnya 

Setelah semua bahan di atas bersih, Anda perlu mencampurkannya menggunakan blender. Sajikan ke dalam gelas. Minuman peningkat stamina pun sudah bisa Anda nikmati. Mudah, bukan? 

3. Smoothie pisang dan apel

Ingin coba minuman peningkat stamina lainnya? Anda bisa juga lho membuat smoothie yang berbahan dasar pisang dan apel. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi karena smoothie ini akan memunculkan rasa manis alami dari buah-buahan yang dipilih. 

Kombinasi pisang dan apel mengandung gula alami yang memberikan energi tambahan bagi tubuh. Selain kaya vitamin, apel dan pisang juga kaya antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. 

Caranya juga cukup mudah kok, Anda bisa mencampurkan semua bahan dan blender sampai halus. Berikut ini beberapa bahan yang dibutuhkan:

Voila! Smoothie pisang apel pun sudah bisa Anda nikmati dengan kesegaran dan kelezatan yang menggugah selera. 

4. Smoothie ubi jalar

Seperti yang diketahui ya, stamina bisa didapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat, salah satunya ubi jalar. Itulah sebabnya, Anda bisa minum smoothie ubi jalar sebagai salah satu minuman peningkat stamina yang bergizi.

Selain karbohidrat, ubi jalar juga mengandung protein, serta, serta berbagai vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Cara membuat minuman peningkat stamina ini cukup mudah, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan di bawah ini dan mencampurkannya menggunakan blender. Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Setengah potong ubi jalar yang sudah dikukus
  • 2 sdm yoghurt tanpa rasa
  • 250 ml susu Frisian Flag Purefarm Full Cream
  • Setengah potong pisang 
  • 1 sdt biji chia 
  • Es batu secukupnya

Supaya minuman peningkat stamina ini lebih segar, Anda bisa menambahkan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis, serta sedikit madu. 

Itulah beberapa minuman peningkat stamina yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Cukup mudah kan untuk membuat minuman-minuman tersebut? Apapun jenis minumannya, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan berkualitas agar kandungan nutrisinya tetap terjaga dan rasanya pasti menggugah selera.

Anda juga bisa mengonsumsi minuman peningkat stamina sesuai selera, baik sebelum atau sesudah olahraga. Olahraga dan stamina memang tak bisa dilepaskan. Olahraga akan melatih paru-paru dan pernafasan agar sirkulasinya tetap lancar, menguatkan jantung, dan meningkatkan pasokan oksigen ke otot. 

Baca juga: Cara Unik Menjaga Kesehatan Tubuh

Tak heran jika Anda merasa stamina dan daya tahan tubuh Anda semakin meningkat dan tak mudah capek setelah rutin berolahraga. Untuk menjaga stamina orang dewasa, dianjurkan berolahraga dengan latihan kardiovaskular tingkat sedang minimal 150 menit seminggu. Anda bisa mencoba jogging, aerobik, menari, bersepeda, senam, atau olahraga kardiovaskular tingkat sedang lain yang melibatkan seluruh badan.

Dapatkan manfaat optimal berolahraga dengan stamina terjaga. Lengkapi asupan energi sebelum olahraga dengan susu Frisian Flag Purefarm Full Cream yang diproduksi dari susu segar dengan kandungan zat gizi protein, karbohidrat, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Susu ini cocok diminum kapan saja untuk menambah stamina dan energi saat memulai aktivitas sehari-hari.

Susu Frisian Flag Purefarm Full Cream tersedia dalam varian rasa, mulai dari full cream, Frisian Flag Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry), serta Frisian Flag Purefarm Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).

Artikel Terkait