Kunci Menjaga Stamina Sebelum Berolahraga

| 20 Okt 2017

Kunci Menjaga Stamina Sebelum Berolahraga

Anda sering mendengar kata “stamina”, namun apakah Anda tahu artinya? Stamina adalah kekuatan atau energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas dalam jangka waktu tertentu dan berkaitan erat dengan pengerahan tenaga, tak hanya fisik tapi juga mental. Untuk menjaga stamina, selain kondisi tubuh yang bugar, dibutuhkan juga makanan dan minuman pendukung, salah satunya susu sebagai penambah stamina.

Selain minum susu sebagai penambah stamina, para pakar olahraga juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung karbohidrat agar dapat dikonversi oleh tubuh menjadi energi. International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism merilis sebuah penelitian yang melibatkan sembilan orang pesepeda. Masing-masing diberi susu cokelat, minuman pengganti karbohidrat, dan minuman elektrolit. Hasilnya, pesepeda yang mengonsumsi susu cokelat mampu bersepeda lebih jauh 50 persen dan lebih lama daripada yang mengonsumsi minuman pengganti karbohidrat, dan minuman elektrolit.

Namun kapan sebaiknya mengonsumsi susu sebagai penambah stamina sebelum berolahraga? Anda sebaiknya mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat 1 atau 2 jam sebelum berolahraga, dan minum susu sebagai penambah stamina 30 menit setelah makan agar bisa berolahraga dengan nyaman dan stamina tetap prima.

Olahraga dan stamina memang tak bisa dilepaskan. Olahraga akan melatih paru-paru dan pernafasan agar sirkulasinya tetap lancar, menguatkan jantung, dan meningkatkan pasokan oksigen ke otot. Tak heran jika Anda merasa stamina dan daya tahan tubuh Anda semakin meningkat dan tak mudah capek setelah rutin berolahraga. Untuk menjaga stamina orang dewasa, dianjurkan berolahraga dengan latihan kardiovaskular tingkat sedang minimal 150 menit seminggu. Anda bisa mencoba jogging, aerobik, menari, bersepeda, senam, atau olahraga kardiovaskular tingkat sedang lain yang melibatkan seluruh badan.

Dapatkan manfaat optimal berolahraga dengan stamina terjaga. Lengkapi asupan energi sebelum olahraga dengan Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm yang diproduksi dari susu segar dengan kandungan zat gizi protein, karbohidrat dan lemak, vitamin, dan mineral. Tersedia dalam kemasan ukuran 225 ml dan 900 ml, Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm tersedia dalam varian rasa Full Cream, Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry) dan Purefarm Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).

Artikel Terkait