Facebook Pixel

Resep Bandrek Asli yang Praktis untuk Hangatkan Tubuh

Banner
| 27 Okt 2021

Resep Bandrek Asli yang Praktis untuk Hangatkan Tubuh

Resep Bandrek Asli yang Praktis untuk Hangatkan Tubuh

Memasuki musim hujan, minuman hangat kerap kali jadi andalan untuk memberikan suasana nyaman untuk relaksasi di rumah. Salah satu resep minuman hangat yang jadi favorit ketika musim hujan datang adalah resep bandrek asli. Resep bandrek asli ini sering kali disamakan dengan wedang jahe. Meskipun memiliki bahan dasar yang sama, namun ada perbedaan cukup signifikan dari resep bandrek asli dan wedang jahe.

Secara umum, resep bandrek asli ini merupakan salah satu variasi dari wedang jahe atau minuman yang berbahan dasar jahe. Namun, resep bandrek asli ini biasa ditemukan di kawasan Jawa Barat. Dalam racikan resep bandrek asli ini, selain jahe, Anda juga akan menemukan berbagai macam rempah, seperti kayu manis, cengkeh, gula merah, hingga merica merica untuk bisa memberikan sensasi hangat saat diminum. Selain itu, biasanya resep bandrek asli juga menggunakan pandan untuk membuat aroma minuman jadi harum dan menghadirkan cita rasa yang legit di lidah.

Bahan-bahan membuat bandrek

Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, Anda bisa membuat resep bandrek asli di rumah dengan mudah dan praktis. Sehingga, Anda bisa menikmati hangatnya minuman khas Indonesia ini kapan saja ketika musim hujan datang. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan. 

Bahan:

  • 500 ml air 
  • 80 gr jahe
  • 75 gr gula merah
  • 2 sdm gula pasir 
  • 4 butir cengkeh
  • 1 batang kayu manis
  • 2 lembar daun pandan
  • Garam secukupnya

Cara membuat bandrek

Berdasarkan bahan-bahan di atas, resep bandrek asli satu ini akan menghasilkan warna yang jernih. Pasalnya, bandrek juga punya varian resep lainnya seperti menambahkan kental manis yang membuat rasanya jadi jauh lebih lembut. Namun, sebelum mencari variasi resep bandrek asli lainnya, berikut adalah cara membuat bandrek yang perlu Anda ikuti di rumah.

  1. Untuk mengolah resep bandrek asli, pertama-tama Anda perlu bakar jahe di atas api kompor terlebih dahulu. Proses membakar jahe ini akan membantu bahan ini untuk mengeluarkan aroma dan cita rasa yang khas. Setelah sudah berwarna coklat sedikit, memarkan dan kupas kulit jahe hingga bersih
  2. Selanjutnya, siapkan panci berisi air dan masukan bahan-bahan seperti jahe, gula pasir, gula merah yang sudah diiris tipis, cengkeh, kayu manis, dan juga daun pandan yang diikat.
  3. Masak di atas api kecil hingga mendidih dan warna air berubah jadi kecokelatan. Pastikan sebelum api dimatikan aroma rempah sudah tercium sedap
  4. Setelah mendidih, angkat dan saring air resep bandrek asli. Jika masih kurang jernih, ulangi proses menyaring hingga 2 kali
  5. Setelah itu, olahan resep bandrek asli siap dihidangkan selagi hangat

Variasi minuman hangat khas Indonesia

Sebagaimana yang sudah diinformasikan di atas, resep bandrek asli juga punya beberapa variasi. Variasi dari resep bandrek asli ini biasanya datang dari penambahan bahan-bahannya untuk menghadirkan cita rasa yang unik dan khas. Di Indonesia sendiri, selain resep bandrek asli, minuman hangat merupakan salah satu jenis kuliner yang cukup populer dan mudah ditemukan di mana saja. Berikut beberapa rekomendasi variasi resep bandrek asli dan juga minuman hangat lainnya yang juga bisa Anda coba olah di rumah. 

Bandrek susu

Meskipun sekilas terbilang mirip, Anda jangan keliru menyebut bandrek susu dengan bajigur. Pasalnya, kedua hal tersebut merupakan dua jenis minuman dengan proses pembuatan yang berbeda. Bandrek susu merupakan salah satu variasi yang berasal dari resep bandrek asli. Dalam bahan pembuatannya, resep bandrek susu menggunakan kental manis, seperti Krimer Kental Manis Frisian Flag Bendera Rasa Susu Jahe. Menambahkan Krimer Kental Manis Frisian Flag Bendera Rasa Susu Jahe ke dalam bahan resep bandrek asli membuat minuman hangat khas Indonesia ini punya karakteristik yang lebih lembut di tenggorokan untuk bisa diminum oleh segala umur. Selain itu, Krimer Kental Manis Frisian Flag Bendera Rasa Susu Jahe juga bisa menambah aroma resep bandrek susu jadi lebih sedap.

Bajigur

Selain bandrek, minuman hangat khas Jawa Barat lainnya yang cocok untuk dihidangkan di kala musim hujan adalah bajigur. Minuman ini diolah berasal dari dari air rebusan jahe, gula merah, daun pandan, dan sedikit garam. Satu hal yang membuat bajigur berbeda dari bandrek adalah penggunaan santan encer. Selain itu, dalam satu porsi bajigur juga disajikan dengan potongan kolang kaling yang diiris tipis. Tidak hanya membuat badan jadi hangat, minuman berbahan dasar jahe ini juga bisa membuat Anda merasa kenyang. Agar aroma jahe lebih kuat terasa dan memiliki karakteristik yang lembut, Anda juga bisa menambahkan Krimer Kental Manis Frisian Flag Bendera Rasa Susu Jahe dalam resep praktis bajigur untuk Anda coba di rumah.

Wedang jahe kopi susu

Bagi pecinta kopi, Anda juga tetap bisa menikmati cita rasa hangat dari minuman jahe dengan membuat wedang jahe kopi susu. Proses pembuatannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan air rebusan jahe yang dicampur dengan gula jawa. Air rebusan jahe tersebut nantinya Anda seduh ke dalam bubuk kopi favorit yang sudah disiapkan di dalam cangkir Anda. untuk melengkapi wedang jahe kopi susu, jangan lupa juga untuk tambahkan Krimer Kental Manis Frisian Flag Bendera Rasa Susu Jahe sesuai selera. 

Selain untuk menambah aroma jahe yang kuat di rekomendasi minuman di atas, Anda juga bisa langsung menyeduh Krimer Kental Manis Frisian Flag Bendera Rasa Susu Jahe untuk membuat susu jahe yang praktis di rumah. Krimer Kental Manis Frisian Flag Bendera Rasa Susu Jahe mengandung ekstrak jahe asli yang membuat aroma susu jahe dan hidangan hangat lainnya jadi khas dan menghangatkan. Temukan info lengkapnya di sini.

Artikel Terkait