Susu, Variasi Menu Seru di Bulan Puasa

| 21 Jul 2017

Susu, Variasi Menu Seru di Bulan Puasa

Ada banyak ide hidangan untuk bulan puasa. Akan lebih baik lagi jika selain lezat, hidangan-hidangan ini juga bernutrisi. Salah satu bahan yang bergizi dan mudah dibuat variasi adalah susu. Karena itu, semarakkan meja makan keluarga Anda dengan menu-menu menarik berikut yang menggunakan susu!

  1. Es Jagung Pontianak

Segarnya menyantap hidangan manis seperti es jagung saat berbuka setelah seharian berpuasa! Untuk menikmatinya minuman asal Kalimantan Barat ini pun Anda tidak perlu repot berkeliling untuk membelinya karena mudah dibuat sendiri di rumah. Anda hanya perlu 150 gram jagung manis muda rebus yang sudah dipipil. Untuk sirupnya, siapkan 500 ml air, 250 gram gula pasir, dan 2 lembar daun pandan. Sebagai pelengkap, yang Anda butuhkan adalah 100 ml susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold, 100 gram nata de coco, dan es serut secukupnya. Untuk membuatnya, mulailah dari sirup. Masak semua bahan yang telah disiapkan untuk sirup hingga gulanya larut. Saring dan dinginkan. Selanjutnya, dalam gelas hidang atur es serut, nata de coco, jagung manis rebus, dan sirup. Siram dengan susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold. Es Jagung Pontianak pun siap disajikan.

  1. Milk Tea

Cara membuatnya sangat mudah! Siapkan 185 ml air, 1 hingga 2 sendok teh bubuk (teh tubruk), 125 ml susu putih cair atau 3 sendok makan susu kental manis, dan madu secukupnya. Larutkan teh dalam air mendidih dan diamkan selama 3 hingga 5 menit. Kemudian, tuangkan susu ke dalam larutan teh secara perlahan, aduk rata setiap kali dituang. Sebelum diminum, saring dulu larutan teh susu hingga bersih dari ampas. Jika Anda suka rasa yang lebih manis, tambahkanlah madu. Selain nikmat disajikan panas, milk tea juga lezat diminum dingin dengan es batu.

  1. Pisang Owol

Saat berpuasa, kadar gula dalam darah menurun. Karena itulah Anda dianjurkan untuk berbuka puasa dengan hidangan manis agar gula darah kembali normal. Makanan manis yang sehat bisa didapat dari buah pisang dan susu, atau kombinasi keduanya seperti pisang owol yang merupakan masakan khas Jawa Tengah. Bahannya adalah 6 buah pisang raja, 2 sendok makan mentega, 50 gram meses cokelat, 50 gram keju cheddar parut, dan 100 ml Susu Kental Manis Frisian Flag Cokelat. Setelah semua siap, panaskan mentega di atas wajan dan masukkan pisang yang sudah dipipihkan hingga berwarna kecokelatan. Angkat dan sajikan di atas piring. Tuangkan Susu Kental Manis dan taburkan keju dan meses. Nikmatnya pisang dengan susu akan semakin terasa saat menyantapnya bersama keluarga tercinta.

  1. Kopi Rarobang Frisian Flag

Susu memang lezat dan cocok dipadukan dengan berbagai rasa, seperti teh, kopi, atau cokelat. Apalagi tanah air kita memiliki banyak rempah-rempah yang cocok untuk dipadukan dengan susu. Salah satunya adalah kopi dari Maluku. Oleh masyarakat setempat, kopi ini dimasak bersama rempah-rempah lain hingga menjadi minuman yang diberi nama Kopi Rarobang. Membuatnya pun tidak sulit. Siapkan 750 ml air, 3 sendok makan kopi bubuk hitam, 50 gram jahe yang dimemarkan, 1 batang kayu manis, 3 butir cengkeh, 1 lembar daun pandan, 75 gram gula pasir, 100 gram kenari sangria yang dicincang kasar, dan 150 ml Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Full Cream. Campurkan semua bahan kecuali susu kental manis dan kenari cincang, lalu rebus hingga mendidih dan air menyusut. Angkat air rebusan, saring, dan aduk rata dengan susu kental manis. Taburkan kenari cincang di atasnya dan sajikan selagi panas.

  1. Apple Milk Tea

Blender potongan apel, gula secukupnya, 150 ml susu cair putih, seduhan teh tubruk, dan es batu sampai semuanya rata dan halus. Rasakan sensasi kesegaran kombinasi susu, teh, dan buah apel bersama keluarga saat momen berbuka puasa. Setelah berpuasa seharian, menu-menu ini akan menyegarkan kerongkongan dan mengembalikan energi berkat kandungan nutrisi dari susu. Temukan lebih banyak lagi resep lezat bernutrisi dalam 34 Resep Takjil Nusantara persembahan Frisian Flag Indonesia di sini. Ingat kunci sehatnya berpuasa, awali dengan nutrisi, akhiri dengan manis.

Artikel Terkait