Bagaimana Aturan Minum Susu Setelah Olahraga?

| 27 Agu 2018

Bagaimana Aturan Minum Susu Setelah Olahraga?

Usai menyelesaikan latihan fisik di pagi hari, tubuh Anda tentu butuh pemulihan seperti pengembalian energi, pemulihan otot, dan penggantian cairan tubuh. Ini pun menjadi alasan kuat, mengapa Anda perlu mengonsumsi asupan bergizi setelah berolahraga. Apakah manfaat minum susu di pagi hari bisa menjadi salah satu solusinya?

Melansir livestrong.com dalam artikel “Why Drink Chocolate Milk After Workout” (2017), susu cokelat makin menjadi kudapan favorit setelah berolahraga. Bahkan riset yang membandingkan efek minum susu cokelat dan efek minum bubuk protein pasca olahraga juga kerap bermunculan.

Dibanding air mineral dan minuman olahraga lainnya, susu cokelat terbukti lebih unggul. Dalam fitnessmagazine.com, Director of the Human Performance laboratory di Indiana University, Joel Stager menggambarkan susu sebagai air dengan kandungan ekstra. Bukan hanya karena kandungan karbohidrat dan protein yang mampu mengembalikan energi, dalam susu terdapat pula kalsium, fosfor dan vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, manfaat susu yang bisa Anda rasakan setelah berolahraga adalah pemulihan otot. Minum air putih hanya bisa menggantikan keringat, tapi tidak dengan susu cokelat. Dalam jurnal Annuals of Nutrition and Metabolism menyebutkan zat kasein pada susu bermanfaat untuk menambah kekuatan otot, terutama pada bagian kaki, dada, bahu. Dalam dunia olahraga sendiri, susu dikenal sebagai nutrisi peningkat massa otot. Sekali lagi ini berkat kandungan protein, karbohidrat, serta elektrolit di dalamnya. Nutritionist olahraga Christine Rosenbloom, PhD, RD, dan Nancy Clark, RD pun merekomendasikan untuk meminum susu coklat usai olahraga berat untuk memperbaiki jaringan otot yang hilang.

Selanjutnya, memulihkan diri pasca berolahraga juga berarti mengganti cairan tubuh yang keluar bersama keringat atau rehidrasi. Dalam Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, menyebutkan susu bantu mengembalikan cairan tubuh yang terkuras. Kandungan sodium, karbohidrat, serta protein yang terdapat dalam susu mendukung proses pemulihan tubuh dari dehidrasi setelah aktif berolahraga. Susu pun dianggap lebih baik sebagai recovery snack ketimbang minuman berenergi lain yang kerap mengandung gula berlebih.

Minumlah susu cokelat pada masa pemulihan minimal 20 menit setelah latihan fisik bersama Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Low Fat Chocolate yang lezat dan praktis. Berasal dari susu segar pilihan, Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm mengandung zat gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak) dan zat gizi mikro (multivitamin dan multimineral). Teredia pula dalam varian rasa Frisian Flag Purefarm Full Cream, Frisian Flag Purefarm Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry) dan Frisian Flag Purefarm Low Fat (French Vanilla, Strawberry, Plain).

Artikel Terkait