Facebook Pixel

Resep Es Oyen dan Es Tradisional dengan Susu Kental Manis

Banner
| 13 Apr 2021

Resep Es Oyen dan Es Tradisional dengan Susu Kental Manis

Resep Es Oyen dan Es Tradisional dengan Susu Kental Manis

Susu kental manis atau yang lebih dikenal dengan singkatan SKM, menjadi salah satu bahan makanan yang banyak digunakan pada minuman-minuman tradisional Indonesia termasuk es oyen. Penambahan susu kental manis ini bertujuan untuk menambah cita rasa manis yang legit pada minuman. Coba saja kamu perhatikan, beberapa minuman tradisional Indonesia yang menggunakan susu kental manis pasti terasa lebih enak disantap. Kamu bisa memilih susu kental manis nikmat dari Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Kental Manis dengan kemasan Pouch 560 gram. SKM pouch 560 gram dari Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Kental Manis ini tak hanya nikmat rasanya, tapi juga mudah dituang, dan praktis penyimpanannya.

Kental manis nikmat dengan kemasan pouch 560 gram dari Frisian Flag ini memang sangat mudah dituang karena sudah dilengkapi dengan tutup baru sehingga mudah dibuka-tutup. Setelah kamu selesai menggunakannya, tinggal tutup saja penutupnya dengan kencang, setelah itu disimpan kembali. Kamu bisa menyimpannya di kulkas atau lemari penyimpanan biasa karena susu kental manis pouch ini aman disimpan di suhu ruangan.

Aneka Es Tradisional yang Lebih Lezat dengan SKM Nikmat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, susu kental manis nikmat dari Bendera Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag kemasan 560 gram memang bisa membuat cita rasa minuman tradisional, terutama es tradisional jadi lebih lezat. Lantas ada es tradisional apa saja yang jadi tambah lezat jika ditambahkan susu kental manis pouch? Coba langsung saja kita lihat bersama!

1. Es Pisang Ijo dari Makassar

Pertama ada es pisang ijo yang asalnya dari Makassar. Sesuai dengan namanya, es pisang ijo ini menggunakan bahan dasar pisang. Pisang yang digunakan kebanyakan adalah jenis pisang raja atau pisang uli. Pisang yang sudah dikupas kemudian dibalut dengan adonan tepung terigu, tepung beras, dan gula pasir lalu dikukus hingga matang. Cara penyajian es pisang ijo ini sangat mudah. Kamu tinggal memotong-motong pisang ijo, lalu tata di atas mangkuk dan beri santan, sirup pisang ambon yang warnanya merah, es batu, dan pastinya susu kental manis nikmat. Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Kental Manis yang ditambahkan pada es pisang ijo ini bisa menambah rasa manisnya serta menjadikan cita rasa kuahnya jadi lebih legit.

2. Es Doger dari Cirebon

Es doger dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu kuliner kaki lima alias street food karena bisa dengan mudah dijumpai di pinggir jalan. Es doger memang dijual dalam gerobak keliling yang biasa mangkal di trotoar jalanan. Meski asalnya dari Cirebon, Jawa Barat, tapi keberadaan es doger ini bisa dengan mudah kamu jumpai di beberapa kota yang ada di Indonesia, termasuk area Jakarta dan sekitarnya. Es doger dibuat dari campuran bahan santan dan kelapa muda yang diserut, dan gula pasir. Semua bahan tersebut diaduk menjadi satu dan didinginkan hingga berbentuk es. Untuk penyajiannya, es doger disajikan bersama dengan tape singkong, ketan hitam kukus, pacar cina matang, sirup merah, dan pastinya dengan tambahan susu kental manis nikmat dari Susu Bendera Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag.

3. Es Teler dari Sukoharjo

Berikutnya ada es tradisional yang sangat terkenal di berbagai daerah Indonesia. Es teler memang bisa dengan mudah dijumpai keberadaannya karena sangat populer. Es ini aslinya berasal dari daerah Sukoharjo, Jawa Tengah. Es teler dibuat dari campuran beberapa bahan seperti alpukat, kelapa muda, dan nangka yang diberi es serut lalu ditambahkan sedikit santan dan Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Kental Manis. Citarasanya sudah pasti manis dan legit.

4. Resep Es Oyen dari Bandung 

Sekilas pasti kamu akan mengenali resep es oyen sebagai es teler. Padahal keduanya ini berbeda loh. Resep oyen berasal dari Bandung, Jawa Barat dan es ini menggunakan bahan yang lebih banyak dan bervariasi dari es teler, karena dibuat dari campuran alpukat, nangka, kelapa muda, pacar cina merah muda, melon, agar-agar, sirup merah, es serut, dan pastinya susu kental manis. Kamu bisa menggunakan susu kental manis praktis dari Bendera Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag kemasan Pouch 560 gram yang mudah dituang dan disimpan.

Hal lain yang menjadi dasar perbedaan resep es oyen dan es teler adalah awal mula penyebutan keduanya. Dihimpun dari berbagai sumber, resep es oyen dan es teler memiliki sejarah masing-masing. Keduanya berawal dari menu es campur yang diinovasi, lalu terciptalah rasa baru.

Disebutkan bahwa resep es oyen adalah salah satu menu es campur andalan salah satu warung di Bandung. Semakin terkenalnya resep es oyen, es oyen pun semakin diminati di berbagai daerah. Dengan beragam variasi bahan membuat resep es oyen semakin terasa lengkap dan nikmat.

Meski bahan-bahan yang digunakan sedikit berbeda, cara pembuatan es teler atau resep es oyen ini tak jauh berbeda. Untuk langkah membuat resep es oyen, potong lebih dulu buah alpukat, nangka, kelapa muda, melon, dan agar-agar sesuai ukuran yang diinginkan.Rebus pacar China atau sagu mutiara hingga empuk.

Setelah itu rebus pacar China atau sagu mutiara hingga empuk dan campurkan air dan gula, rebus hingga mendidih. Kemudian diamkan hingga dingin. Siapkan gelas saji. Masukkan potongan buah, agar-agar, dan pacar China yang sudah direbus. Tuang air gula, sirup, dan susu kental manis di dalam gelas saji. Terakhir, masukkan es batu agar resep es oyen dapat disantap selagi dingin.

Salah satu bahan tambahan lain yang bisa dimasukkan ke dalam resep es oyen adalah buah durian. Buah durian yang terkenal akan aromanya yang wangi khas, manis dan tekstur buahnya yang lembut sungguh lumer di mulut. Sangat pas dipadukan dengan resep es oyen yang segar.

Semakin bervariasinya resep es oyen, ada pula rekomendasi resep es oyen lain yaitu stup roti tawar es oyen. Resep es oyen satu ini memerlukan bahan-bahan seperti 6-8 lembar roti tawar, 200 gr buah alpukat, 6 buah nangka, kelapa muda, Susu Kental Manis, air, gula pasir, susu cair, garam, dan tepung maizena.

Setelah semua bahan siap, siapkan lebih dahulu sausnya dengan cara masukkan 100 ml air ke dalam panci, kemudian tambahkan 2 sdm tepung maizena, aduk rata kemudian tambahkan susu bubuk, Susu Kental Manis Frisian Flag, lalu aduk merata.

Masak adonan saus ini hingga mendidih. Langkah terakhir yaitu penyajian adalah siapkan gelas plastik, tata roti tawar di dasar gelas,beri potongan buah naga, mutiara,dan kelapa muda kw,tumpuk lagi dengan roti tawar,beri saus lumer,beri potongan buah naga, mutiara,kelapa muda kw,begitu seterusnya dan terakhir beri buah naga, kelapa muda. Stup roti tawar es oyen siap dinikmati.

5. Es Nona dari Pontianak

Terakhir ada es nona yang asalnya dari Pontianak. Es tradisional ini sangat legendaris dan terkenal akan cita rasa uniknya. Es nona dibuat dari campuran bahan-bahan seperti manisan pepaya, kacang merah, tape singkong, pacar cina atau sagu mutiara, nangka, cincau, sirup cocopandan, dan pastinya susu kental manis. Penambahan Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Kental Manis sebagai sentuhan terakhir sebelum disajikan ini memang bisa membuat cita rasa es nona jadi semakin lebih lezat. 

Buat kamu yang ingin membuat salah satu es tradisional di atas, lebih baik gunakan saja SKM pouch yang mudah dituang dan disimpan. Apalagi kalau kamu akan membuat es tradisional tersebut dalam jumlah yang banyak untuk disajikan kepada keluarga tercinta atau teman-teman. Dengan menggunakan susu kental manis pouch, kamu juga bisa lebih mudah dalam menuangnya saat membuat es tradisional tersebut sehingga tak perlu bantuan orang lain.

Dilihat dari isinya, resep es oyen dan es campur hampir tidak ada bedanya. Kamu bisa membedakan dua jenis hidangan ini melalui warnanya. Resep es oyen cenderung berwarna merah muda, sedangkan es teler atau es campur berwarna putih. Selain itu, kamu juga bisa memodifikasi resep es oyen dengan menambahkan beberapa bahan ke dalamnya. Resep es oyen juga akan lebih nikmat jika kamu menggunakan susu kental manis di dalam satu bahannya.

Selain kemasan Pouch 560 gram, Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Kental Manis juga punya kemasan dengan ukuran yang berbeda-beda. Mulai dari kemasan 40 gram, 200 gram, 370 gram, sampai 490 gram. Ingin tahu di mana bisa membeli Frisian Flag Bendera Kental Manis Pouch 560 gram? Cek langsung di sini!

Artikel Terkait