Karir | Frisian Flag Indonesia
15 Desember 2017

Manajemen Energi: Kunci Sukses Jalani Hari

Pernah merasa "membuat to-do list" jadi to-do list tersendiri? Atau merasa meluangkan waktu mengatur jadwal malah membuat pekerjaan keteteran? Jika Anda mulai merasa tenggelam dalam tumpukan sticky notes dan notifikasi, mungkin bukan time management yang Anda butuhkan. Anda butuh energy management. Cari tahu apa itu manajemen energi, bagaimana menerapkannya di keseharian, dan tingkatkan produktivitas Anda.


1.Berikan energi pada orang lain

Rob Cross dan Andrew Parker dalam bukunya The Power of Full Engagement: Managing Energy, Not Time, Is the Key to High Performance and Personal Renewal, mengemukakan bahwa orang yang memberikan energi pada orang lain sebenarnya adalah orang-orang dengan kinerja tinggi. Pada saat seseorang memberikan energinya kepada orang lain, dia secara otomatis membuat dirinya menjadi lebih didengarkan dan diperhatikan oleh orang lain. Jika pekerjaan Anda membutuhkan kolaborasi dengan berbagai stakeholders, lebih diperhatikan dan didengarkan oleh orang lain berarti membuat pekerjaan Anda lebih cepat selesai, bukan? 

 

2.Kenali pekerjaan Anda

Pekerjaan bisa diibaratkan sebagai lomba lari. Terkadang ada pekerjaan mendadak yang harus segera diselesaikan, ada pekerjaan yang menuntut perencanaan detil dan berjalan dalam jangka panjang. Biasanya kita berusaha mengerjakan semuanya dengan cepat tanpa meneliti terlebih dahulu perlombaan macam apa yang kita ikuti, apakah sprint atau lari maraton. Cobalah lakukan analisa, kenali “kompetisi” yang sedang Anda ikuti, buatlah perencanaan skala kecil yang realistis untuk meraih target. Lakukan tahap demi tahap secara berurutan sehingga Anda bisa mengatur penggunaan energi Anda untuk menyelesaikan “perlombaan”.

 

3.Jangan lupa bersantai

Sangat penting mengenali serta mengatur dunia Anda dengan cara Anda. Meski Anda tak bisa hanya mengerjakan pekerjaan yang Anda suka saja, jangan buang energi dengan menggerutu karena mendapat giliran menangani klien yang tidak menyenangkan. Kembalikan segera energi Anda dengan melakukan kegiatan favorit Anda. Misalnya jika Anda hobi traveling, bayangkan saja setelah satu project selesai Anda bisa mengajukan cuti ke destinasi impian. Menyusun itinerary akan memberikan energi lebih untuk kembali semangat esok hari. Anda bisa juga memanjakan diri pergi ke bioskop setelah jam kantor agar mendapatkan energi lebih untuk esok.


4.Berlatih seperti profesional kelas dunia

Menurut Profesor K. Anders Erricsson dari Florida State University, para pemusik profesional, aktor sukses, dan para atlet dunia memiliki kesamaan yang dinamakan interval training. Mereka terbiasa fokus dan intens berlatih selama 90 menit kemudian beristirahat. Pola ini juga bisa diterapkan dalam keseharian Anda di kantor, lho! Coba bagi kegiatan Anda ke dalam skema 90 menit diikuti dengan istirahat selama sekitar 15 menit untuk menyegarkan pikiran. Melakukan beberapa waktu istirahat pendek akan membantu Anda mendapatkan energi yang lebih baik dan membuat Anda jadi lebih produktif.


Sekarang Anda sudah tahu apa itu manajemen energi dan bagaimana menerapkannya di keseharian. Semakin baik Anda mengatur energi, semakin besar energi yang Anda miliki, semakin efisien kerja Anda, produktivitas Anda pun akan semakin meningkat. 


Now, are you ready to climb up that career ladder?

Artikel Lainnya

24 September 2018

5 Hal yang Akan Memperbaiki Hari Senin Anda

Setiap hari Senin datang, pasti membuat Anda ingin bertemu akhir pekan kembali. Apa yang harus dilakukan agar hari Senin terasa lebih menyenangkan?

Lebih Lanjut
21 November 2018

Hari-hari Spesial Makin Spesial di FFI

Frisian Flag Indonesia (FFI) sangat percaya jika memberikan penghargaan yang konsisten kepada karyawan menghasilkan kesejahteraan juga dedikasi tinggi.

Lebih Lanjut
23 Maret 2020

Work From Home ala Frisian Flag Indonesia

Work From Home ala Frisian Flag Indonesia


Himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing sebagai upaya untuk menekan persebaran virus COVID-19 pasti sudah familiar di telinga kita. Virus ini berbahaya karena tingkat penularannya yang tinggi, sehingga kita perlu melakukan social distancing selama kurang lebih 2 minggu sesuai himbauan pemerintah. 

Lebih Lanjut