BERANDA

SUSTAINABILITY

Sehat Sejahtera Selaras

MILKPEDIA

Nutrisi & Kesehatan Manfaat Minum Susu Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu FAQ

RESEP KAMI

Resep dengan Susu Cair Resep dengan Kental Manis Resep dengan Susu Bubuk

AKTIVITAS KAMI

Menangkan Puasamu dengan Frisian Flag Cokelatnya Bikin Semua Nikmat Dunia Zuzhu Games Zuzhu & Zazha Kebaikan Susu 100 Tahun Frisian Flag Professional

PRODUK KAMI

Susu Kental Manis Susu Siap Minum Susu Bubuk Keluarga Susu Ibu dan Balita

PERUSAHAAN KAMI

Tentang Kami Galeri Photo Berita Siaran Pers Business Principles Safety Policy Tujuan Kami

KARIR

Overview Pusat Karir Event Artikel

FITUR KAMI

Massa Tubuh Gizi Harian

Nutrisi & Kesehatan
15 Mei 2023

5 Rekomendasi Permainan Anak untuk Dukung si Kecil Aktif

Ada banyak jenis permainan anak yang asik dan mendidik untuk membantu mendukung si Kecil tumbuh menjadi anak yang aktif. Melalui permainan anak yang menyenangkan, Anda dapat sekaligus menciptakan suasana belajar yang tidak membosankan bagi si Kecil.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di American Academy of Pediatrics (AAP), permainan anak merupakan salah satu kunci untuk mengembangkan keterampilan motorik, sosial-emosional, kognitif, bahasa, dan pengendalian diri si Kecil jika dilakukan dengan tepat bersama orang tua. 

Oleh karena itu, Anda perlu memilih jenis permainan anak tradisional dengan cermat agar kecerdasan si Kecil dapat berkembang dengan optimal dan kemampuan motoriknya lebih terasah.

Baca juga: Ini Permainan Seru Bersama Keluarga saat Natal

5 Rekomendasi Permainan Anak untuk Dukung Si Kecil Aktif 

Permainan anak yang mendidik dapat membantu merangsang otak dan membuat si Kecil berpikir dengan cara kreatif dalam memecahkan masalah. Begitu pula dengan permainan fisik, tubuh si Kecil membutuhkan bentuk rangsangannya sendiri untuk bisa lebih aktif. 

Berikut beberapa rekomendasi permainan anak yang asik untuk dukung si Kecil tetap aktif:

  1. Petak jongkok

    Permainan petak jongkok adalah salah satu permainan anak yang dapat membantu si Kecil tetap aktif. Permainan ini cocok untuk anak-anak prasekolah dan anak-anak yang lebih besar juga.

    Tidak hanya menyenangkan, bermain petak jongkok juga dapat membantu si Kecil tumbuh menjadi anak yang aktif bergerak. Memainkan permainan anak ini bagus untuk melatih perkembangan motorik kasar si Kecil

    Untuk bermain permainan anak ini, si Kecil harus memiliki kekuatan fisik dan strategi berpikir yang tepat. Apabila menjadi penjaga, si Kecil akan berlari mengejar pemain lainnya. Sebaliknya, si Kecil harus berlari menghindari penjaga dan berjongkok secepat mungkin jika tidak ingin menjadi penjaga.

  2. Petak umpet

    Anda tentu tidak asing dengan permainan anak yang satu ini bukan? Permainan anak ini adalah salah satu jenis permainan yang dimainkan oleh anak-anak di seluruh dunia. Petak umpet bisa membantu si Kecil meningkatkan kemampuan berpikirnya.

    Petak umpet juga bisa membantu meningkatkan kemampuan si Kecil dalam memecahkan masalah dan lebih kuat dan tangkas secara fisik.

    Cara bermainnya pun cukup mudah dilakukan, Anda bisa mengambil bagian di dalamnya. Permainan anak ini membutuhkan satu orang sebagai penjaga, lalu pemain lainnya harus bersembunyi. Setelah menghitung hingga 10, penjaga bisa mulai mencari pemain lain yang bersembunyi.

    Anda bisa coba menjadi penjaganya untuk memberikan contoh kepada si Kecil. Setelahnya, minta si Kecil untuk bertukar peran sebagai penjaganya agar melatih kemampuan berpikirnya.

  3. Sepak bola

    Permainan anak yang melibatkan fisik selanjutnya adalah sepakbola. Bermain sepak bola juga termasuk permainan anak yang mendidik, karena dapat mengasah kemampuan motorik dan kognitif si Kecil.

    Sepak bola biasanya dimainkan minimal dua orang yang dapat melatih kemampuan si Kecil dalam bersosialisasi. Kegiatan melempar dan menendang bola mampu melatih kemampuan motorik anak Anda.

    Selain itu, permainan ini juga mampu melatih otak si Kecil, karena ia harus berpikir bagaimana caranya agar bisa melewati lawan dan mencetak gol ke gawang lawan.

  4. Bulu tangkis

    Salah satu permainan anak yang tidak hanya seru tetapi juga menyenangkan yaitu bulu tangkis. Gerakan bulu tangkis yang mengharuskan si Kecil terus bergerak untuk menangkis dan melompat dapat membantu si Kecil agar tetap aktif.

  5. Lompat tali

    Permainan anak yang satu ini memerlukan karet gelang sebagai media bermainnya. Lompat tali termasuk dalam jenis permainan tradisional yang dipercaya sudah ada sejak zaman dahulu.

    Selain mampu mengasah konsentrasinya, bermain lompat tali dapat melatih motorik kasar si Kecil serta membantu perkembangan ototnya. 

Itulah beberapa rekomendasi permainan anak yang dapat mendukung si Kecil tetap aktif. Pastikan si Kecil mendapatkan asupan nutrisi untuk mengembalikan energinya. Untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisinya, Anda bisa memberikannya susu kotak UHT Frisian Flag Milky sebagai menu pelengkap sarapan paginya.

Susu kotak UHT Frisian Flag Milky dibuat dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak), sumber 7 vitamin (Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, dan D3) serta 2 mineral (Kalsium dan Fosfor) untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan varian rasa yang enak. 

Melansir Healthy Children, aturan minum susu kotak untuk anak yang berusia satu tahun ke atas adalah sebanyak 500 ml dalam sehari. Nah, Susu UHT Frisian Flag Milky ini tersedia dalam kemasan kotak praktis 115 ml dan 180 ml yang cocok untuk anak usia 6-12 tahun.

Susu UHT Frisian Flag Milky yang hadir dalam kemasan kotak, dapat dikonsumsi dalam segala suasana, terutama untuk menemani aktivitas si Kecil di luar rumah. Rutin memberikan si Kecil susu UHT Frisian Flag Milky di pagi hari untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat terus mendukungnya untuk aktif dalam berkreasi dan beraktivitas. Temukan informasi lengkapnya di sini.

Share This Entrys

Artikel Terkait
Milkpedia

Cara Mudah Hitung Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI

Milkpedia

Bahan Kue Kering yang Sehat Bernutrisi

Milkpedia

7 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Anak yang Wajib Ibu Lakukan