BERANDA

SUSTAINABILITY

Sehat Sejahtera Selaras

MILKPEDIA

Nutrisi & Kesehatan Manfaat Minum Susu Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu FAQ

RESEP KAMI

Resep dengan Susu Cair Resep dengan Kental Manis Resep dengan Susu Bubuk

AKTIVITAS KAMI

Menangkan Puasamu dengan Frisian Flag Cokelatnya Bikin Semua Nikmat Dunia Zuzhu Games Zuzhu & Zazha Kebaikan Susu 100 Tahun Frisian Flag Professional

PRODUK KAMI

Susu Kental Manis Susu Siap Minum Susu Bubuk Keluarga Susu Ibu dan Balita

PERUSAHAAN KAMI

Tentang Kami Galeri Photo Berita Siaran Pers Business Principles Safety Policy Tujuan Kami

KARIR

Overview Pusat Karir Event Artikel

FITUR KAMI

Massa Tubuh Gizi Harian

Nutrisi & Kesehatan
25 Mei 2023

5 Jenis Sereal dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Kesibukan di pagi hari membuat kebanyakan orang lebih memilih menyantap menu sarapan praktis berupa sereal misalnya. Bukan hanya praktis, sereal ternyata juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Serealia atau biji-bijian termasuk ke dalam kelompok tanaman yang bermanfaat sebagai sumber karbohidrat. Sereal biasanya dikonsumsi dengan susu sebagai pelengkapnya. 

Anda juga bisa berkreasi membuat sereal menjadi lebih menarik dan mengenyangkan dengan menambahkan buah-buahan atau kacang-kacangan sebagai sumber protein dan serat.

Tidak kalah menariknya, saat ini Frisian Flag punya Frisian Flag Susu Sereal Cokelat. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot lagi menyiapkan susu dan sereal, Frisian Flag Susu Sereal dapat langsung dikonsumsi di mana saja. 

Lantas, apa saja manfaat yang akan diperoleh tubuh dengan mengonsumsi sereal sebagai menu sarapan? Temukan jawabannya di bawah ini, ya! 

5 Jenis Sereal dan Manfaatnya

Ada banyak jenis sereal yang bisa dijadikan sebagai menu sarapan. Biji-bijian yang paling umum digunakan untuk membuat sereal adalah beras, jagung, gandum, jelai, sorgum, dan oat. Berikut ini beberapa jenis-jenis sereal yang perlu Anda ketahui:

  1. Sereal gandum

    Sereal gandum merupakan salah satu jenis sereal yang kaya akan sumber karbohidrat, protein, mineral, hingga antioksidan.

    Sereal yang terbuat dari gandum utuh juga merupakan sumber vitamin B, selenium, mangan, fosfor, tembaga antioksidan dan beberapa senyawa aktif yang dapat bermanfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

  2. Sereal oat

    Oat adalah pilihan sereal yang bergizi, kaya akan serat dan nutrisi penting lainnya. Satu cangkir oat yang telah diseduh mengandung sekitar 4 gram serat. Jenis sereal yang satu ini juga mengandung zat besi dan magnesium yang baik.

    Selain itu, beberapa oat mungkin diperkaya dengan vitamin dan mineral selama pemrosesan. Oat sangat serbaguna dan dapat disiapkan dengan cara diseduh dengan air atau susu dan diberi tambahan topping buah segar atau kacang-kacangan.

    Anda juga bisa membuat overnight oats yang direndam dalam susu atau yogurt selama beberapa jam sehingga siap disantap di pagi hari untuk sarapan.

  3. Sereal granola

    Granola merupakan jenis sereal yang terdiri dari biji-bijian berserat tinggi dengan campuran potongan buah kering dan kacang-kacangan. 

    Sebagian besar jenis granola mengandung cukup banyak protein dan lemak sehat. Selain itu, sereal granola juga menyediakan mikronutrien penting seperti zat besi, vitamin D, folat, dan seng.

  4. Sereal jagung

    Jenis sereal ini terbuat dari serpihan jagung giling yang dipanggang yang biasanya disajikan dengan susu. Sereal jagung tidak hanya enak, melainkan juga sumber vitamin, folat, mineral, serat makanan, protein, dan juga karbohidrat yang sangat baik.

    Sereal jagung juga mengandung zat besi, vitamin (A, B, C, D, dan E), dan tiamin yang baik untuk metabolisme karbohidrat, produksi energi, dan fungsi kognitif. Meskipun sereal jenis ini tidak mengandung banyak serat, Anda dapat menambahkan buah-buahan dan kacang-kacangan segar ke dalamnya.

  5. Sereal beras

    Sereal beras mengandung energi dan nutrisi penting seperti vitamin B, tembaga, dan selenium. 

    Saat ini sudah banyak tersedia pilihan sereal beras yang bisa dikonsumsi oleh orang dewasa, seperti rice berry yang merupakan varietas padi asal Thailand yang memiliki banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga: 8 Manfaat Susu Sereal dan Kandungan Gizi di Dalamnya

Manfaat Mengonsumsi Sereal saat Sarapan

Sereal merupakan salah satu jenis makanan sehat yang kaya akan karbohidrat kompleks yang menghasilkan banyak energi dan membantu mengatasi sembelit, gangguan usus besar, dan kadar gula darah tinggi.

Selain penyajiannya yang praktis, sereal juga memiliki sederet manfaat bagi tubuh, antara lain sebagai berikut:

  1. Sumber energi

    Sereal yang terbuat dari gandum biasanya kaya akan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan lebih banyak energi bagi tubuh. Tubuh Anda membutuhkan karbohidrat sebesar 45% hingga 65% dari total kalori harian untuk bekerja dengan optimal.

    Itulah alasan mengapa terbiasa mengonsumsi sereal saat sarapan pagi akan membuat Anda lebih energik dan aktif dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain itu, sereal mampu mengontrol rasa lapar dengan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

  2. Sumber protein

    Tahukah Anda bahwa setiap sel dalam tubuh mengandung protein yang terdiri dari asam amino? Meskipun begitu, sembilan diantaranya harus berasal dari makanan yang Anda konsumsi.

    Sereal termasuk jenis makanan dengan kandungan protein tinggi dan asam amino yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh, terutama bagi anak-anak. Mengonsumsi sereal dalam jumlah yang tepat akan membantu kebutuhan protein harian Anda terpenuhi.

  3. Sumber vitamin B kompleks

    Jika Anda menderita kekurangan vitamin B kompleks, tambahkan sereal gandum ke dalam makanan Anda. Vitamin B kompleks dapat membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, mendukung perkembangan sel, dan menjaga kesehatan fungsi organ tubuh. 

  4. Membantu menurunkan berat badan

    Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi sereal sebagai menu sarapan sangat direkomendasikan. Protein dan serat yang terkandung dalam sereal merupakan nutrisi yang mengenyangkan, sehingga dapat mengontrol rasa lapar.

  5. Membantu melancarkan pencernaan

    Sarapan sereal mampu membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan dengan baik berkat kandungan serat tinggi di dalamnya. Ada juga serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan Anda.

    Sereal memiliki serat tidak larut dan larut seperti selulosa, pektin, dan hemiselulosa. Anda disarankan mengonsumsi sereal utuh untuk membantu mengatasi permasalahan sembelit.

Itu dia beberapa manfaat konsumsi beberapa jenis sereal untuk kesehatan. Jika mencari sereal yang lebih praktis, Anda bisa memilih Frisian Flag Susu Sereal yang praktis dan terbuat dari susu segar berkualitas dengan tambahan sereal Oat, Brown Rice, dan Riceberry yang juga sangat bernutrisi sebagai pelengkap sarapan. Frisian Flag Susu Sereal ini adalah sumber 8 vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, B12) dan 3 mineral (Kalsium, Fosfor, Iodium).

Kombinasi susu cokelat dan sereal yang lezat, sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai pelengkap sarapan di pagi hari, supaya tubuh tetap aktif dan berenergi sebelum mulai beraktivitas.

Tersedia dalam kemasan siap minum berukuran 225 ml, Frisian Flag Susu Sereal dapat langsung dikonsumsi di mana saja untuk kuat aktif dan menangkan harimu. Temukan informasi lengkapnya di sini!

Jangan lupa manfaatkan Kalkulator Frisian Flag Massa Tubuh yang dapat membantu Anda dalam mengetahui angka IMT (Indeks Massa Tubuh). Setelah menghitung IMT, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dan jumlah kalori setiap makanan Anda dengan menggunakan Kalkulator Gizi. Yuk, coba fiturnya sekarang!

Share This Entrys

Artikel Terkait
Milkpedia

Ini Pentingnya Minum Susu bagi Dewasa Muda!

Milkpedia

Anak Kurus Tanda Kurang Nutrisi?

Milkpedia

Kapankah Protein Perlu Dikonsumsi?