Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Selama Musim Pancaroba

| 05 Sep 2017

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Selama Musim Pancaroba

Sebentar panas, sebentar hujan. Selama musim pancaroba, cuaca memang “gemar” berganti tak menentu. Ini bisa memberikan dampak bagi kesehatan tubuh khususnya pada anak. Agar anak terlindungi dari berbagai risiko penyakit, bekali dengan 5 kebiasaan baik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak berikut:

  • Menjaga Kebersihan

Bersihkan kamar anak, cuci tangan sebelum makan, dan mandi dua kali sehari. Meski tidak berpengaruh langsung  dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kebersihan akan mengurangi paparan  virus dan bakteri jahat dalam tubuh anak.  Jangan lupa juga jauhi lingkungan yang dipenuhi asap rokok.   

  • Istirahat Cukup

Selain untuk mengembalikan energi, tidur adalah saatnya sistem imun memproduksi protein bernama sitokin yang berguna untuk melawan infeksi dan peradangan. Kurang tidur berarti kurang produksi sitokin. Ini dapat menurunkan kinerja sistem kekebalan tubuh dan menghambat proses penyembuhan alami. Anak membutuhkan waktu tidur 10-13 jam untuk usia 3-5 tahun dan 9-11 jam untuk usia 6-13 tahun. Pastikan buah hati Anda memenuhi jam tidurnya.

  • Latihan Fisik

Olahraga wajib dilakukan secara teratur, misalnya 3 kali seminggu. Jika berlebihan, olahraga malah bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Pastikan anak Anda melakukan olahraga dengan porsi yang sesuai karena ini bisa menjadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh anak secara efektif. Ketika bergerak, ada semacam dorongan dari sistem imun yang membuat sel kekebalan bekerja lebih giat melawan bakteri-bakteri yang mengincar kesehatan anak Anda. 

  • Hindari Jajan Sembarangan

Kurang tidur atau olahraga mungkin tidak langsung memunculkan dampak negatif terhadap sistem kekebalan tubuh, berbeda dengan ‘salah makan’. Anak bisa langsung batuk, sakit perut, atau diare ketika jajan sembarangan. Menyediakan bekal sekolah anak adalah  cara cerdas  meningkatkan daya tahan tubuh anak. Lengkapi bekal harian si Kecil dengan sehatnya susu kotak Frisian Flag agar tubuhnya siap menghadapi musim pancaroba. Susu Siap Minum Frisian Flag Milky , yang tersedia dalam kemasan kotak praktis 70 ml, 115 ml dan 180 ml, diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan tinggi akan kalsium, vitamin A, B1, B2, B6 dan D3 untuk mendukung daya tahan tubuh dan pertumbuhan si Kecil dengan rasa cokelat dan strawberry yang enak.

Artikel Terkait