Konsumsi 5 Jenis Menu Puasa Ini Agar Ibadah Lancar

| 09 Mei 2019

Konsumsi 5 Jenis Menu Puasa Ini Agar Ibadah Lancar


Bulan Ramadhan kembali hadir. Agar ibadah puasa optimal, kondisi tubuh Anda perlu mendapat perhatian ekstra dibanding bulan-bulan lainnya karena selama berpuasa tubuh tidak menerima asupan selama lebih dari 12 jam. Anda perlu menu puasa dengan makanan dan minuman bergizi lengkap dan seimbang. Berikut ini adalah 5 makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk mendukung agar puasa Anda lancar hingga nanti Lebaran tiba. 

 

1. Air putih hangat

Minuman dingin memang sangat menyegarkan setelah berpuasa seharian. Akan tetapi, demi menjaga kondisi lambung, sebaiknya Anda tidak langsung minum minuman dingin saat berbuka. Dikutip dari Liputan6.com, minum air hangat untuk berbuka puasa bisa membantu mengurangi gejala yang timbul akibat naiknya asam lambung selama berpuasa. Setelah kondisi perut sudah “netral”, Anda pun bisa menyantap hidangan berbuka lainnya.

 

2. Kurma

Buah kurma merupakan salah satu menu buka puasa yang sehat. Kandungan karbohidrat dalam buah kurma akan dicerna tubuh secara perlahan sehingga energi pun diproduksi secara bertahap dan badan tidak ‘kaget’. Berbuka dengan kurma juga bisa mencegah Anda makan tidak terkontrol saat buka puasa.

 

3. Jus buah segar

Seperti dilansir lama Huffington Post Kanada, jus buah kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat berguna bagi tubuh. Sertakan jus segar pada menu puasa, baik saat sahur maupun berbuka agar kebutuhan gizi harian tetap tercukupi.

 

4. Madu

Rasa manis madu merangsang tubuh untuk meningkatkan produksi insulin yang berdampak pada bertambahnya serotonin. Serotonin yang oleh tubuh diubah menjadi melatonin yang bermanfaat bagi kualitas tidur. Dengan mengonsumsi madu setelah berbuka puasa, kualitas tidur bisa terjaga dan Anda pun dapat menjalani aktivitas berpuasa secara optimal.

 

5. Air kelapa

Selain menyegarkan, air kelapa juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Melansir informasi dari halaman CNN Indonesia, air kelapa kaya akan mineral, protein, karbohidrat, dan vitamin yang membantu menutrisi tubuh. Elektrolit di minuman ini juga membantu menjaga funsgi otot, jantung, dan saraf. 

 

Untuk melengkapi menu puasa di meja makan Anda, hadirkan susu siap minum Frisian Flag Purefarm Coconut Delight dengan cita rasa air kelapa muda yang segar dan manfaat susu. Frisian Flag Purefarm Coconut Delight diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan sumber 7 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6 dan B12), dan vitamin B5 serta sumber 3 mineral (Kalsium, Fosfor dan Yodium) dan Natrium dan Kalium untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi selama berpuasa. 


Artikel Terkait