Jalan-jalan: Cara Efektif Agar Anak Semangat Belajar

| 15 Sep 2017

Jalan-jalan: Cara Efektif Agar Anak Semangat Belajar

Sudah waktunya berangkat sekolah, namun anak sulit dibangunkan. Disuruh mengerjakan PR, anak maunya malah main terus. Anda pun bingung mengapa anak tak bersemangat belajar. Sebelum membahas bagaimana cara agar anak semangat belajar, mari kita pahami terlebih dulu kondisi anak.

Mungkin sebagai orang tua Anda berpikir “Apa susahnya sih, belajar?”. Padahal padatnya rutinitas di sekolah bisa membuat anak bosan dan jadi malas. Belum lagi kegiatan ekstrakurikuler  dan les yang masih harus ia jalani. Wajar jika anak jenuh.

Menyadari beban anak sebagai seorang pelajar, Anda perlu peka dan bijak menanggapi tingkah lakunya. Coba ajak anak refreshing untuk mengusir rasa penat sekaligus menyegarkan pikirannya dengan jalan-jalan bersama. Ini bisa jadi cara ampuh agar anak semangat belajar kembali. Tapi ke mana? Coba pertimbangkan 3 tempat wisata berikut:

  • Kebun Binatang

Tunjukkan pada si Kecil, binatang mana saja yang termasuk kanivora, herbivora, dan omnivora. Pahami lebih jauh ciri-ciri hewan-hewan yang biasanya hanya bisa ia lihat dalam buku pelajaran, serta kenali perbedaan klasifikasi mereka, apakah hewan melata, menyusui, beranak, atau bertelur. Dengan melihat langsung bentuk hewannya, belajar ilmu pengetahuan alam tentu jadi jauh lebih menyenyangkan.

  • Pusat Peragaan IPTEK

Mengunjungi pusat peragaan IPTEK juga dapat menjadi cara seru agar anak semangat belajar sains di sekolah. Melalui bermacam alat peraga yang bisa dicoba secara langsung, anak Anda bisa memahami listrik statis, gravitasi, cara kerja magnet, dan berbagai ilmu sains lainnya lebih dalam lagi.

  • Museum

Ajak anak ke museum bisa jadi trik untuk menyemangati anak sekaligus mengenalkan anak kepada sejarahAgar anak tidak bosan dan acara jalan-jalan jadi berkesan, jangan menghabiskan waktu terlalu lama di dalam museum. Cukup 60 - 90 menit saja. Anda pun sebaiknya sudah membekali diri dengan pengetahuan dasar sesuai museum tujuan agar dapat menjadi pemandu yang baik bagi anak. Ceritakan dengan seru sejarah negeri hingga perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan Indonesia agar anak menganggap mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolahnya itu menarik.

Wisata edukasi bisa jadi salah satu cara agar anak makin mudah memahami pelajaran di sekolah. Agar anak mendapatkan cukup energi dan nutrisi selama jalan-jalan, bekali dengan sehat dan lezatnya susu siap minum Frisian Flag Milky kotak  dari Frisian Flag. Diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan tinggi akan kalsium, vitamin A, B1, B2, B6 dan D3 untuk mendukung asupan gizi si Kecil agar selalu bersemangat belajar.  Tersedia dalam kemasan kotak yang praktis dan higienis ukuran 70 ml, 115 ml dan 180 ml dengan rasa cokelat dan stroberi yang enak.

Artikel Terkait