Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Olahraga untuk Hasil Maksimal

| 18 Mei 2018

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Olahraga untuk Hasil Maksimal

Anda tentu sudah tahu manfaat olahraga. Tak hanya bagi tubuh, olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Menurut Dr. J. Kip Matthews yang merupakan ahli sport and performance psychology, yang dikutip CNN.com, olahraga meningkatkan kadar serotonin dan norepinephrine pada otak yang dapat menurunkan stres dan depresi. Agar hasil olahraga maksimal, perhatikan adalah cara olahraga Anda dan hindari 5 kesalahan berikut ini:


1.Tidak pemanasan

Salah satu kesalahan paling umum dalam cara olahraga adalah tidak melakukan pemanasan. Padahal menurut Michael Olson, profesor bidang ilmu olahraga di Auburn University at Montgomery, Alabama, pemanasan berfungsi untuk mencegah detak jantung tak teratur saat berolahraga (skipped heart beats).


2.Salah teknik

Personal trainer Leanne Hall mengatakan bahwa berolahraga dengan teknik yang salah dapat mengakibatkan kerusakan sendi dan jaringan. Mintalah saran dari pakar atau trainer Anda mengenai cara yang benar dalam melakukan masing-masing jenis olahraga.


3.Tidak terprogram

Jenis, frekuensi, dan intensitas berolahraga perlu disesuaikan dengan beragam faktor, antara lain usia, kondisi tubuh, dan kemampuan. Jika Anda tergolong pemula, program olahraga yang Anda perlukan tentu berbeda dengan mereka yang sudah sering berolahraga atau atlet profesional. Begitu juga jika Anda berolahraga dengan tujuan tertentu, misalnya menurunkan berat badan, menambah massa otot, atau memperbaiki postur. Anda perlu program olahraga khusus. Pertimbangkan hal ini agar hasil olahraga Anda optimal.


4.Tidak dievaluasi oleh ahli

Tanpa evaluasi, olahraga yang dilakukan akan menjadi tak terukur dan tak terarah. Mintalah bantuan trainer tersertifikasi dan berpengalaman untuk mengevaluasi hasil olahraga Anda secara berkala.


5.Kurang terhidrasi

Cairan tubuh yang terpakai selama berolahraga perlu segera diganti agar tubuh tidak dehidrasi. Menurut hasil sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal “Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism”, sebagaimana dikutip dari artikel Time.com, susu bermanfaat untuk merehidrasi tubuh sehabis berolahraga. Kandungan gizi susu, terutama protein, juga membantu tubuh untuk meregenerasi sel-sel otot setelah olahraga.


Dengan menghindari kesalahan-kesalahan di atas, Anda bisa memperoleh manfaat lebih optimal dari olahraga. Lengkapi kebiasaan hidup sehat Anda dengan mengonsumsi makanan dan minuman dengan zat gizi seimbang, salah satunya dengan minum susu. Minum Frisian Flag Purefarm yang diproduksi dengan susu segar pilihan dengan kandungan protein, karbohidrat dan lemak serta multivitamin dan multimineral. Tersedia dalam varian rasa Frisian Flag Purefarm Full Cream, Frisian Flag Purefarm Flavour Milk (Kacang Hijau, Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry) dan Frisian Flag Purefarm Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain). Jadikan Frisian Flag Purefarm sebagai bagian dari pola hidup sehat keluarga Anda.

Artikel Terkait