Nikmatnya Campuran Susu Kental Manis Dengan Cemilan Olahan Tempe

| 26 Feb 2019

Nikmatnya Campuran Susu Kental Manis Dengan Cemilan Olahan Tempe

Bila Anda merasa bosan dengan makanan cemilan yang begitu-begitu saja, yuk melakukan hal berbeda bersama buah hati Anda yaitu mencoba membuat makanan enak dari olahan tempe berikut:


a. Puding tempe

Siapapun yang memakannya pasti tidak akan mengira bahwa makanan penutup ini berbahan dasar tempe. Ini resepnya:


Bahan I

200 gr tempe, kukus lalu haluskan. 1 bungkus agar-agar putih. 100 gr gula pasir. 1 kaleng susu kental manis Frisian Flag Full Cream Gold.


Bahan II

1 bungkus agar-agar putih. 1 kaleng susu kental manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Cokelat. 100 gr gula pasir.


Cara membuat:

Campur tempe halus, agar-agar, gula pasir dan susu kental manis (Bahan I) Kemudian masak diatas api kecil hingga mendidih. Angkat dan saring. Tuang adonan tersebut ke cetakan dan biarkan sampai mengeras.


Campur semua Bahan II, masak di atas api kecil hingga mendidih. Setelah disisihkan, tuang adonan Bahan II diatas bahan I. Diamkan sampai beku. Sajikan saat dingin.


b. Brownies tempe

Memang jika dicampur tempe rasanya masih enak? Tentu saja! Coba resep berikut:


250 gr dark cooking chocolate yang dilelehkan

150 gr mentega yang dilelehkan

100 gr tempe yang dikukus dan sudah dihaluskan

100 gr gula pasir

100 gr tepung terigu

4 butir telur

½ sendok teh baking powder


Cara membuatnya :

Siapkan Loyang brownies lalu alasi dengan kertas roti yang telah dioles mentega. Kocok telur dan gula pasir sampai lembut. Aduk tepung terigu, tempe dan baking bowder hingga merata. Aduk pula mentega bersama cokelat leleh, aduk hingga rata baru tuang ke loyang. Panggang ke dalam oven dengan suhu 180 C sekitar 45 menit. Setelah matang, angkat kemudian hidangkan.


c. Serabi tempe

Cemilan sore bukan hanya tempe mendoan saja yang bisa disantap, tapi bahan dasar tersebut bisa dijadikan serabi. Berikut yang harus disiapkan:


250 gr tepung beras, 60 gr tepung terigu, 400 ml santan, 350 ml air, 1 butir telur ayam, 1/2 sdm garam, 4 potong tempe, 3 cm kencur, 2 siung bawang putih, 5 buah cabai rawit, 1 sdm soda kue, dan minyak goreng secukupnya.


Cara membuat:

Ulen tepung beras, tepung terigu, dan sedikit garam dengan air panas selama 30 menit. Tambahkan pula santan dan soda kue, lalu aduk adonan sampai rata. Sisihkan. Gorenglah tempe hingga kering sembari mendiamkan adonan. Haluskan bawang putih, kencur, cabai rawit, lalu tambahka tempe yang sudah digoreng, campur hingga rata. Kemudian, cetaklah adonan pada loyang yang telah diolesi minyak dengan suhu yang cukup, tambahkan campuran tempe untuk menjadi toping di atasnya dan tunggu sampai matang.


Tertarik mencoba yang manakah Anda? Buatlah permainan tebak-tebakan makanan seseru mungkin seperti meminta menyebutkan bahan dasarnya apa, jenis makanannya apa dan lainnya. Bagi yang tebakannya mendekati benar, berikan tambahan porsi makanan padanya.

Artikel Terkait