Menu Andalan Lebaran Keluarga

| 22 Mei 2019

Menu Andalan Lebaran Keluarga

Momen Lebaran digunakan untuk bersilaturahmi sekaligus menebus kerinduan pada masakan yang begitu nikmat di perayaan tersebut. Tiap keluarga pun pasti punya menu andalan yang tidak boleh absen ketika Lebaran. Apa sajakah?


a. Opor Ayam

Opor yang enak terbuat dari bahan utama ayam kampung, kemudian dipadukan gurihnya santan serta sedapnya rempah yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica, kemiri, pala, ketumbar, jinten dan kunyit. Biasanya opor dinikmati bersama lontong, ketupat atau nasi putih sesuai selera.


b. Ketupat

Makanan tradisional ini menjadi pengganti nasi saat Lebaran. Bahan utama ketupat adalah beras yang dimasukkan ke dalam anyaman dan lalu direbus. Meski terkesan gampang, jika ketupat yang kamu buat terlalu banyak isi maka akan menjadi lembek. Sementara ketupat yang kurang isi pun tidak nikmat. Jadi saat kamu membuatnya haruslah pas supaya terasa nyaman di lidah.


c. Sambal goreng kentang

Pedas adalah identitas dari makanan yang tak kalah enaknya dari opor ayam ini. Karbohidrat yang ada pada kentang bisa sebagai alternatif nasi dan disantap bersama sayur atau lauk lainnya. Bahan yang dibutuhkan hanya kentang beserta rempah pelengkap seperti bawang putih, bawang merah, cabe merah dan lainnya. Tambahan jeroan ayam dan pete kian memberi rasa sedap dalam masakan ini.


d. Sayur labu siam

Terlalu banyak konsumsi daging dan santan akan membuat kesehatanmu terganggu setelah lebaran usai. Sayur labu siam bisa kamu sajikan bersamaan untuk menyeimbangkan gizi dengan lauk lainnya. Sayur ini terbuat dari irisan tipis labu siam, tahu, tempe, telur serta udang plus kuah jernih tanpa santan.


Disamping keempat makanan utama diatas, tentu ada beberapa kue wajib seperti kastengel, nastar dan lainnya yang menggoda selera. Tapi sebaiknya hindari mengkonsumsinya berlebihan sebab lemak yang terkandung dalam beragam makanan tersebut kurang baik bagi kesehatanmu. Oleh karena itu ganti asupanmu dengan segelas susu bubuk Frisian Flag Purefarm Instant sebelum tidur untuk membantumu lebih kenyang sekaligus menjaga imunitas tubuh.

Artikel Terkait