Apakah Minum Susu Setiap Hari Bermanfaat Cegah Stunting?

| 14 Des 2017

Apakah Minum Susu Setiap Hari Bermanfaat Cegah Stunting?

Stunting atau kelambatan pertumbuhan pada anak masih banyak ditemukan di Indonesia. Mencukupi kebutuhan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat, salah satunya dengan minum susu setiap hari bisa bermanfaat mencegah stunting berkelanjutan. Berikut beberapa fakta yang harus Anda ketahui tentang stunting.

  1. Lima besar di dunia

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan tahun 2013, Indonesia masuk dalam lima besar negara di dunia yang memiliki angka kejadian stunting tertinggi, mencapai 37,2 persen atau sekitar 9 juta anak. Ini artinya lebih dari sepertiga anak berusia di bawah lima tahun di Indonesia memiliki tinggi badan di bawah rata-rata.

  1. Manfaat laktosa dalam susu

Dalam studi yang dilakukan oleh University of Copenhagen, laktosa memiliki efek positif di awal-awal masa pertumbuhan anak. Laktosa memiliki efek prebiotik yang dapat memengaruhi selera makan anak.

  1. Pentingnya rajin minum susu

Menurut Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) seperti dikutip dari Detik.com, konsumsi susu di Indonesia hanya 15,5 persen, padahal anak yang sering mengonsumsi susu lebih rendah risikonya terkena stunting. Penelitian PERSAGI juga didukung oleh hasil penelitian South East Asian Nutrition Survey (Seanuts) yang menyebutkan bahwa anak-anak Indonesia masih mengalami kekurangan vitamin D. Susu bisa membantu membantu mencukupi kebutuhan vitamin D.

  1. Perhatikan sanitasi dan kebersihan

Dalam laporan Millennium Challenge Account yang berjudul Stunting and The Future of Indonesia diungkapkan bahwa perbaikan gizi saja belum cukup untuk mengatasi masalah stunting. Faktor sanitasi dan kebersihan lingkungan juga berpengaruh untuk kesehatan dan pertumbuhan anak. Hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Aga Khan University di Pakistan yang menyebutkan bahwa potensi stunting berkurang jika ada intervensi yang terfokus pada perubahan perilaku dalam sanitasi dan kebersihan. Sedangkan, studi dari Harvard School of Public Health mengungkapkan akses sanitasi yang baik berkontribusi dalam penurunan risiko stunting sebesar 27%.

Pastikan si Kecil mendapatkan manfaat dari minum susu setiap hari untuk mencegah terjadinya hambatan pertumbuhan. Susu Siap Minum Frisian Flag Kid diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan mengandung Vitamin A & D, serta Kalsium & Magnesium untuk mendukung pertumbuhan si Kecil dengan rasa yang enak.

Artikel Terkait