Karir | Frisian Flag Indonesia
18 Agustus 2018

Mengapa Perlu Menunjukkan Value Anda di Kantor

Persaingan ketat dalam dunia pekerjaan tentu adalah hal yang normal terjadi di setiap kantor. Sekalipun para milenial dikenal sebagai generasi yang mudah berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan berikutnya, Anda tetap perlu menunjukkan kepada atasan kalau Anda adalah aset yang berharga. Lalu bagaimana cara melakukannya? 


Tunjukkan sense of ownership 

Dengan Anda konsisten menunjukkan value saat di kantor, menandakan Anda sadar bahwa perusahaan memiliki peran penting bagi perjalanan kehidupan Anda. Adanya keterkaitan yang erat atau sense of ownership dengan apapun yang Anda kerjakan di kantor, berarti Anda akan melakukan pekerjaan Anda sebaik mungkin, tak hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk mencapai visi-misi perusahaan. 


Manfaatkan waktu dengan baik 

Ingat bahwa komoditas paling penting di dunia pekerjaan adalah waktu. Hindari menghabiskan waktu banyak saat waktu bekerja untuk melakukan hal-hal yang tidak menambah value Anda. Tentu bersantai untuk rehat sejenak dari pekerjaan Anda, namun jangan sampai Anda kehilangan waktu berharga karena makan siang yang terlalu lama, atau bermain game di smartphone Anda, sehingga pekerjaan terbengkalai. 


Belajar untuk diam dan mendengar 

Akan ada waktunya Anda butuh speak up saat di kantor, namun ada juga waktunya Anda harus diam dan mendengar rekan kerja Anda. Jangan pernah merasa Anda tahu segalanya. Jika ada informasi yang Anda butuhkan, jangan ragu untuk bertanya kepada orang yang lebih paham. 


Jaga antusiasme 

Rasa semangat dan antusias yang selalu dijaga, akan berpengaruh pada kualitas hasil pekerjaan Anda di kantor. Anda akan terpicu untuk selalu melakukan yang terbaik dalam setiap tugas yang diberikan. Tak hanya itu, antusiasme yang Anda miliki juga dapat dilakukan dengan membantu rekan kerja yang kesulitan hingga aktif pada setiap kesempatan memberikan pendapat saat rapat. 


Menunjukkan value akan membantu Anda memiliki karakter kuat dan mengasah kemampuan Anda untuk terus memberikan kontribusi positif di perusahaan. Anda juga akan mendapatkan respek dari atasan dan rekan kerja karena selalu menjaga profesionalitas dengan memperlihatkan nilai dan sikap positif di kantor. Selain itu, sekalipun Anda hendak berpindah ke perusahaan lain, Anda juga akan meninggalkan kesan baik untuk rekan-rekan Anda saat ini. 

Artikel Lainnya

18 Agustus 2018

Mitos atau Fakta: Punya To-Do Lists Justru Memunculkan Rasa Bersalah

Ketika “pasukan” deadline datang menyerbu, sering kali Anda jadi menghadapi beberapa kendala, seperti bingung dalam menentukan prioritas pekerjaan atau tidak sengaja melewatkan tugas yang perlu.

Lebih Lanjut
05 Januari 2018

Millennial Manager: 7 Leadership Skills yang Diperlukan Millennial di Tempat Kerja

Millennial atau generasi yang lahir pada tahun 1981-2000, diprediksi akan mendominasi lapangan pekerjaan dalam 5 tahun ke depan. Bahkan berdasarkan paparan Alvara Research Center tahun 2020 merupakan puncak keemasan bagi generasi millennial Indonesia, masyarakat kelas menengah, dan masyarakat urban atau “urban middle-class millennials.” Alvara Research Center dan Deloitte Millennial Survey 2016 sama-sama merangkum bahwa generasi Millennial adalah pribadi yang kreatif, percaya diri, dan senang bersosialisasi. 

Lebih Lanjut
24 September 2018

5 Hal yang Akan Memperbaiki Hari Senin Anda

Always a case of the Mondays.. Setiap hari Senin datang dan hari Minggu pergi, pasti membuat Anda sudah bersiap untuk bertemu akhir pekan kembali. Jadi, apa saja yang harus Anda lakukan agar hari Senin terasa lebih menyenangkan?

Lebih Lanjut