Karir | Frisian Flag Indonesia
24 September 2018

Memiliki Keraguan Diri Ternyata Punya Dampak Baik untuk Karir Anda

Am I good enough? Pertanyaan semacam ini mungkin pernah atau bahkan kerap muncul di benak Anda dalam menjalani pekerjaan. Dalam kadar tertentu, self-doubt atau keraguan diri ternyata punya dampak baik untuk karir Anda. Apa saja efek positif yang muncul dari memiliki keraguan terhadap diri Anda sendiri? 


Seperti dilansir dari artikel The Upside of Self-Doubt di situs Psychology Today, berikut ini adalah empat manfaat memiliki keraguan diri bagi kehidupan profesional Anda.


Persiapan matang

Ketika seseorang ragu dengan kemampuannya, ia akan cenderung melakukan persiapan secara matang untuk melakukan pekerjaan. Persiapan yang baik tentu akan membantu mengerjakan tugas-tugas yang ada dengan baik. 


Interaksi mutual

Dengan adanya self-doubt, seseorang akan terdorong untuk menjalin relasi dengan rekan-rekan yang bisa membantu dirinya dalam bekerja. Alhasil network yang bermanfaat bagi pengembangan karir pun terbangun.


Upaya maksimal

Karena memiliki rasa ragu dengan kemampuan, seseorang akan mengerahkan segala daya upaya untuk bisa melakukan suatu hal. Sikap seperti ini penting untuk membentuk semangat yang akan memperoleh hasil kerja optimal.


Evaluasi kinerja

Rasa ragu pada diri juga dapat membuat seseorang ingat untuk mengevaluasi hasil pekerjaannya. Seperti diketahui, evaluasi merupakan hal signifikan untuk bisa meningkatkan kapasitas diri, termasuk kemampuan profesional.


Setelah melihat manfaat dari self-doubt di atas, perlu diingat bahwa perasaan tersebut tak boleh dibiarkan sampai membesar sehingga justru membuat Anda takut untuk menjalani karir Anda. Imbangi keraguan diri dengan pandangan positif mengenai potensi diri dan keahlian-keahlian yang Anda miliki. Percayalah bahwa apapun yang nantinya terjadi dalam pekerjaan, baik kesuksesan maupun kegagalan, pasti akan menjadi pelajaran berharga untuk membuat diri menjadi lebih baik.

Artikel Lainnya

25 Januari 2021

Menjadi Kuat Karena Menguatkan

Apa yang membuat kita tumbuh kuat? Nutrisi yang baik? Lingkungan yang mendukung? Tapi sebenarnya, apa sih definisi kuat itu sendiri? 


Lebih Lanjut
14 Januari 2019

5 Tips Networking yang Paling Jitu

Jadi, bagaimana cara memperluas jaringan dan membangun relasi yang dapat bermanfaat untuk perjalanan karier Anda?

Lebih Lanjut
25 Januari 2021

Mimpi Untuk Mendunia

Masih ingat gak dengan cita-cita mu saat masih kecil dulu? Apakah kamu bermimpi untuk jadi pilot agar karirmu bisa membawamu berkeliling dunia? Atau punya mimpi menjadi seorang diplomat agar bisa merasakan tinggal di negeri orang sambil bekerja? 

Lebih Lanjut