Karir | Frisian Flag Indonesia
24 September 2018

Memiliki Keraguan Diri Ternyata Punya Dampak Baik untuk Karir Anda

Am I good enough? Pertanyaan semacam ini mungkin pernah atau bahkan kerap muncul di benak Anda dalam menjalani pekerjaan. Dalam kadar tertentu, self-doubt atau keraguan diri ternyata punya dampak baik untuk karir Anda. Apa saja efek positif yang muncul dari memiliki keraguan terhadap diri Anda sendiri? 


Seperti dilansir dari artikel The Upside of Self-Doubt di situs Psychology Today, berikut ini adalah empat manfaat memiliki keraguan diri bagi kehidupan profesional Anda.


Persiapan matang

Ketika seseorang ragu dengan kemampuannya, ia akan cenderung melakukan persiapan secara matang untuk melakukan pekerjaan. Persiapan yang baik tentu akan membantu mengerjakan tugas-tugas yang ada dengan baik. 


Interaksi mutual

Dengan adanya self-doubt, seseorang akan terdorong untuk menjalin relasi dengan rekan-rekan yang bisa membantu dirinya dalam bekerja. Alhasil network yang bermanfaat bagi pengembangan karir pun terbangun.


Upaya maksimal

Karena memiliki rasa ragu dengan kemampuan, seseorang akan mengerahkan segala daya upaya untuk bisa melakukan suatu hal. Sikap seperti ini penting untuk membentuk semangat yang akan memperoleh hasil kerja optimal.


Evaluasi kinerja

Rasa ragu pada diri juga dapat membuat seseorang ingat untuk mengevaluasi hasil pekerjaannya. Seperti diketahui, evaluasi merupakan hal signifikan untuk bisa meningkatkan kapasitas diri, termasuk kemampuan profesional.


Setelah melihat manfaat dari self-doubt di atas, perlu diingat bahwa perasaan tersebut tak boleh dibiarkan sampai membesar sehingga justru membuat Anda takut untuk menjalani karir Anda. Imbangi keraguan diri dengan pandangan positif mengenai potensi diri dan keahlian-keahlian yang Anda miliki. Percayalah bahwa apapun yang nantinya terjadi dalam pekerjaan, baik kesuksesan maupun kegagalan, pasti akan menjadi pelajaran berharga untuk membuat diri menjadi lebih baik.

Artikel Lainnya

05 Januari 2018

Dos and Don'ts Menggunakan Media Sosial untuk Karir

Menggunakan media sosial hanya untuk selfie atau berbagi foto makanan atau liburan? Atau bisa jadi, Anda pernah mendengar seseorang kehilangan pekerjaan karena kelalaiannya di media sosial. Tahukah Anda, sekarang perusahaan memang menjadikan media sosial salah satu cara menyeleksi calon karyawan dan menilai kepuasan kerja karyawan. Karena itu, cari tahu apa saja ‘dos and don'ts’ menggunakan media sosial untuk karir.

Lebih Lanjut
18 Agustus 2018

Mengapa Perlu Menunjukkan Value Anda di Kantor

Persaingan ketat dalam dunia pekerjaan tentu adalah hal yang normal terjadi di setiap kantor. Sekalipun para milenial dikenal sebagai generasi yang mudah berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan berikutnya, Anda tetap perlu menunjukkan kepada atasan kalau Anda adalah aset yang berharga. Lalu bagaimana cara melakukannya? 

Lebih Lanjut
25 Juni 2018

5 Cara Bangkitkan Kembali Semangat Kerja di Hari Senin

Apa yang ada di benak Anda mendengar kata “Besok hari Senin”. Jika membayangkannya saja membuat Anda malas, mungkin 5 cara ini bisa membuat Anda kembali semangat menyambut hari 

Lebih Lanjut