Karir | Frisian Flag Indonesia
18 Agustus 2018

Jangan Malu untuk Speak Up di Kantor

“Aduh, rasanya ada yang kurang sreg dari proyek ini. Bilang ke yang lain, nggak ya?” Mungkin Anda seringkali merasa seperti ini. Ketika Anda memiliki opini tentang suatu isu dalam pekerjaan, namun Anda ragu apakah Anda harus menyuarakan pendapat Anda. Nah, jangan sampai Anda malu untuk mengeluarkan opini Anda. Lihat di sini bagaimana cara mengalahkan rasa takut Anda.


1.Menjadi pendengar yang baik 

Tentunya sebelum berani speak up, pastikan Anda sudah mendengar dan mengerti mengenai apa yang menjadi permasalahan. Jangan sampai orang lain atau rekan kerja menganggap anda seperti tong kosong yang nyaring bunyinya. Pastikan Anda sudah paham betul tentang situasi seutuhnya, lalu baru Anda dapat utarakan pendapat Anda.


2.Jangan menunda

Setelah sudah paham situasi yang akan Anda hadapi, perhatikan juga baik-baik iklim budaya di kantor dan kepribadian rekan kerja Anda. Kemudian saat memiliki kesempatan speak up, segera manfaatkan. Kesempatan belum tentu datang dua kali. Jangan sampai Anda merasa menyesal dan berpikir, “I should have said something…” ketika sudah terlambat. 


3.Keluar dari zona aman

PD saja langsung mengangkat tangan kalau memang mempunyai pendapat berbobot dan bermanfaat, siapa tahu sang atasan terkesan, dan lebih baik lagi Anda bisa membuat perubahan yang berarti di kantor. Tetaplah berpikir positif, berani keluar dari zona aman, dan jangan malu-malu untuk speak up.


4.Belajar mengetahui kesalahan

Memang tidak semua pendapat yang Anda utarakan itu benar, entah itu isinya atau cara penyampaiannya. Namun, ketika Anda berani speak up, dan ada orang yang mengoreksi pendapat Anda, maka jadi tahu di mana kesalahan Anda.


5.Be the voice of the majority

Biasanya tidak semua orang yang ikut meeting berani speak up. Alasannya bisa takut atau malu. Nah, kenapa tidak Anda saja yang angkat suara buat mereka? Siapa tahu pendapat Anda sama dengan mereka, dan akhirnya Anda jadi voice of the majority!


Tahukah Anda kalau ternyata menahan pendapat yang ada di pikiran juga dapat membuat stres? Jadi, kalau Anda punya kesempatan untuk speak up atau diminta buat memberikan pendapat, lebih baik jelaskan saja semuanya. Yakinlah selama Anda menyampaikannya dengan cara yang baik, pendapat Anda pasti kan dihargai. 

Artikel Lainnya

21 November 2018

Mengenal Lebih Jauh Tentang Food Service Department

Dalam dunia pekerjaan, apakah Anda familiar dengan bidang food service? Food service merupakan layanan bisnis terutama dalam bentuk pengiriman bahan pangan atau penyajian makanan kepada pelanggan.  Mengingat industri makanan dan minuman tak pernah lekang oleh waktu, food service pun dapat menjadi pilihan yang tepat dalam memilih bidang pekerjaan. 

Lebih Lanjut
05 Januari 2018

Dos and Don'ts Menggunakan Media Sosial untuk Karir

Menggunakan media sosial hanya untuk selfie atau berbagi foto makanan atau liburan? Atau bisa jadi, Anda pernah mendengar seseorang kehilangan pekerjaan karena kelalaiannya di media sosial. Tahukah Anda, sekarang perusahaan memang menjadikan media sosial salah satu cara menyeleksi calon karyawan dan menilai kepuasan kerja karyawan. Karena itu, cari tahu apa saja ‘dos and don'ts’ menggunakan media sosial untuk karir.

Lebih Lanjut
21 Februari 2018

5 Mitos dan Fakta Soal Cara Kerja Millennials

World Economic Forum memprediksikan Indonesia akan berada di peringkat 10 besar ekonomi dunia di tahun 2020. Di tahun itu, generasi Millennial akan mendominasi lapangan kerja. Bagaimana pandang mereka terhadap pekerjaan? Bagaimana cara kerja mereka?


Lebih Lanjut