Karir | Frisian Flag Indonesia
18 Agustus 2018

Jangan Malu untuk Speak Up di Kantor

“Aduh, rasanya ada yang kurang sreg dari proyek ini. Bilang ke yang lain, nggak ya?” Mungkin Anda seringkali merasa seperti ini. Ketika Anda memiliki opini tentang suatu isu dalam pekerjaan, namun Anda ragu apakah Anda harus menyuarakan pendapat Anda. Nah, jangan sampai Anda malu untuk mengeluarkan opini Anda. Lihat di sini bagaimana cara mengalahkan rasa takut Anda.


1.Menjadi pendengar yang baik 

Tentunya sebelum berani speak up, pastikan Anda sudah mendengar dan mengerti mengenai apa yang menjadi permasalahan. Jangan sampai orang lain atau rekan kerja menganggap anda seperti tong kosong yang nyaring bunyinya. Pastikan Anda sudah paham betul tentang situasi seutuhnya, lalu baru Anda dapat utarakan pendapat Anda.


2.Jangan menunda

Setelah sudah paham situasi yang akan Anda hadapi, perhatikan juga baik-baik iklim budaya di kantor dan kepribadian rekan kerja Anda. Kemudian saat memiliki kesempatan speak up, segera manfaatkan. Kesempatan belum tentu datang dua kali. Jangan sampai Anda merasa menyesal dan berpikir, “I should have said something…” ketika sudah terlambat. 


3.Keluar dari zona aman

PD saja langsung mengangkat tangan kalau memang mempunyai pendapat berbobot dan bermanfaat, siapa tahu sang atasan terkesan, dan lebih baik lagi Anda bisa membuat perubahan yang berarti di kantor. Tetaplah berpikir positif, berani keluar dari zona aman, dan jangan malu-malu untuk speak up.


4.Belajar mengetahui kesalahan

Memang tidak semua pendapat yang Anda utarakan itu benar, entah itu isinya atau cara penyampaiannya. Namun, ketika Anda berani speak up, dan ada orang yang mengoreksi pendapat Anda, maka jadi tahu di mana kesalahan Anda.


5.Be the voice of the majority

Biasanya tidak semua orang yang ikut meeting berani speak up. Alasannya bisa takut atau malu. Nah, kenapa tidak Anda saja yang angkat suara buat mereka? Siapa tahu pendapat Anda sama dengan mereka, dan akhirnya Anda jadi voice of the majority!


Tahukah Anda kalau ternyata menahan pendapat yang ada di pikiran juga dapat membuat stres? Jadi, kalau Anda punya kesempatan untuk speak up atau diminta buat memberikan pendapat, lebih baik jelaskan saja semuanya. Yakinlah selama Anda menyampaikannya dengan cara yang baik, pendapat Anda pasti kan dihargai. 

Artikel Lainnya

21 November 2018

Hari-hari Spesial Makin Spesial di FFI

Frisian Flag Indonesia (FFI) sangat percaya jika memberikan penghargaan yang konsisten kepada karyawan menghasilkan kesejahteraan juga dedikasi tinggi.

Lebih Lanjut
30 Oktober 2017

5 Hari Pertama Bekerja: Harapan, Kenyataan, dan Apa yang Bisa Dilakukan

Panduan sederhana di bawah ini bisa membantu Anda bersiap menghadapi beragam skenario yang terjadi di lima hari pertama Anda bekerja.

Lebih Lanjut
25 Januari 2021

Lebih Dekat Karena Instagram

Siapa sih yang gak tau Instagram itu apa? Pasti semua udah tau lah ya. Platform yang awalnya bertujuan hanya untuk berbagi gambar kini sudah semakin banyak fungsinya. Bisa video call, live video, jadi media untuk membangun brand, bahkan jadi platform sumber informasi dengan hadirnya berbagai konten edukasi.

Lebih Lanjut