Karir | Frisian Flag Indonesia
25 Juni 2018

Resolusi Awal Tahun Belum Tercapai? Lakukan Hal Ini Sekarang!

Sudah lebih dari setengah dan belum ada satu pun resolusi karir yang tercapai? Mungkin Anda harus mengubah strategi Anda.


Masih ingatkah Anda apa resolusi karir yang pernah Anda buat di awal tahun? Di pertengahan tahun ini, Anda merasa resolusi awal tahun hanya jadi resolusi tanpa hasil?

 

Anda tak sendiri. Banyak orang yang begitu bersemangat mencanangkan resolusi di awal tahun namun di tengah jalan tak terlaksana karena ada berbagai tantangan.

 

Belum terlambat jika Anda masih ingin mengejar mimpi dan mewujudkan resolusi tahun ini. Caranya adalah dengan memusatkan niat dan komitmen pada satu tujuan spesifik.


Agar motivasi merealisasikan resolusi kembali terbangun di sisa tahun ini, berikut langkah realistis yang bisa Anda lakukan:

 

1. Tak perlu mengejar resolusi hingga 100%

Ahli strategi asal Tiongkok Sun Tzu pernah berkata, “Barangsiapa mendapatkan semuanya, maka ia tidak mendapatkan satu pun.” Jika baru satu resolusi yang bisa Anda jalankan, jangan menyerah. Itu lebih baik daripada tidak menjalankan satu resolusi pun. Jika belum ada yang dijalankan, maka pilih dan lakukan satu rencana yang paling masuk akal untuk diwujudkan sebelum tahun berganti. 

 

2.Galang dukungan orang terdekat

Dukungan orang-orang terdekat bisa membantu Anda memotivasi diri mewujudkan resolusi. Beritahukan resolusi Anda pada orang-orang yang mendukung Anda, seperti keluarga atau sahabat. Mereka bisa mengingatkan Anda saat semangat Anda mulai kendor dan siapa tahu, mereka bisa memberikan saran profesional untuk membantu Anda mencapai tujuan. 

 

3.Awali dengan mengubah diri

Terkait poin sebelumnya, untuk bisa mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat, tunjukkan bahwa Anda memang berkomitmen terhadap resolusi Anda dengan mengubah diri Anda. Misalnya, Anda terbiasa datang kantor “mepet” dan pulang “tenggo”. Cobalah konsisten datang lebih awal dan bersedia mengerjakan pekerjaan tambahan. Kolega Anda tentu akan menghargai upaya Anda dan mendukung Anda untuk meraih resolusi. 

 

4.Jangan ragu rayakan keberhasilan kecil

Selain sebagai cara memotivasi diri, merayakan keberhasilan juga jadi cara Anda memberitahukan kepada orang terdekat tentang perubahan yang Anda lakukan. Anda pun makin semangat untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan upaya Anda. 

 

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal baik. Namun ingat, tetaplah realistis. Lakukan resolusi yang paling logis dan paling rasional untuk diwujudkan segera. Jangan tunggu sampai akhir tahun untuk membuat dan “menumpuk” resolusi. Nah, selamat berusaha!

Artikel Lainnya

15 Desember 2017

Manajemen Energi: Kunci Sukses Jalani Hari

Cari tahu apa itu manajemen energi, bagaimana menerapkannya di keseharian, dan tingkatkan produktivitas Anda.

Lebih Lanjut
25 Januari 2021

Menjadi Kuat Karena Menguatkan

Apa yang membuat kita tumbuh kuat? Nutrisi yang baik? Lingkungan yang mendukung? Tapi sebenarnya, apa sih definisi kuat itu sendiri? 


Lebih Lanjut
21 November 2018

Komitmen FFI Dalam Menjamin Kesehatan Karyawan

Kesehatan karyawan di tempat kerja sangat penting untuk mendukung keberhasilan perusahaan. Jika karyawan merasa sehat, maka akan mendukung kesejahteraan.

Lebih Lanjut