Karir | Frisian Flag Indonesia
25 Juni 2018

Resolusi Awal Tahun Belum Tercapai? Lakukan Hal Ini Sekarang!

Sudah lebih dari setengah dan belum ada satu pun resolusi karir yang tercapai? Mungkin Anda harus mengubah strategi Anda.


Masih ingatkah Anda apa resolusi karir yang pernah Anda buat di awal tahun? Di pertengahan tahun ini, Anda merasa resolusi awal tahun hanya jadi resolusi tanpa hasil?

 

Anda tak sendiri. Banyak orang yang begitu bersemangat mencanangkan resolusi di awal tahun namun di tengah jalan tak terlaksana karena ada berbagai tantangan.

 

Belum terlambat jika Anda masih ingin mengejar mimpi dan mewujudkan resolusi tahun ini. Caranya adalah dengan memusatkan niat dan komitmen pada satu tujuan spesifik.


Agar motivasi merealisasikan resolusi kembali terbangun di sisa tahun ini, berikut langkah realistis yang bisa Anda lakukan:

 

1. Tak perlu mengejar resolusi hingga 100%

Ahli strategi asal Tiongkok Sun Tzu pernah berkata, “Barangsiapa mendapatkan semuanya, maka ia tidak mendapatkan satu pun.” Jika baru satu resolusi yang bisa Anda jalankan, jangan menyerah. Itu lebih baik daripada tidak menjalankan satu resolusi pun. Jika belum ada yang dijalankan, maka pilih dan lakukan satu rencana yang paling masuk akal untuk diwujudkan sebelum tahun berganti. 

 

2.Galang dukungan orang terdekat

Dukungan orang-orang terdekat bisa membantu Anda memotivasi diri mewujudkan resolusi. Beritahukan resolusi Anda pada orang-orang yang mendukung Anda, seperti keluarga atau sahabat. Mereka bisa mengingatkan Anda saat semangat Anda mulai kendor dan siapa tahu, mereka bisa memberikan saran profesional untuk membantu Anda mencapai tujuan. 

 

3.Awali dengan mengubah diri

Terkait poin sebelumnya, untuk bisa mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat, tunjukkan bahwa Anda memang berkomitmen terhadap resolusi Anda dengan mengubah diri Anda. Misalnya, Anda terbiasa datang kantor “mepet” dan pulang “tenggo”. Cobalah konsisten datang lebih awal dan bersedia mengerjakan pekerjaan tambahan. Kolega Anda tentu akan menghargai upaya Anda dan mendukung Anda untuk meraih resolusi. 

 

4.Jangan ragu rayakan keberhasilan kecil

Selain sebagai cara memotivasi diri, merayakan keberhasilan juga jadi cara Anda memberitahukan kepada orang terdekat tentang perubahan yang Anda lakukan. Anda pun makin semangat untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan upaya Anda. 

 

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal baik. Namun ingat, tetaplah realistis. Lakukan resolusi yang paling logis dan paling rasional untuk diwujudkan segera. Jangan tunggu sampai akhir tahun untuk membuat dan “menumpuk” resolusi. Nah, selamat berusaha!

Artikel Lainnya

21 Februari 2018

Dos and Don'ts Bercanda di Kantor

Bercanda memang bisa membuat suasana jadi lebih santai. Tapi bagaimana jika ada yang ngambek saat diajak bergurau? Cari tahu batas-batas saat melontarkan lelucon di kantor, simak panduan umum berikut. 

Lebih Lanjut
30 Oktober 2017

5 Hari Pertama Bekerja: Harapan, Kenyataan, dan Apa yang Bisa Dilakukan

Saat perjalanan menuju kantor baru, beragam pikiran terlintas di benak Anda:

“Bagaimana kalau lingkungan baru ini anaknya sibuk sendiri-sendiri?”

Lebih Lanjut
05 Januari 2018

Millennial Manager: 7 Leadership Skills yang Diperlukan Millennial di Tempat Kerja

Millennial atau generasi yang lahir pada tahun 1981-2000, diprediksi akan mendominasi lapangan pekerjaan dalam 5 tahun ke depan. Bahkan berdasarkan paparan Alvara Research Center tahun 2020 merupakan puncak keemasan bagi generasi millennial Indonesia, masyarakat kelas menengah, dan masyarakat urban atau “urban middle-class millennials.” Alvara Research Center dan Deloitte Millennial Survey 2016 sama-sama merangkum bahwa generasi Millennial adalah pribadi yang kreatif, percaya diri, dan senang bersosialisasi. 

Lebih Lanjut