Karir | Frisian Flag Indonesia
14 Agustus 2018

Ingin Mempercantik Profil LinkedIn Anda? Lihat Cara Singkatnya

Teknologi digital yang semakin canggih memudahkan kita dalam berbagai hal. Termasuk mengembangkan jejaring profesional. Bagi Anda yang ingin membangun karir, situs LinkedIn bisa memfasilitasi Anda terkoneksi dengan para profesional lain, mempromosikan keahlian secara luas, mendapat berbagai informasi, hingga mencari lowongan kerja. Banyaknya saingan di luar sana membuat Anda harus ‘stand out’ dibanding profil-profil lain yang ada. Jadi apa yang harus Anda lakukan untuk mempercantik profil LinkedIn Anda agar dilirik para perekrut? 

 

Foto profil

Pilih foto yang tepat karena foto profil memberi impresi visual bagi keseluruhan halaman LinkedIn Anda. Pastikan Anda mengunggah foto terkini dengan wajah yang jelas terlihat. Senyum lebar, dan jangan lupa menggunakan pakaian rapi yang menunjukkan profesionalisme Anda.  


Keahlian relevan

Menyebut skill yang relevan menjadi suatu cara untuk memperjelas deskripsi yang Anda berikan pada bagian Headline dan Summary. Hindari menyertakan keahlian yang belum terlalu Anda kuasai karena hal itu justru akan menjadi bumerang ketika mengikuti proses rekrutmen.

 

Headline kreatif

Bagian Headline di bagian atas profil tak harus selalu diisi hanya dengan nama jabatan. Manfaatkan juga untuk menceritakan secara ringkas kenapa Anda menekuni bidang pekerjaan saat ini dan apa yang menjadi passion Anda.

 

Manfaatkan Summary

Sayangnya, agian Summary kerap kali dikosongkan oleh banyak pengguna LinkedIn. Padahal bagian tersebut merupakan wadah untuk Anda memberi sentuhan personal pada profil. Ceritakan bagaimana skill Anda berkontribusi positif pada pekerjaan maupun rekan-rekan kerja.

 

Minta rekomendasi

Rekomendasi dari orang-orang yang relevan pada halaman profil LinkedIn akan memberikan gambaran tentang kredibilitas Anda di dunia profesional. Mintalah rekomendasi dari orang-orang yang pernah bekerjasama dengan Anda dan tahu bagaimana kinerja Anda.

 

Dengan mempercantik profil LinkedIn, berarti Anda membangun aset yang akan berguna bagi pembentukan jejaring profesional. Halaman profil LinkedIn yang menarik serta menunjukkan kualitas dan kemampuan Anda akan membuka kesempatan untuk terkoneksi dengan orang-orang yang juga berkualitas. Manfaatkan jaringan itu untuk menimba ilmu, menggali informasi bermanfaat, maupun menciptakan potensi-potensi pengembangan karir, seperti pindah ke perusahaan yang lebih menjanjikan ataupun bekerjasama dalam membuat usaha baru. 

 

Artikel Lainnya

18 Agustus 2018

Mitos atau Fakta: Punya To-Do Lists Justru Memunculkan Rasa Bersalah

Ketika “pasukan” deadline datang menyerbu, sering kali Anda jadi menghadapi beberapa kendala, seperti bingung dalam menentukan prioritas pekerjaan atau tidak sengaja melewatkan tugas yang perlu.

Lebih Lanjut
15 Desember 2017

Manajemen Energi: Kunci Sukses Jalani Hari

Pernah merasa "membuat to-do list" jadi to-do list tersendiri? Atau merasa meluangkan waktu mengatur jadwal malah membuat pekerjaan keteteran? Jika Anda mulai merasa tenggelam dalam tumpukan sticky notes dan notifikasi, mungkin bukan time management yang Anda butuhkan. Anda butuh energy management. Cari tahu apa itu manajemen energi, bagaimana menerapkannya di keseharian, dan tingkatkan produktivitas Anda.

Lebih Lanjut
14 Januari 2019

3 Alasan Mengapa Anda Perlu Investasi Pada Diri Sendiri

Saat Anda berkomitmen untuk investasi terhadap diri sendiri, itu artinya Anda telah masuk ke dalam proses menyiapkan bekal terbaik untuk masa depan. Demi pengembangan diri, Anda bisa berinvestasi dalam bentuk mengikuti training bersertifikasi, gamified e-learning, les bahasa, seminar, workshop, hingga networkingdengan orang-orang yang memiliki minat sama. Berikut beberapa alasan mengapa Anda perlu investasi pada diri sendiri.

Lebih Lanjut