Facebook Pixel
Karir | Frisian Flag Indonesia
25 Januari 2021

Explore Atau Exploit

Tidak jarang kita merasa sulit untuk memilih. Entah karena merasa tidak punya pilihan atau malah terlalu banyak pilihan. Tidak hanya keputusan yang besar, pilihan sehari-hari juga tidak jarang membuat kita overwhelmed.

Dalam presentasinya di Ted talk tahun 2017, Tom Griffiths, seorang cognitive scientist memberikan tips agar memilih jadi lebih mudah. Yaitu dengan membaginya menjadi 2 kategori : explore atau exploit.

Pilihan yang masuk kategori explore adalah pilihan yang lebih tidak familiar, bukan sebuah rutinitas atau belum pernah kita coba sebelumnya. Pilihan ini bisa menjadi lead untuk sebuah inovasi atau hal yang baru.

Sementara exploit adalah pilihan yang sudah familiar, yang sudah pernah kita pilih dan sudah bisa diperkirakan outcomenya.

Keduanya jelas memiliki konsekuensi masing-masing. Exploit terkesan lebih aman, tapi kan kalau kita takut salah kita tidak akan belajar hal baru. Salah satu faktor yang bisa menjadi penentu kapan explore atau exploit adalah waktu. Waktu yang terbatas membuat pilihan exploit lebih ideal karena kita sudah memiliki latar belakang dan desired outcome.

Decisiveness merupakan salah satu manifestasi dari #CommerciallyObsessedkarena dengan kemampuan mengambil keputusan, kita bisa memberikan yang terbaik bagi market maupun diri sendiri.


Artikel Lainnya

14 Agustus 2018

Ingin Mempercantik Profil LinkedIn Anda? Lihat Cara Singkatnya

Banyaknya saingan di luar sana membuat Anda harus ‘stand out’ dibanding profil-profil lain. Apa yang harus dilakukan untuk mempercantik profil LinkedIn

Lebih Lanjut
21 Februari 2018

4 Cara Mudah Jadikan “Sharing” sebagai Kebiasaan Tiap Hari di Kantor

Tahukah Anda, berbagi tidak selalu berwujud materi, tetapi bisa juga lewat hal-hal non-material sesederhana bertanya “Apa yang bisa saya bantu?”.

Lebih Lanjut
14 Januari 2019

3 Alasan Mengapa Anda Perlu Investasi Pada Diri Sendiri

Saat Anda berkomitmen untuk investasi terhadap diri sendiri, itu artinya Anda telah masuk ke dalam proses menyiapkan bekal terbaik untuk masa depan. Demi pengembangan diri, Anda bisa berinvestasi dalam bentuk mengikuti training bersertifikasi, gamified e-learning, les bahasa, seminar, workshop, hingga networkingdengan orang-orang yang memiliki minat sama. Berikut beberapa alasan mengapa Anda perlu investasi pada diri sendiri.

Lebih Lanjut