Karir | Frisian Flag Indonesia
25 Januari 2021

Explore Atau Exploit

Tidak jarang kita merasa sulit untuk memilih. Entah karena merasa tidak punya pilihan atau malah terlalu banyak pilihan. Tidak hanya keputusan yang besar, pilihan sehari-hari juga tidak jarang membuat kita overwhelmed.

Dalam presentasinya di Ted talk tahun 2017, Tom Griffiths, seorang cognitive scientist memberikan tips agar memilih jadi lebih mudah. Yaitu dengan membaginya menjadi 2 kategori : explore atau exploit.

Pilihan yang masuk kategori explore adalah pilihan yang lebih tidak familiar, bukan sebuah rutinitas atau belum pernah kita coba sebelumnya. Pilihan ini bisa menjadi lead untuk sebuah inovasi atau hal yang baru.

Sementara exploit adalah pilihan yang sudah familiar, yang sudah pernah kita pilih dan sudah bisa diperkirakan outcomenya.

Keduanya jelas memiliki konsekuensi masing-masing. Exploit terkesan lebih aman, tapi kan kalau kita takut salah kita tidak akan belajar hal baru. Salah satu faktor yang bisa menjadi penentu kapan explore atau exploit adalah waktu. Waktu yang terbatas membuat pilihan exploit lebih ideal karena kita sudah memiliki latar belakang dan desired outcome.

Decisiveness merupakan salah satu manifestasi dari #CommerciallyObsessedkarena dengan kemampuan mengambil keputusan, kita bisa memberikan yang terbaik bagi market maupun diri sendiri.


Artikel Lainnya

21 Februari 2018

5 Mitos dan Fakta Soal Cara Kerja Millennials

Generasi Millennial Indonesia akan berada pada rentang usia produktif 20-40 tahun pada tahun dan jadi tulang punggung perekonomian negeri.

Lebih Lanjut
23 Maret 2020

Work From Home ala Frisian Flag Indonesia

Work From Home ala Frisian Flag Indonesia


Himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing sebagai upaya untuk menekan persebaran virus COVID-19 pasti sudah familiar di telinga kita. Virus ini berbahaya karena tingkat penularannya yang tinggi, sehingga kita perlu melakukan social distancing selama kurang lebih 2 minggu sesuai himbauan pemerintah. 

Lebih Lanjut
24 September 2018

Pengaruh Kecerdasan Emosional Dalam Bekerja

Kecerdasan emosional jelas akan mempengaruhi performa Anda di kantor. Ciri utama dari orang yang memilikinya adalah kemampuan melihat sisi positif.

Lebih Lanjut