Karir | Frisian Flag Indonesia
25 Januari 2021

Explore Atau Exploit

Tidak jarang kita merasa sulit untuk memilih. Entah karena merasa tidak punya pilihan atau malah terlalu banyak pilihan. Tidak hanya keputusan yang besar, pilihan sehari-hari juga tidak jarang membuat kita overwhelmed.

Dalam presentasinya di Ted talk tahun 2017, Tom Griffiths, seorang cognitive scientist memberikan tips agar memilih jadi lebih mudah. Yaitu dengan membaginya menjadi 2 kategori : explore atau exploit.

Pilihan yang masuk kategori explore adalah pilihan yang lebih tidak familiar, bukan sebuah rutinitas atau belum pernah kita coba sebelumnya. Pilihan ini bisa menjadi lead untuk sebuah inovasi atau hal yang baru.

Sementara exploit adalah pilihan yang sudah familiar, yang sudah pernah kita pilih dan sudah bisa diperkirakan outcomenya.

Keduanya jelas memiliki konsekuensi masing-masing. Exploit terkesan lebih aman, tapi kan kalau kita takut salah kita tidak akan belajar hal baru. Salah satu faktor yang bisa menjadi penentu kapan explore atau exploit adalah waktu. Waktu yang terbatas membuat pilihan exploit lebih ideal karena kita sudah memiliki latar belakang dan desired outcome.

Decisiveness merupakan salah satu manifestasi dari #CommerciallyObsessedkarena dengan kemampuan mengambil keputusan, kita bisa memberikan yang terbaik bagi market maupun diri sendiri.


Artikel Lainnya

24 September 2018

4 Tanda Lingkungan Kerja Anda Tidak Sehat Lagi

Agar tetap fokus dan selalu memiliki ide segar di kantor, lingkungan kerja tentunya juga harus mendukung. Kenali tanda lingkungan kerja tidak sehat.

Lebih Lanjut
30 Oktober 2017

5 Hari Pertama Bekerja: Harapan, Kenyataan, dan Apa yang Bisa Dilakukan

Panduan sederhana di bawah ini bisa membantu Anda bersiap menghadapi beragam skenario yang terjadi di lima hari pertama Anda bekerja.

Lebih Lanjut
05 Januari 2018

Sukses Menaklukkan Wawancara Kerja

Persiapan wawancara kerja perlu Anda lakukan agar dapat tampil maksimal. Berikut 5 pertanyaan “tricky” yang paling sering diajukan pewawancara kerja.

Lebih Lanjut