Karir | Frisian Flag Indonesia
15 Desember 2017

Bijak Bersikap di Lingkungan Kantor

Sekalipun Anda sudah memiliki pengalaman kerja, setiap masuk ke kantor baru, tentu Anda harus beradaptasi lagi dengan dinamika dan peraturannya. Sebagai ‘anak baru’, Anda pasti tak ingin jadi public enemy nomor 1, karena membuat teman-teman tidak nyaman, bukan? 

Lalu bagaimana sebaiknya bersikap di kantor baru? Gampang saja kok, perhatikan beberapa aturan tak tertulis di bawah ini. 


1.Tepat waktu 

Menjadi orang yang tepat waktu menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu rekan-rekan kerja Anda dan indikasi pertama dari profesionalisme Anda. Be on time bukan hanya setiap masuk kantor di pagi hari, namun juga untuk setiap meeting


2.Menghargai deadline

Ketika diberikan tugas tertentu oleh atasan atau siapapun, cobalah untuk menyelesaikannya sebelum deadline. Jika Anda butuh waktu lebih, komunikasikan sejak awal. Dengan menghargai deadline yang diberikan, Anda juga menunjukkan bahwa Anda menghormati rekan kerja Anda. 


3.Tidak membawa pekerjaan sampingan ke kantor

Beberapa kantor memang mengizinkan karyawannya untuk memiliki pekerjaan sampingan. Namun jangan sampai Anda menggunakan waktu dan fasilitas kantor untuk mengerjakan pekerjaan sampingan Anda. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk mengerjakan tugas-tugas utama Anda hingga Anda tidak perlu lembur di kantor dan dapat mengerjakan pekerjaan sampingan Anda, setelah dan di luar kantor. 


4.Hargai ruang privat, gunakan earphones 

Musik adalah cara Anda fokus atau semangat kerja? Sekalipun Anda memiliki selera musik yang digemari banyak orang, bisa jadi rekan kerja di sebelah Anda hanya bisa fokus bekerja dalam suasana tenang. Open office ataupun dalam cubicle, pastikan Anda menggunakan earphones saat mendengarkan lagu-lagu kesukaan Anda di waktu bekerja. Jangan lupa, simpan bakat tarik suara Anda saat ajang karaoke kantor saja, ya.


5.Jangan bergosip 

Kadang-kadang “gosip” jadi cara agar cepat akrab dengan teman baru di kantor, mulai dari lingkungan sekitar ataupun tentang selebriti tanah air dan mancanegara. Tidak masalah jika Anda ingin ikut mendengar agar lebih mengenal rekan kerja dan lingkungan. Namun jangan sampai Anda dicap sebagai biang gosip karena terlalu banyak berbicara atau menambahkan “bumbu”. Selain mengganggu suasana kerja, Anda juga bisa dianggap tidak profesional dan jadi sulit mendapatkan kepercayaan dari teman-teman sekantor. 


Yang terpenting, tetaplah jadi diri Anda sendiri, atau lebih baik lagi, be the best version of yourself. Give yourself some time to develop, baik secara personal atau profesional dan jangan ragu bertanya pada rekan kerja Anda jika ada peraturan tak tertulis lainnya di kantor atau di divisi Anda. 

Artikel Lainnya

25 Juni 2018

5 Cara Bangkitkan Kembali Semangat Kerja di Hari Senin

Apa yang ada di benak Anda mendengar kata “Besok hari Senin”. Jika membayangkannya saja malas, 5 cara ini bisa membuat kembali semangat.

Lebih Lanjut
25 Januari 2021

Kuantifikasi Perkembangan Diri

Wajar kok kalau kita tidak sabaran dalam mengembangkan diri. Contohnya saja ketika kita belajar bermain gitar. Saat melihat teman-teman yang lebih jago bermain, atau Youtuber yang kelihatan effortless dalam bermain gitar, bikin progress kita jadi terasa nggak maju-maju.

Lebih Lanjut
02 Agustus 2019

Hal-Hal Sederhana Dalam Keberagaman

Berikut adalah hal sederhana dalam menghargai keberagaman di lingkungan kerja yang sering luput dari pikiran kita.

Lebih Lanjut