Karir | Frisian Flag Indonesia
14 Januari 2019

5 Tips Networking yang Paling Jitu

tips networking

Realitanya, untuk sukses Anda membutuhkan orang lain. Anda boleh saja pandai, ulet, kreatif, dan mampu melakukan banyak hal dalam dunia profesional. Namun tanpa relasi yang baik, akan sulit bagi Anda untuk membangun karier dan mencapai keberhasilan.  Jadi, bagaimana cara memperluas jaringan dan membangun relasi yang dapat bermanfaat untuk perjalanan karier Anda?


1.Punya Kartu Nama

Kesannya sepele, namun siapa tahu kartu nama Anda berguna di kemudian hari bagi mereka yang pernah menerimanya. Keahlian Anda atau perusahaan di mana Anda bekerja ternyata dapat menjadi solusi bisnis bagi pihak lain.


2.Terlibat Dalam Event yang Ada

Seminar, pelatihan, dan pameran bisa menjadi peluang emas untuk mengenal orang baru dan membangun relasi. Namun, jangan lewatkan acara di sekitar Anda. Misalnya, perayaan ulang tahun rekan kerja atau outing. Manfaatkan kegiatan kantor untuk berbincang santai dan mengakrabkan diri dengan rekan kerja lain.


3.Hindari Bersikap Pasif

Tidak perlu heboh hingga menarik perhatian, cukup menjadi pribadi yang ramah dan tidak ragu untuk menyapa duluan ketika berada di lingkungan kerja atau saat menghadiri ragam pertemuan.


4.Berkomunitas

Di kantor, Anda bisa mencari orang-orang yang memiliki minat atau kegemaran yang sama dengan Anda. Di waktu senggang, perkuat relasi Anda dengan bermain futsal bareng atau kegiatan seru lainnya.


5.Menjalin Hubungan yang Baik

Berkenalan saja tidak cukup, Anda juga perlu memiliki hubungan yang berkelanjutan. Jangan langsung puas bila Anda sudah berteman baik dengan semua teman satu divisi, bangunlah juga relasi dengan para atasan termasuk CEO Anda.


Selain menjadi pribadi yang sopan dan mudah bergaul, kunci sukses berelasi adalah mampu berkomunikasi dengan baik. Maka, jangan lupa untuk terus melatih dan mengembangkan kemampuan komunikasi Anda.  


Artikel Lainnya

24 September 2018

Pengaruh Kecerdasan Emosional Dalam Bekerja

Berkuliah di universitas ternama dan lulus dengan IPK tinggi itu memang baik. Namun, jangan sampai Anda menilai kecerdasan hanya sebatas tentang intelektual (IQ) saja. Apalagi setelah terjun ke dunia kerja, tentu Anda makin sadar bahwa banyak bentuk kecerdasan lain yang perlu Anda pelajari dan latih. Salah satunya adalah kecerdasan emosional, atau emotional intelligence (EQ).

Lebih Lanjut
24 Desember 2017

5 Langkah Tetap Sehat Meski Deadline Padat

Coba hitung berapa menit Anda beranjak dari kursi Anda setiap hari? Jangan-jangan Anda berdiri hanya untuk ke toilet. Memang, pekerjaan di kota besar tak banyak menuntut aktivitas fisik. Internet cepat, beragam aplikasi untuk kolaborasi lintas divisi, lift di setiap lantai, bahkan makan siang pun selalu ada office boy yang berkeliling menanyakan pesanan. 

Lebih Lanjut
24 September 2018

4 Tanda Lingkungan Kerja Anda Tidak Sehat Lagi

Agar tetap fokus dan selalu memiliki ide segar di kantor, lingkungan kerja tentunya juga harus mendukung. Sayangnya, ada beberapa lingkungan kerja yang tidak sehat dan bahkan mengganggu kinerja Anda hingga berakibat pada naiknya tingkat stress serta kesehatan yang mulai terganggu. Sebelum Anda memutuskan untuk pindah kerja, perhatikan dulu tanda-tanda yang membuat lingkungan kerja Anda sudah tidak sehat lagi di bawah ini. 

Lebih Lanjut