Karir | Frisian Flag Indonesia
14 Januari 2019

5 Tips Networking yang Paling Jitu

tips networking

Realitanya, untuk sukses Anda membutuhkan orang lain. Anda boleh saja pandai, ulet, kreatif, dan mampu melakukan banyak hal dalam dunia profesional. Namun tanpa relasi yang baik, akan sulit bagi Anda untuk membangun karier dan mencapai keberhasilan.  Jadi, bagaimana cara memperluas jaringan dan membangun relasi yang dapat bermanfaat untuk perjalanan karier Anda?


1.Punya Kartu Nama

Kesannya sepele, namun siapa tahu kartu nama Anda berguna di kemudian hari bagi mereka yang pernah menerimanya. Keahlian Anda atau perusahaan di mana Anda bekerja ternyata dapat menjadi solusi bisnis bagi pihak lain.


2.Terlibat Dalam Event yang Ada

Seminar, pelatihan, dan pameran bisa menjadi peluang emas untuk mengenal orang baru dan membangun relasi. Namun, jangan lewatkan acara di sekitar Anda. Misalnya, perayaan ulang tahun rekan kerja atau outing. Manfaatkan kegiatan kantor untuk berbincang santai dan mengakrabkan diri dengan rekan kerja lain.


3.Hindari Bersikap Pasif

Tidak perlu heboh hingga menarik perhatian, cukup menjadi pribadi yang ramah dan tidak ragu untuk menyapa duluan ketika berada di lingkungan kerja atau saat menghadiri ragam pertemuan.


4.Berkomunitas

Di kantor, Anda bisa mencari orang-orang yang memiliki minat atau kegemaran yang sama dengan Anda. Di waktu senggang, perkuat relasi Anda dengan bermain futsal bareng atau kegiatan seru lainnya.


5.Menjalin Hubungan yang Baik

Berkenalan saja tidak cukup, Anda juga perlu memiliki hubungan yang berkelanjutan. Jangan langsung puas bila Anda sudah berteman baik dengan semua teman satu divisi, bangunlah juga relasi dengan para atasan termasuk CEO Anda.


Selain menjadi pribadi yang sopan dan mudah bergaul, kunci sukses berelasi adalah mampu berkomunikasi dengan baik. Maka, jangan lupa untuk terus melatih dan mengembangkan kemampuan komunikasi Anda.  


Artikel Lainnya

25 Juni 2018

5 Cara Bangkitkan Kembali Semangat Kerja di Hari Senin

Apa yang ada di benak Anda mendengar kata “Besok hari Senin”. Jika membayangkannya saja malas, 5 cara ini bisa membuat kembali semangat.

Lebih Lanjut
09 September 2019

Semangat Tumbuhkan Indonesia

PT. Frisian Flag Indonesia selalu merayakan kemerdekaan Indonesia. Tahun ini, PT Frisian Flag Indonesia mengadakan upacara bendera di pabrik Ciracas.

Lebih Lanjut
25 Januari 2021

Mimpi Untuk Mendunia

Masih ingat gak dengan cita-cita mu saat masih kecil dulu? Apakah kamu bermimpi untuk jadi pilot agar karirmu bisa membawamu berkeliling dunia? Atau punya mimpi menjadi seorang diplomat agar bisa merasakan tinggal di negeri orang sambil bekerja? 

Lebih Lanjut