Karir | Frisian Flag Indonesia
14 Januari 2019

5 Tips Networking yang Paling Jitu

tips networking

Realitanya, untuk sukses Anda membutuhkan orang lain. Anda boleh saja pandai, ulet, kreatif, dan mampu melakukan banyak hal dalam dunia profesional. Namun tanpa relasi yang baik, akan sulit bagi Anda untuk membangun karier dan mencapai keberhasilan.  Jadi, bagaimana cara memperluas jaringan dan membangun relasi yang dapat bermanfaat untuk perjalanan karier Anda?


1.Punya Kartu Nama

Kesannya sepele, namun siapa tahu kartu nama Anda berguna di kemudian hari bagi mereka yang pernah menerimanya. Keahlian Anda atau perusahaan di mana Anda bekerja ternyata dapat menjadi solusi bisnis bagi pihak lain.


2.Terlibat Dalam Event yang Ada

Seminar, pelatihan, dan pameran bisa menjadi peluang emas untuk mengenal orang baru dan membangun relasi. Namun, jangan lewatkan acara di sekitar Anda. Misalnya, perayaan ulang tahun rekan kerja atau outing. Manfaatkan kegiatan kantor untuk berbincang santai dan mengakrabkan diri dengan rekan kerja lain.


3.Hindari Bersikap Pasif

Tidak perlu heboh hingga menarik perhatian, cukup menjadi pribadi yang ramah dan tidak ragu untuk menyapa duluan ketika berada di lingkungan kerja atau saat menghadiri ragam pertemuan.


4.Berkomunitas

Di kantor, Anda bisa mencari orang-orang yang memiliki minat atau kegemaran yang sama dengan Anda. Di waktu senggang, perkuat relasi Anda dengan bermain futsal bareng atau kegiatan seru lainnya.


5.Menjalin Hubungan yang Baik

Berkenalan saja tidak cukup, Anda juga perlu memiliki hubungan yang berkelanjutan. Jangan langsung puas bila Anda sudah berteman baik dengan semua teman satu divisi, bangunlah juga relasi dengan para atasan termasuk CEO Anda.


Selain menjadi pribadi yang sopan dan mudah bergaul, kunci sukses berelasi adalah mampu berkomunikasi dengan baik. Maka, jangan lupa untuk terus melatih dan mengembangkan kemampuan komunikasi Anda.  


Artikel Lainnya

18 Agustus 2018

Jangan Malu untuk Speak Up di Kantor

“Aduh, rasanya ada yang kurang sreg dari proyek ini. Bilang ke yang lain, nggak ya?” Mungkin Anda seringkali merasa seperti ini. Ketika Anda memiliki opini tentang suatu isu dalam pekerjaan, namun Anda ragu apakah Anda harus menyuarakan pendapat Anda. Nah, jangan sampai Anda malu untuk mengeluarkan opini Anda. Lihat di sini bagaimana cara mengalahkan rasa takut Anda.


Lebih Lanjut
18 Agustus 2018

Mitos atau Fakta: Punya To-Do Lists Justru Memunculkan Rasa Bersalah

Ketika “pasukan” deadline datang menyerbu, sering kali Anda jadi menghadapi beberapa kendala, seperti bingung dalam menentukan prioritas pekerjaan atau tidak sengaja melewatkan tugas yang perlu.

Lebih Lanjut
14 Januari 2019

3 Alasan Mengapa Anda Perlu Investasi Pada Diri Sendiri

Saat Anda berkomitmen untuk investasi terhadap diri sendiri, itu artinya Anda telah masuk ke dalam proses menyiapkan bekal terbaik untuk masa depan. Demi pengembangan diri, Anda bisa berinvestasi dalam bentuk mengikuti training bersertifikasi, gamified e-learning, les bahasa, seminar, workshop, hingga networkingdengan orang-orang yang memiliki minat sama. Berikut beberapa alasan mengapa Anda perlu investasi pada diri sendiri.

Lebih Lanjut