Karir | Frisian Flag Indonesia
25 Juni 2018

5 Cara Bangkitkan Kembali Semangat Kerja di Hari Senin

Apa yang ada di benak Anda mendengar kata “Besok hari Senin”. Jika membayangkannya saja membuat Anda malas, mungkin 5 cara ini bisa membuat Anda kembali semangat menyambut hari Senin.


Hari Senin memang kerap jadi “beban” tersendiri bagi banyak orang. Sebuah artikel di The Telegraph bahkan menyebut bahwa orang-orang biasanya tak tersenyum sampai minimal pukul 11.16 di hari Senin. Mulai dari alasan sepele seperti belum move on dari suasana akhir pekan hingga alasan yang lebih serius seperti bosan dengan pekerjaan hanyalah beberapa alasan untuk berkata “I don’t like Monday”. Sebagai langkah awal untuk mengatasi “Monday blues”, coba tips mudah berikut ini.

 

Tampil Beda

Meski sederhana, tampilan berbeda bisa membantu Anda merasa lebih semangat menyambut Senin. Coba pilih dan padu padankan busana yang Anda suka. Coba juga variasikan gaya rambut atau rias wajah. Setelah siap, lihatlah tampilan Anda di cermin. Katakan pada diri Anda, “Saya bisa!”. Perasaan senang saat melihat diri tampil menarik bisa membantu Anda lebih bersemangat ke kantor di hari Senin.

 

Rencanakan Menu Makan Siang

Buat hari Senin jadi lebih menarik dengan mengunjungi restoran bersama teman kantor. Jika tidak sedang punya banyak waktu luang, ada banyak pilihan layanan antar makanan lewat smartphone. Tak cuma momen makan siang seru bersama teman, kegiatan merencanakan makan siang selama perjalanan ke kantor pun bisa membuat Anda bersemangat. Pssst… Anda juga bisa membuat grup WhatsApp khusus untuk membahas makan siang bersama teman-teman setiap hari Senin, lho!

 

Power Playlist

Musik memang bisa menjadi mood booster yang membuat Anda jadi lebih bersemangat. Biasanya orang akan bersemangat kala mendengarkan musik yang upbeat. Kumpulkan lagu-lagu yang membuat Anda merasa bersemangat menjadi sebuah playlist di handphone Anda. Dengarkan saat sedang bersiap-siap atau dalam perjalanan menuju kantor.

 

Istirahat Cukup

Kondisi tubuh tak bisa dipisahkan dari situasi psikis. Anda boleh saja bersenang-senang sepanjang akhir pekan, namun ingatlah untuk tetap meluangkan waktu cukup agar tubuh Anda bisa beristirahat dengan optimal. Usahakan agar Anda tidak tidur terlalu larut di hari Minggu. Bangun pagi setelah tidur yang berkualitas akan membantu mood dan emosi lebih terjaga sepanjang hari.

 

Olah Jiwa

Jika istirahat, olahraga, dan makanan bergizi membantu menjaga kesehatan tubuh, maka kegiatan spiritual seperti meditasi bisa bermanfaat bagi ketenangan jiwa Anda. Apapun metode yang Anda pilih, lakukan kegiatan-kegiatan tersebut sebelum Anda memulai aktivitas lain di pagi hari agar Anda dipenuhi energi positif dan siap menjalani hari.

 

Tak cuma di hari Senin, di hari apapun, mood yang baik akan memengaruhi produktivitas kerja. Namun jika berbagai cara sudah dilakukan namun tetap tak membawa hasil, mungkin ini waktunya Anda mengevaluasi diri. Siapa tahu, yang Anda butuhkan adalah mempelajari hal baru atau tantangan lebih di pekerjaan.

Artikel Lainnya

18 Agustus 2018

Mengapa Perlu Menunjukkan Value Anda di Kantor

Sekalipun para milenial dikenal sebagai generasi yang mudah berpindah, tetap perlu menunjukkan kepada atasan kalau Anda adalah aset yang berharga.

Lebih Lanjut
24 September 2018

Memiliki Keraguan Diri Ternyata Punya Dampak Baik untuk Karir Anda

Dalam kadar tertentu, self-doubt atau keraguan diri ternyata punya dampak baik untuk karir Anda. Apa saja efek positif yang muncul?

Lebih Lanjut
25 Januari 2021

Mimpi Untuk Mendunia

Masih ingat gak dengan cita-cita mu saat masih kecil dulu? Apakah kamu bermimpi untuk jadi pilot agar karirmu bisa membawamu berkeliling dunia? Atau punya mimpi menjadi seorang diplomat agar bisa merasakan tinggal di negeri orang sambil bekerja? 

Lebih Lanjut